gula merah untuk ayam bangkok

Manfaat Luar Biasa Gula Merah Untuk Ayam Bangkok Aduan

Gula merah atau yang dikenal dengan gula aren merupakan pemanis yang dibuat dari cairan yang dikeluarkan pohon aren. Pastinya Gula merah sangat familiar buat kita, gula yang satu ini biasa digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman. Tidak hanya itu gula merah juga bisa dibuat dengan menggunakan air tebu dengan metode yang berbeda dari pengolahan gula pasir.

Selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, ternyata gula merah juga mempunyai khasiat luar biasa untuk ayam bangkok aduan. Hampir sebagian pecinta ayam aduan menjadikan gula merah sebagai bahan dasar pembuatan jamu ayam.

Jadi pemberian gula merah pada ayam bukanlah sesuatu yang baru, bahkan teori ini telah dibuktikan oleh orang-orang terdahulu yang memiliki hobi ayam aduan. Berikut ini adalah manfaat luar biasa gula merah untuk ayam bangkok aduan yang belum banyak diketahui orang:

Mencegah berbagai penyakit

Gula merah yang kaya akan antioksidan ternyata berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit pada unggas. Seperti yang kita ketahui kalau mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi dengan memberikan Gula merah secara rutin dapat mengurangi resiko ayam terserang penyakit.

 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh Ayam bangkok harus kuat agar bisa memenangkan pertandingan di arena. Selain itu dengan kekebalan tubuh yang baik dapat mengurangi angka kematian ayam bangkok sehingga budidaya menjadi lebih produktif.

 

Menambah stamina ayam bangkok

Ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang wajib memiliki stamina agar dapat bertarung dalam durasi panjang. Stamina memiliki peran penting saat bertanding, 50% hasil pertandingan sangat dipengaruhi oleh faktor stamina. Jadi tidak jarang ayam bangkok kalah tanding akibat jeleknya stamina yang dimiliki. Dengan memberikan gula merah secara rutin dapat menambah stamina ayam aduan menjadi lebih baik.

Baca juga  Manfaat Tomat untuk Ayam Aduan Juara

 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan ayam yang tidak bekerja secara baik bisa menimbulkan berbagai masalah seperti ayam mudah penyakit, penyerapan nutrisi pakan tidak terserap, ayam mencret dan penyakit lainnya. Dibandingkan dengan obat-obatan kimia, pemberian gula merah jauh lebih baik guna menyehatkan sistem pencernaan ayam bangkok.

 

Melancarkan Peredaran Darah

Kesehatan ayam bangkok bisa dilihat dari warna kulitnya, jika kulit berwana merah maka ayam bisa dikatakan sehat. Kemudian sebaliknya, jika kulit ayam berwarna pucat maka sudah jelas ayam tidak sehat. Warna kulit yang merah pada ayam meunjukan bahwa peredaran darah ayam yang baik. Untuk membuat warna kulit ayam bangkok menjadi merah dan sehat maka anda dapat memberikan gula merah setiap hari, baik itu dengan dilolohkan langsung atau diracik menjadi jamu.

 

Menambah jumlah sel darah merah

Pemberian gula merah untuk ayam bangkok aduan berguna untuk menambah jumlah sel darah merah pada tubuh ayam. Tidak bisa dipungkiri setelah ayam diadu atau diabar akan menderita luka, baik itu luka kecil ataupun luka berat. Supaya ayam kembali menjadi bugar maka anda dapat memberikan gula merah, selain itu gula merah berkhasiat mempercepat penyembuhan luka luar pada ayam.

 

Membentuk Ukuran Ayam

Ternyata gula merah berguna dalam pembentukan otot ayam serta membentuk ukuran tubuh yang ideal. Dengan rutin memberikan gula merah pada ayam dapat merangsang pertumbuhan otot ayam menjadi lebih cepat.

Pemberian gula merah untuk ayam bangkok aduan bukanlah sesuatu yang baru. Sebaiknya saat pemberian anda harus memperhatikan porsi untuk ayam dewasa dan ayam muda, jangan sampai berlebihan. Kami akhiri sampai di sini, semoga bermanfaat.

Baca juga  3 Trik Ampuh Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *