Beras merah untuk ayam

Manfaat Pemberian Beras Merah Untuk Ayam Aduan

Kita semua tahu bahwa perawatan ayam aduan tidak bisa kita samakan dengan jenis ayam lainnya. Berbeda dengan ras ayam lain yang dibudidayakan untuk di ambil telur dan dagingnya, sedangkan ayam bangkok aduan dipelihara untuk diadu di arena. Jadi agar hasil ternak sesuai harapan maka perawatan dan latihan sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas tempur ayam aduan.

Pakan adalah bagian paling penting dalam budidaya ayam bangkok, jadi semakin bagus pakan yang diberikan maka kualitas ayam pun akan bagus pula, dan sebaliknya. Ada beberapa jenis makanan ayam aduan yang bisa kita gunakan, tapi sebagai seorang botoh kita harus tahu akan fungsi dan kandungan pakan yang akan kita berikan pada ayam.

Salah satu makanan ayam aduan yang bagus ialah beras merah. Tentu ini bukanlah sesuatu yang asing bagi kita, beras merah berguna untuk menguatkan otot ayam. Tapi tidak hanya sebatas itu, pemberian beras merah untuk ayam ternyata memiliki segudang khasiat. Oke, langsung saja disimak pembahasannya.

Mengungkap Manfaat Pemberian Beras Merah Untuk Ayam Aduan

1. Menambah Energi

Karbohidrat yang terdapat pada beras merah setara dengan jagung dan nasi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan pokok ayam bangkok. Dengan pakan yang kaya energi akan membuat ayam tidak mudah lelah. Mungkin sudah banyak dari teman-teman pecinta ayam yang menggunakan beras merah sebagai alternatif pengganti jagung.

2. Membentuk Tubuh Ayam

Ayam aduan yang bagus harus memiliki tubuh yang ideal. Kebanyakan peternak melakukan kesalahan dalam pemberian pakan sehingga pertumbuhan tubuh ayam tidak sesuai. Anda wajib tahu bahwa beras merah tidak cocok untuk anak ayam, jadi sebaiknya hanya diberikan pada ayam dewasa. Untuk anak ayam sebaiknya berikan pakan berupa konsentrat dan pakan yang lebih bersifat memacu pertumbuhan anak ayam.

Baca juga  Manfaat Luar Biasa Jangkrik Untuk Ayam Aduan Juara

3. Menguatkan Tulang

Ketika ayam aduan memasuki usia dewasa kita perlu melakukan perawatan dan latihan supaya tulang ayam menjadi lebih kokoh. Pemberian beras merah berguna untuk menguatkan tulang ayam aduan sehingga mempunyai kuda-kuda yang bagus untuk melakukan pukulan yang kuat. Selain itu ayam yang mempunyai tulangan bagus akan lebih tahan ketika menerima pukulan lawan.

4. Menyehatkan Pencernaan

Masalah pencernaan pada ayam aduan kerap menjadi masalah karena nutrisi yang ada pada makanan tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Pencernaan yang terganggu bisa membuat ayam mudah terserang penyakit, lesu, pucat dan tidak sehat. Kandungan serat kasar yang terdapat pada beras merah sangat efektif untuk menyehatkan pencernaan ayam.

5. Sebagai Pengganti Sayuran

Bagi anda yang tidak mau repot memberikan sayuran pada ayam maka anda bisa memberikan beras merah. Beras merah merupakan pakan yang berbentuk biji-bijian yang kaya akan zat antioksidan yang berguna menyehatkan pencernaan dan organ dalam ayam bangkok.

6. Cocok Untuk Ayam Tipe Jalu

Ayam jalu harus mempunyai tubuh yang bagus agar bisa melakukan pukulan yang cepat dan akurat. Beras merah lebih cocok diberikan untuk ayam tipe jalu karena membuat tubuh ayam menjadi lebih ringan. Selain itu beras merah dipercaya mempercepat pertumbuhan jalu ayam serta menjadikannya tidak mudah patah.

7. Menjadikan Otot Ayam

Selain latihan, pemberian pakan juga berpengaruh terhadap pembentukan otot ayam. Jadi ketika ayam bangkok memasuki usia dewasa sangat disarankan untuk diberikan pakan beras merah. Umumnya ayam aduan bisa dikatakan dewasa yaitu setelah umur delapan bulan, dimana ayam siap untuk dilatih.

8. Menguatkan Bulu Ayam

Ayam dengan bulu yang bagus akan memiliki karisma ketika berlaga. Secara biologis bulu ayam berguna mengatur tekanan darah pada tubuh sehingga ayam tidak mudah kelelahan. Pemberian beras merah berguna sekali untuk menyehatkan bulu ayam serta mempercepat pertumbuhan bulu ketika ayam mabung (ganti bulu).


Baca juga  Manfaat Luar Biasa Gula Merah Untuk Ayam Bangkok Aduan

Pakan adalah bagian paling vital guna menciptakan ayam aduan juara. Tentu kita semua tahu berbagai jenis makanan ayam aduan, tapi sayangnya kita tidak banyak mengetahui khasiat dan manfaatnya. Kemudian kita juga harus tahu tipe ayam bangkok, jika ayam tipe pukul sebaiknya diberikan pakan utama berupa jagung, sedangkan untuk tipe jalu sebaiknya diberikan beras merah. Nah itulah sedikit pembahasan mengenai manfaat pemberian beras merah untuk ayam aduan, semoga tulisan ini bermanfaat.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *