Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense

Cara Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense

Mendapatkan dan Memasang Matched Content AdsenseMatched Content atau yang diartikan sebagai “konten yang sesuai” merupakan salah satu fitur terbaru dari Google Adsense. Tapi masih banyak publisher yang masih bingung terhadap fitur ini karena tidak semua situs/blog bisa memasang dan menggunakan fitur unggulan tersebut.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas secara mendalam mengenai fitur matched Content yang masih menjadi pertanyaan. Mungkin anda sudah mencoba login ke adsense dan ingin memasang fitur ini dan ternyata belum bisa. Maka dari itu untuk menemukan solusi sebaiknya anda membaca tulisan ini.

 

 

Apa Itu Matched Content?

Baru-batu ini Google meluncurkan fitur terbarunya yang diberi nama Matched Content. Fitur ini termasuk jenis iklan konten, namun sangat berbeda dengan iklan-iklan adsense pada umumnya. Jika dilihat sekilas matched content hampir sama dengan related post (posting terkait) pada blog.

 

Meskipun terlihat sama, ternyata sangat berbeda dengan related post. Jadi begini, related post hanya menampilkan artikel terkait sesuai dengan kategori posting yang anda buat. Artinya posting rekomendasi yang ditampilkan untuk pengunjung hanya berdasarkan keinginan anda sebagai pemiliki blog. Kemudian berbeda dengan matched content yang lebih baik dan akurat ketika memberikan rekomendasi postingan kepada pengunjung.

Baca Juga

 

Manfaat Matched Content Adsense untuk Blog

Bagi mereka yang sudah bisa menggunakan fitur matched content tentu bisa secara langsung merasakan perbedaannya. Sesuai dengan pengalaman saya, fitur ini sangat cocok untuk blog dengan niche khusus.

 

Saya pernah memasang matched content pada blog dengan tema umum atau gado-gado. Akan tetapi rasanya tidak ada yang berbeda, pengunjung tidak bertambah dan masih tetap seperti biasa. Kemudian setelah blog saya yang memiliki niche khusus bisa dipasang matched content, ternyata lebih baik dibandingkan blog saya yang umum.

 

Berikut Ini adalah manfaat matched content (konten yang sesuai)

  • Memudahkan pengunjung dengan cara menampilkan konten yang relevan sepertti related post.
  • Meningkatkan jumlah tampilan blog hingga 10%.
  • Dapat diletakan dimanapun anda mau, seperti di bawah postingan atau dibagian tata letak lainnya.
  • Fitur ini merupakan jenis iklan konten yang bersifat internal, yaitu mengiklankan isi konten blog yang menggunkannya kepada pembaca.
  • Mendukung untuk semua jenis perangkat (seluler dan dekstop).
  • Akan tetapi tidak semua situs bisa menggunakan fitur matched content, hal ini dikaenakan fitur ini hanya ditujukan bagi situs yang dimonetasi dengan baik.
  • Baca penjelasan lengkap dari Google.

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Matched Content Adsense

Apakah anda ingin mendapatkan fitur matched content tersebut? Jika demikian maka anda harus memahami dua hal berikut ini:

 

Belum Bisa Menggunakan

Alasan kenapa anda belum bisa menggunakan matched content yaitu karena situs/blog belum memenuhi persyaratan. Artinya Google mengharapkan anda untuk meningkatkan volume trafik dan jumlah halaman unik pada blog anda.

 

Sudah Bisa Menggunakan

Apabila anda sudah bisa menggunakan matched content maka anda bisa melakukan settingan melalui akun adsense yang anda miliki. Artinya dalam hal ini Situs Anda sudah memenuhi persyaratan atau standarisasi google. Kesimpulannya blog anda sudah memiliki trafik dan jumlah halaman yang unik, serta dapat dimonetasi.

 

Tips Agar Mendapatkan Fitur Matched Content (konten yang sesuai)

Berdasarkan pengalaman saya, blog yang bisa menggunakan fitur ini tidak harus memiliki ratusan artikel. Saya pernah memasang fitur ini pada blog yang hanya memiliki 60 an artikel saja.

 

Ini adalah blog saya yang memiliki niche ayam bangkok.contoh mathed content adsense

Jangan kaget karena melihat niche blog yang saya buat, memang terkesan lucu tapi ini benar. Sebagai seorang blogger tidak peduli topik seperti apa yang kita bawakan, yang terpenting adalah manfaatnya.

 

Berikut adalah Tips dari Saya yang Bisa Anda Coba:

Niche Blog

Sebaiknya kamu mempertimbangkan niche blog yang kamu miliki. Fokuslah untuk membuat tulisan yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Dengan begitu robot google ansense akan lebih mudah meninjau situs anda dan akan segera memberikan fitur matched content.

Lalu apakah blog niche umum bisa dipasang matched content? Jawabannya BISA !. caranya adalah dengan membuat katagori disetiap postingan yang anda buat. Dengan begitu akan membuat navigasi situs anda lebih disukai oleh mesin pencari dan oleh pembaca.

 

Trafik Blog

Jika banyak yang bilang matched content hanya diperuntukan untuk situs dengan trafik tinggi maka itu TIDAK BENAR. Blog yang saya sebutkan di atas hanya mendapatkan lebih kurang 1500 visitor perhari jika dilihat melalui Histats. Tapi yang menarik adalah jumlah PV (page view) bisa mencapai 6000 kali per hari.

Artinya pengunjung blog tidak hanya membuka satu halaman ketika berkunjung ke blog saya. PV 6000 : 1500 V = 4, jadi rata-rata setiap pengunjung blog membaca 4 tulisan setelah mereka mengunjungi blog saya.

Hal ini dikarenakan navigasi yang baik, jadi apabila kamu sudah memiliki trafik yang cukup tapi belum bisa menggunakan matched content. Maka yang perlu kamu perbaiki adalah naivigasi pada blog, mulai dari memberikan kategori dan pembuatan tulisan yang bersangkutan.

 

Kuantitas Artikel

Kuantitas secara bahasa diartikan sebagai jumlah. Jadi untuk itu sebaiknya anda harus berusaha meningkatkan jumlah artikel pada blog anda. Buatlah artikel yang berkualitas dengan topik serupa.

Jika blog anda memiliki lebih dari satu topik maka anda perlu membuat tulisan sebanyak 10 artikel disetiap topik. Misal, teknologi: 10 artikel, tutorial: 10 arikel, kesehatan: 10 artikel dan seterusnya. Dengan begitu akan membuat blog anda lebih mudah untuk dimonetasi.

 

Anda Perlu Bersabar

Menjadi seorang blogger maka anda harus menanamkan sikap kesabaran. Apabila anda terlalu terburu-buru malah bisa-bisa blog akan hancur. Contoh nyatanya bisa kita lihat ketika membuat tulisan. Apakah tulisan yang dibuat dengan buru-buru akan berkualitas? Jawabanya TIDAK. Lebih baik satu artikel yang dibuat dengan sepenuh hati dibandingkan sepuluh artikel yang dibuat dengan asal-asalan. Jadi tidak jauh berbeda jika anda ingin mendapatkan fitur matched content, maka anda perlu bersabar.

 

 

Cara Memasang Matched Content Adsense

Langkah 1

  • Login ke Adsense
  • Klik ikon Pengaturan (roda) gigi pada halaman akun anda.
  • Pilih Settings maka akan muncul menu drop down.
  • Kemudian klik My Site (pengelolaan situs).
  • Verifikasi situs Anda jika Anda belum mengklaimnya.
  • Periksa label Ready Green. Jika Anda melihat itu berarti – Anda siap untuk membuat Unit Iklan Konten yang Sesuai.

 

Langkah 2

Setelah anda mengetahui apakah situs anda bisa menggunakan fitur tersebut maka selanjutnya adalah:

  • Klik Menu My Ads
  • Tambahkan unit iklan baru seperti ketika anda ingin membuat iklan.
  • Pilih Matched Content, jika blog anda sudah bisa menggunakannya maka akan ada pilihan iklan matched content. Lakukan pengeditan dengan memberi nama iklan dan memodifikasi iklan.
  • Kemudian klik Save and Get Code
  • Setelah kamu mendapatkan Code maka selanjutnya tinggal copy dan memasangnya ke blog.
  • Anda bisa menempatkan Matctced content sesuai keinginan anda, tapi saya sarankan untuk meletakannya di bawah postingan.

 

 

Penjelasan di atas merupakan gambaran umum mengenai fitur matched content adsense. Jika anda belum bisa memasangnya maka sebaiknya anda bersabar dan lebih fokus membangun blog anda. Demikianlah tulisan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

 

(Visited 421 times, 1 visits today)

9 thoughts on “Cara Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense

    1. begini,, jika blog sobat sudah memiliki banyak postingan sebaiknya dikelompokan kategorinya sesuai topik..
      seperti blog ini yang memiliki 4 topik utama (blogging, adsense, seo dan bisnis). jadi saya menyusunya dengan 1 postingan satu kategori biar susunannya lebi rapi.

      bagusnya sih begitu gan, usahakan postingan jangan diberikan kategori lebih dari 2.

  1. Matched Content ini kecil sekali CPC nya mas di saya…
    dibanding jenis ads lain (banner/responsive) bisa 2-3x lipat lebih kecil utk matched content ini, tapi CTR juga tinggi.
    Entah dengan teman2 yang lain yang sudah pakai fitur ini. Apakah CPC nya rendah?
    Ada saran, share dan tips?

  2. bisa gak saya memasukkan iklan adsense ke situs lainnya. jika bisa hingga berapa situs, syaratnya bagaimana?!
    maaf jika pertanyaan tidak sesuai dengan isi konten 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *