manfaat maggot bagi ayam bangkok

Luar Biasa, Manfaat Maggot BSF Bagi Ayam Bangkok

Maggot merupakan salah satu belatung yang kerap dianggap menjijikkan. Tapi tahukah sobat, ternyata manfaat maggot sangat luar biasa untuk ayam bangkok aduan.

Maggot atau larva yang berasal dari black soldier fly (lalat hitam) bisa menjadi alternatif pakan terbaik untuk unggas ternak. Kandungan gizi dan protein yang terkandung di dalamnya sangat besar sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ternak.

 

Peluang Budidaya Maggot

Saat ini peluang budidaya maggot sangat menjanjikan, bahkan keuntungannya bisa berkali-lipat. Tidak hanya untuk makanan unggas, lava yang satu ini juga menjadi incaran para pecinta burung dan ikan hias untuk dijadikan umpan.

Harga jual maggot per kilogram yaitu antara 50.000 sampai 75.000. Nah sobat bisa membayangkan betapa mahalnya nilai jual dari maggot ini. Ini bisa menjadi ternak yang cepat panen, pasalnya waktu panen hanya 15 hari saja.

Maka dari itu, prospek budidaya maggot patut diperhitungkan karena kita bisa memulainya dengan modal yang kecil. Selain itu cocok sekali untuk pilihan bisnis di lahan yang sempit.

 

Manfaat Maggot Bagi Ayam Bangkok Aduan

Mungkin sebagian dari kita banyak yang belum mengetahuinya, padahal hewan yang satu ini sangat baik diberikan kepada ayam laga. Bagi lingkungan, maggot memiliki peran penting untuk menghilangkan bau pada sampah organik. Berikut ini beberapa khasiat maggot untuk ayam bangkok aduan:

1. Alternatif Pakan Ternak

Manfaat paling utama dari maggot yaitu digunakan sebagai alternatif pakan ternak, seperti unggas, ikan dan burung. Kandungan gizi yang terdapat pada maggot sangat besar, yakni protein, karbohidrat, lemak, kalsium, protein kasar dan masih banyak lagi.

 

2. Meningkatkan Stamina Ayam

Kandungan protein yang besar pada binatang ini sangat bagus untuk membentuk stamina ayam bangkok. Kemudian mempercepat pertumbuhan otot serta membuat nafas ayam jadi lebih panjang. Baca juga Trik Khusus Melatih Nafas Ayam Bangkok Supaya Tidak Cepat Lelah.

 

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Walaupun maggot adalah binatang yang hidup di sampah dan tempat kotor, namun jangan salah bila ternyata baik untuk menjaga kekebalan tubuh ayam. Peran maggot saat dikonsumsi yaitu dapat membunuh bakteri jahat di dalam pencernaan.

 

4. Menghilangkan Lemak Negatif

Seperti yang kita tahu kalau lemak tidak selalu berdampak baik bagi makhluk hidup. Terkadang malah membuat ayam jadi kurang bergairah. Pemberian maggot bisa jadi solusi yang bagus untuk menghilangkan lemak jahat pada ayam laga. Selain itu berguna juga untuk melancarkan sistem pencernaan.

Baca: Ayam Bangkok Magon Sebagai Petarung Super Istimewa

 

Maggot atau larva lalat Black Soldier Fly memang sangat bagus diberikan kepada ayam bangkok. Namun sobat harus memperhatikan takaran yang sesuai. Maka dari itu sebaiknya dijadikan sebagai pakan tambahan saja. Baiklah, kami akhiri pembahasan kali ini dan sampai jumpa.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *