pemberian jangkrik untuk ayam

Manfaat Luar Biasa Jangkrik Untuk Ayam Aduan Juara

Jangkrik merupakan hewan jenis serangga yang memiliki tubuh berbentuk silinder dengan ciri khas antena di bagian kepalanya. Umumnya hewan yang satu ini tinggal di daerah ber iklim tropis. Namun bagi sebagian orang jangkrik di anggap sebagai hama perusak tanaman, terutama bagi petani.

Pada dasarnya jangkrik bisa dikonsumsi, baik oleh manusia maupun binatang. Jangkrik biasa dijadikan sebagai pakan utama burung kicau agar memiliki suara yang indah. Nah selain itu ternyata jangkrik juga mempunyai khasiat luar biasa untuk ayam aduan. Kandungan nutrisi yang ada pada jangkrik sangatlah banyak sehingga ayam akan menjadi lebih sehat dan perkasa.

Cara memberikan jangkrik untuk ayam aduan? mungkin masih banyak yang bertanya apakah binatang yang satu ini bagus untuk ayam bangkok. Terdapat beberapa hewan yang bisa diberikan pada ayam, seperti anak tikus, bekicot, belut. Pemberian binatang hidup diyakini mampu meningkatkan mutu ayam laga, salah satunya adalah pemberian jangkrik ini.

Manfaat Luar Biasa Jangkrik Untuk Ayam Aduan

Membuat ayam jadi lebih agresif

Tidak jarang kekalahan di arena adu ayam disebabkan karena kurangnya mental yang dimiliki oleh jago andalan kita. Memiliki ayam aduan yang ganas dan agresif adalah dambaan para peminat sabung ayam sehingga ayam bisa memenangkan pertarungan dengan mudah dan cepat. Pemberian jangkrik diyakini dapat meningkatkan mental ayam bangkok.

Mengandung protein yang tinggi

Pada dasarnya jagung dan beras merah memiliki protein yang cukup, tapi untuk menambah asupan protein yang lebih anda bisa memberikan jangkrik pada ayam. Ternyata 58% nutrisi pada daging jangkrik adalah protein yang bagus untuk pertumbuhan tubuh ayam.

Meningkatkan stamina

Ayam aduan yang mempunyai stamina bagus tentunya dapat berlaga dalam waktu yang lama. Kandungan progesterone, estrogen dan testoteron yang terdapat pada daging jangkrik berkhasiat meningkatkan stamina ayam bangkok aduan. Sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan kimia dan mulailah beralih ke penggunaan pakan alami karena jauh lebih aman.

Pakan yang bergizi

Salah satu keuntungan memberikan jangkrik pada ayam ialah karena kaya akan gizi. Apabila asupan gizi tercukupi maka ayam aduan akan jauh lebih sehat. Selain itu daya tahan tubuh ayam jauh lebih kuat dan terhindar dari ancaman penyakit.

Baik untuk pembentukan otot

Peran pakan ayam sangat berpengaruh terhadap pembentukan otot ayam aduan. Jadi selain makanan pokok yang berkualitas ayam perlu diberikan pakan tambahan berupa binatang hidup dan sayur-sayuran. Pemberian jangkrik berguna bagi pembentukan dan pengerasan otot ayam bangkok aduan.

Menyehatkan bulu ayam

Daging jangkrik mengandung minyak hewani yang baik bagi kesehatan bulu ayam, dengan demikian bulu ayam akan lebih kuat dan mengkilap. Tidak hanya itu, daging jangkrik dapat mempercepat pertumbuhan bulu ayam yang sedang mabung atau ngurak.


Cara Pemberian Jangkrik Untuk Ayam Bangkok Aduan

Sebagai seorang peternak kita wajib tahu jenis makanan yang diberikan pada ayam serta berapa porsi yang sesuai. Jangkrik adalah jenis makanan tambahan, jadi tidak boleh diberikan setiap hari. Berikut cara pemberian jangkrik dan porsi yang sesuai untuk ayam aduan

Pemberian jangkrik untuk anak ayam

Usia ayam bangkok dibilang anak ayam yaitu saat umur 0-3 bulan. Pada masa ini anak ayam tidak diberikan pakan tambahan, sebaiknya berikan pakan yang mudah dicerna seperti konsentrat dan jagung giling.

Pemberian jangkrik untuk ayam muda

Bagi ayam muda yang berusia 4-7 bulan bisa diberikan daging jangkrik secukupnya, dalam hal ini anda perlu memperhatikan porsi yang sesuai. Jangan sampai berlebihan karena tahap ini merupakan masa pertumbuhan ayam.

Pemberian jangkrik untuk ayam dewasa

Kemudian untuk ayam dewasa (7 bulan ke atas) bisa diberikan daging jangkrik secara rutin sebagai pakan tambahan. Cukup 1-2 ekor jangkrik berukuran kecil setiap hari untuk meningkatkan kualitas ayam bangkok dewasa.


Merawat ayam aduan bisa dibilang berbeda dengan perawatan ayam lainnya karena kita mengutamakan mutu dan kualitas bertarung ayam. Jadi pemberian makanan tambahan berupa binatang hidup sangat diperlukan guna menunjang hasil ternak agar mendapat bibit-bibit ayam unggul. Nah itulah penjelasan tentang manfaat pemberian jangkrik untuk ayam aduan, apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian kami mohon maaf. Salam sejahtera botoh Indonesia..

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *