Manfaat Minyak Ikan Bagi Ayam

Manfaat Minyak Ikan Bagi Ayam dan Cara Pemberiannya

Minyak ikan memang mempunyai beragam manfaat dan khasiat. Selain itu mengandung gizi yang luar biasa bagusnya untuk makhluk hidup.

Tapi tahukah anda bila minyak ikan juga bermanfaat bagi ayam bangkok aduan?., Meskipun demikian, banyak sekali rekan-rekan penghobi ayam aduan belum mengetahuinya.

Tidak hanya berguna bagi manusia, minyak ikan juga baik khasiatnya untuk ayam bangkok aduan. Minyak ikan adalah lemak ikan berasal dari tubuh ikan.

 

Manfaat mengagumkan minyak ikan bagi ayam bangkok aduan

Sebagai seorang penggemar ayam laga memang kita biasa memberikan vitamin dan suplemen agar ayam jadi bagus. Di bawah ini beberapa manfaat minyak ikan bagi ayam bangkok aduan:

1. Memperkuat bulu ayam

Bulu selalu identik dengan ciri khas ayam, tapi di sisi lain bulu memiliki peran penting. Bulu ayam berguna menjaga suhu tubuh ayam, dengan demikian nafas ayam jadi lebih panjang.

Bulu ayam berfungsi mengurangi efek lelah ayam. Pada minyak ikan terkandung omega 3 yang bagus buat bulu ayam jadi lebih sehat.

 

2. Memperbaiki Saraf Ayam

Pada dasarnya saraf ayam memiliki pengaruh penting terhadap kualitas ayam bangkok. Secara teori ayam yang saraf nya lemah memiliki respon lambat ketika bertanding. Bahkan ayam lebih gampang KO.

Untuk menjaga kesehatan saraf pada ayam maka sobat bisa rutin memberikan minyak ikan. Terlebih lagi untuk ayam yang sarafnya rusak.

 

3. Kaya akan gizi

Di dalam minyak ikan mengandung beragam gizi yang bagus buat ayam. Makanya pada masa pertumbuhan anak ayam pemberian minyak ikan sangat dianjurkan.

Nah pasti sobat selalu berharap memiliki ayam dengan ukuran ideal. Maka dari itu wajib sekali memberikan gizi yang seimbang.

 

4. Menambah nafsu makan Ayam

Nafsu makan yang kurang pada ayam bangkok tentu saja bisa menjadi penghambat perkembangan ayam. Terkadang ayam aduan jadi kurus dan susah gemuk.

Cara menggemukkan ayam yang paling efektif yaitu dengan memberinya vitamin agar nafsu makan meningkat. Kandungan vitamin pada minyak ikan sangatlah banyak sekali.

 

5. Menambah stamina Ayam

Selanjutnya manfaat luar biasa dari minyak ikan bagi ayam bangkok ialah dapat memperkuat stamina ayam. Selain latihan dan pakan, vitamin pada minyak ikan sangat baik untuk ayam bangkok.

Apabila dibandingkan menggunakan doping, rasanya akan lebih aman jika menguatkan stamina ayam dengan bahan alami.

 

6. Menjaga kekebalan Ayam

Ayam bangkok yang mempunyai daya tahan tubuh bagus tentu tidak akan mudah terserang penyakit. Kemudian tidak akan mengganggu performa ayam laga saat di bawa ke gelanggang sabung ayam.

Biasanya wabah penyakit cepat sekali berkembang saat musim hujan. Maka dari itu pemberian minyak ikan dapat menjaga daya tahan tubuh ayam.

Pemberian Minyak Ikan Kepada Ayam

Bagian penting yang harus dipahami ketika sobat ingin memberikan minyak ikan pada ayam yaitu bagaimana tata-cara yang benar. Berikut ini beberapa tips dari kami:

Pertama mengetahui terlebih dahulu akan fungsi minyak ikan bagi ayam laga seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pemberian minyak ikan harus disesuaikan antara dosis sesuai dengan usia ayam. Pemberian suplemen dan vitamin tambahan kepada ayam tidak boleh sembarangan.

Sobat perlu tahu fungsi dan dosis pemberian yang pas sesuai usia.

Berikan satu butir per minggu untuk anak ayam, untuk ayam lancuran dan dewasa bisa diberikan satu butir untuk tiga hari sekali.

Manfaat minyak ikan bagi ayam bangkok aduan sangatlah besar. Demi menunjang kualitas ayam memang pemberian pakan dan vitamin sangat dibutuhkan. Nah itulah sedikit penjelasan dari kami, salam penggemar ayam aduan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *