manfaat tomat untuk ayam

Manfaat Tomat untuk Ayam Aduan Juara

Tomat adalah salah satu tanaman yang berasal dari Benua Amerika. Tanaman yang termasuk tanaman yang sering kita jumpai, bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kita. Buah tomat mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna bagi kesehatan manusia. Tidak hanya bagi manusia, ternyata tomat juga memiliki berkhasiat bagi ayam aduan.

Umumnya tomat digunakan sebagai bumbu dan bahan tambahan untuk makanan, tapi berbeda dengan mereka yang memiliki hobi ayam aduan. Pemberian tomat untuk ayam aduan diyakini bisa meningkatkan kualitas tempur ayam. Jadi tidak heran kalau banyak botoh menjadikan buah tomat sebagai penambah nutrisi ayam bangkok aduan.

Selain diberikan makanan pokok berupa jagung, beras merah dan gabah, ayam aduan juga perlu diberikan sayur dan buah untuk menunjang performa saat berlaga. Berikut ini adalah manfaat tomat untuk ayam aduan serta cara pemberiannya:

Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Manfaat luar biasa dari pemberian tomat terhadap ayam aduan ialah sebagai penambah stamina. Sudah banyak sekali penghobi ayam bangkok aduan yang memberikan tomat secara rutin dan terbukti mampu meningkatkan stamina ayam. Jika pada awalnya ayam cepat lelah maka berikan irisan tomat setiap hari, kandungan vitamin E dan B3 nya dapat memperpanjang nafas ayam.

Menjaga Kekebalan Tubuh dan Kesehatan

Semua peternak pasti berharap ayam yang dipelihara tidak gampang sakit dan memiliki daya tahan yang kuat. Nah salah satu yang menjadi ancaman peternak adalah penyakit yang kemungkinan bisa membunuh binatang ternak. Dengan memberikan tomat dapat menjaga kesehatan ayam aduan supaya terhindar dari penyakit.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah tomat kaya akan kandungan serat dan air yang berkhasiat menyehatkan sistem pencernaan. Jadi dengan begitu pertumbuhan bakteri jahat serta virus pada tubuh ayam bisa diminimalisir. Selain itu buah tomat berguna untuk menyehatkan usus dan sistem ekskresi pada ayam dan mengurangi resiko terkena penyakit cacingan, berak kapur, berak darah dan berbagai penyakit lain.

Baca juga  Manfaat Luar Biasa Jangkrik Untuk Ayam Aduan Juara

Bisa Menguruskan Ayam

Ayam aduan harus memiliki tubuh yang ideal, sehingga jika terlalu kurus atau terlalu gemuk maka ayam tidak bisa tampil di arena secara maksimal. Khusus bagi ayam aduan yang kegemukan anda bisa mengatasinya dengan memberikan tomat secara rutin. Kandungan nutrisi pada tomat berfungsi untuk membakar lemak yang menyebabkan kegemukan tidak sehat hingga membentuk tubuh ideal ayam bangkok juara.

Menyuburkan Reproduksi Ayam

Ayam tidak mau kawin atau mau kawin tapi tidak bertelur adalah masalah yang biasa dialami oleh peternak ayam aduan. Bagi anda yang memiliki masalah produktivitas ayam bisa mencoba memberikan buah tomat agar ayam lebih produktif. Kandungan Asam folat pada tomat berkhasiat meningkatkan reproduksi ayam aduan.

Cara Pemberian Tomat Untuk Ayam Aduan

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memberikan tomat pada ayam aduan, yaitu:

  • Tomat bisa diberikan 2-3 hari sekali.
  • Ingat tomat bukan makanan pokok ayam melainkan hanya sebagai pakan tambahan.
  • Porsi yang diberikan harus disesuaikan dengan usia ayam.
  • Sebaiknya ayam yang diberikan tomat adalah ayam aduan dewasa.
  • Potong tomat menjadi kecil ketika anda mau memberikan pada ayam.

 

Berbeda dengan ras ayam lainnya, ayam bangkok perlu diberikan asupan gizi lebih banyak karena ayam ini jenis tipe aduan. Demikian artikel tentang manfaat tomat untuk ayam aduan juara ini kami buat, semoga bermanfaat.

Artikel terkait

Baca juga  3 Trik Ampuh Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *