memandikan ayam bangkok

7 Tahapan Penting Saat Memandikan Ayam Bangkok

Perawatan harian memang menjadi penentu kualitas ayam. Salah satu yang harus rutin dilakukan setiap hari diantaranya memandikan ayam bangkok. Merawat ayam bangkok hampir serupa dengan burung kicau, dimana harus rutin dimandikan.

Fungsi memandikan ayam bangkok aduan tentu memiliki manfaat yang besar terutama untuk menjaga kesehatan ayam. Kemudian akan mempercepat pertumbuhan otot dan membentuk tubuh ayam saat perawatan harian. Memandikan ayam sebelum bertanding mempunyai cara yang berbeda dibandingkan ketika perawatan rutin setiap hari.

Pada saat masa perawatan tentu prosesnya jauh lebih sederhana bila dibandingkan ketika ayam berlaga di gelanggang sabung ayam. Kali ini kita akan sedikit membahas soal bagaimana cara memandikan ayam untuk perawatan harian.

 

Manfaat Memandikan Ayam Bangkok

Langkah memandikan ayam merupakan bagian paling penting dalam hal merawat dan melatih ayam yang harus selalu dilakukan supaya ayam mempunyai kualitas bagus. Berikut ini manfaatnya yang perlu sobat tahu:

  • Kenapa ayam harus selalu dimandikan salah satunya agar ayam selalu bersih. Dengan begitu ayam tidak gampang terserang oleh penyakit.
  • Kebiasaan memandikan ayam bangkok pasti akan membuatnya menjadi lebih segar. Terutama untuk menjaga performa bertarung ayam supaya tidak menurun pada saat di bawa ke arena.
  • Kemudian berguna untuk menguatkan nafas ayam bangkok, atau kita bisa menyebutnya menambah stamina ayam. Tentu stamina ayam adalah pondasi utama agar saat bertanding tidak cepat lelah.
  • Ayam yang rutin dimandikan pasti lebih cepat jinak. Jadi cocok sekali buat ayam yang liar dan sulit dipegang.

 

Cara Paling Efektif Memandikan Ayam Bangkok

Walaupun terlihat sepele ternyata memandikan ayam tidak boleh asal-asalan. Jika sembarangan dilakukan maka bisa berdampak buruk terhadap ayam dan menurunkan kualitasnya. Berikut ini tips bagaimana memandikan ayam yang baik dan benar:

1. Umur ayam bangkok

Sobat perlu memahami umur ayam yang wajib dimandikan. Dalam hal ini adalah ayam bangkok yang telah dewasa atau sudah lebih tujuh bulan.

Apabila ayam muda dimandikan dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan ayam. Artinya justru memperburuk atau sama sekali tidak bermanfaat.

 

2. Waktu memandikan ayam

Kapan waktu yang tepat untuk memandikan ayam? Pasti setiap botoh memiliki cara yang berbeda-beda. Jadi bisa ayam dimandikan di pagi hari, sore, ataupun ketika malam hari.

Tapi kebanyakan pecinta ayam laga lebih suka memandikan ayam bangkok di pagi hari karena manfaatnya lebih bagus. Waktu yang pas yaitu pada pukul 08.00-10.00 sebelum ayam aduan dijemur.

 

3. Memakai air dingin

Banyak dari kita yang berdebat soal air yang digunakan, tapi yang bagus dan tidak memiliki efek samping dimana menggunakan air dingin. Sobat harus tahu bila air hangat bisa membuat bulu ayam jadi mudah rontok.

Penggunaan air hangat hanya perlu dilakukan dalam keadaan tertentu seperti saat berlaga dan saat membalut luka ayam.

 

4. Menggunakan peralatan yang memadai

Memakai alat tentu akan mempermudah sobat ketika memandikan ayam bangkok. Misal seperti gabus, handuk, ember dan peralatan lainnya. Kemudian jangan lupa siapkan bulu ayam yang berguna untuk membersihkan lendir pada tenggorokan ayam.

Tenggorokan ayam harus rutin dibersihkan untuk mencegah penyakit ngorok, apalagi setelah ayam selesai diadu.

 

5. Tahap memandikan ayam aduan

Tata cara memandikan ayam pasti sudah banyak yang tahu, namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu sobat pahami:

  • Perlakukan ayam dengan sebaik mungkin agar tidak memberontak dan berusaha kabur.
  • Lalu sobat bisa mulai membasahi dari bagian bawah tubuh ayam menggunakan gabus basah secara perlahan tapi pasti.
    Lanjutkan sampai ke bagian punggung hingga kepala ayam sampai benar-benar basah.
  • Bersihkan bagian anus ayam untuk menghindari penyebaran penyakit.
  • Lebih efektif bila saat memandikan melakukan pemijatan pada ayam guna merangsang otot ayam.
    Jangan lupa bersihkan tenggorokan menggunakan bulu.

 

6. Ayam tidak perlu dimandikan

Kriteria ayam bangkok yang tidak perlu dimandikan yaitu:

  • Memandikan ayam mabung atau ganti bulu
  • Ayam dalam kondisi tidak sehat
  • Pada saat cuaca hujan

 

7. Konsisten

Bagian paling berat dalam merawat ayam adalah berusaha untuk konsisten, atau melakukannya secara rutin. Bila tidak rutin tentu kualitas ayam bangkok tidak terbentuk maksimal. Makanya untuk hasil yang memuaskan haruslah konsisten dan sabar.

Wajib Tahu, Ukuran dan Kelas Ayam Bangkok Aduan

 

Sebagai seorang penggemar ayam kita harus tahu bagaimana cara memandikan ayam bangkok aduan. Pasalnya ini adalah perawatan rutin yang perlu sobat lakukan supaya ayam lebih bermutu. Tentu kita semua ingin ayam andalan kita bisa menjadi juara saat diadu di gelanggang.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *