cara ayam kawin duduk

Begini Cara Paling Efektif Melatih Ayam Kawin Duduk

Bagaimana cara ayam kawin duduk? Mengawinkan ayam merupakan tahap supaya sukses budidaya ayam bangkok aduan. Dengan demikian ayam dapat cepat bertelur sehingga lebih produktif.

Permasalahan ayam tidak mau kawin tentu akan menghambat peternak. Pasalnya harapan kita ialah mendapatkan keturunan dari ayam jago andalan.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh peternak mulai dari cara alami hingga peran peternak dalam membantu proses perkawinan.

 

Metode Kawin Duduk Pada Ayam

Istilah kawin duduk tentu bukanlah sesuatu yang baru bagi sobat pecinta ayam. Metode ini biasa dilakukan peternak untuk membatu ayam supaya lebih cepat bertelur.

Tidak jarang ayam aduan mengalami masalah dalam hal produktivitas. Misal seperti tidak mau kawin sendiri.

Dengan melakukan kawin duduk ini sobat bisa memegang betina sehingga pejantan bisa cepat bertindak.

 

Berikut Cara Melakukan Kawin Duduk Pada Ayam Bangkok

Walaupun kelihatannya mudah, ternyata metode ini sulit untuk dilakukan. Jadi sobat harus melatih dan membiasakan ayam jago supaya dia terbiasa.

Maka dari itu kunci keberhasilan terletak pada ayam jago atau pacek. Soal betina tidak jadi masalah karena saat proses perkawinan kita memegangnya.

Cara efektif agar jago bangkok mau kawin duduk:

  • Menentukan kapan kawin duduk bisa dilakukan patut sobat pertimbangkan. Waktu yang bagus yaitu pada saat pagi hari ataupun sore hari. Karena pada waktu ini libido ayam jago sangat tinggi.
  • Ayam jago dan betina sebaiknya dibiarkan bersama selama satu hari. Biasanya ayam betina akan menghindar sang pejantan.
  • Kemudian ketika saatnya tiba, baik pagi ataupun sore maka sobat bisa mencoba kawin duduk pada ayam. Sebaiknya lakukan di kandang umbaran.
  • Pegang ayam betina pada bagian dada, perut, dan paha atas dengan kedua tangan sobat. Ingat jangan sampai salah ketika memegang ayam betina.
  • Posisi ayam betina atau babon di depan ayam jago. Nah ketika jago mulai terlihat birahi selanjutnya ayam betina dibuat agak nungging.
  • Tunggu hingga ayam jago mulai menaiki betina sampai proses perkawinan selesai. Apabila sudah berhasil sobat bisa mencoba lagi supaya lebih yakin.

Baca: Ayam Bangkok Magon Sebagai Petarung Super Istimewa

 

Kawin duduk tidaklah sulit untuk jago yang sudah terlatih. Jadi jika masih belum berhasil maka sobat harus melatih dulu ayam supaya terbiasa melakukannya.

Tentu akan sangat mudah sekali apabila kita memiliki ayam jago yang bisa kawin duduk. Dengan begitu kita bisa mengatasi induk ayam yang tidak mau kawin. Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa diterapkan sehingga ayam bisa bertelur lebih cepat dan produktif.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *