memanjangkan ekot ayam

Cara Cepat Memanjangkan Ekor Ayam Bangkok

Tips memanjangkan ekor ayam jago – Bulu ayam menjadi unsur penting yang menunjukkan karakter dan wibawa ayam. Seperti yang kita ketahui ada masa di mana bulu ayam rontok, baik itu secara alami ataupun tidak sengaja.

Banyak yang bertanya bagaimana cara memanjangkan bulu ekor ayam jago? Pada dasarnya bulu ayam akan tumbuh sendiri. Akan tetapi kita dapat membuat pertumbuhan itu menjadi lebih cepat.

Terutama bagi ayam bangkok aduan, tentu saja bulu ekor menjadi bagian yang penting. Apalagi jika ayam termasuk jagoan yang sering di bawa ke arena kontes. Bulu ekor yang belum tumbuh dapat menjadi penghambat sehingga tidak bisa bertanding.

 

Fungsi Bulu Ekor Pada Ayam Bangkok Aduan

Sebagian besar dari penggemar ayam laga banyak yang tidak tahu bila peran bulu ekor sangatlah vital. Bahkan bisa di bilang mampu mempengaruhi performa pertandingan. Jadi bukan hanya sekedar penampilan saja, berikut beberapa peran dari bulu ekor ayam jago:

  • Bulu ekor adalah penyeimbang gerakan ayam, jadi dengan begitu akan berdampak pada gerakan ayam.
  • Membuat kuda-kuda ayam lebih kokoh.
  • Sebagai alat pengatur udara untuk menyetabilkan suhu tubuh ayam.
  • Menjadi bagian fisik yang mempengaruhi penampilan ayam.

 

Penyebab Bulu Ekor Ayam Habis

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bulu ekor ayam habis dan tidak tumbuh, diantaranya yaitu:

  • Fase mabung, secara umum ayam akan mengalami tahap mabung atau gantu bulu dari bulu anakan ke dewasa. Ini sangat wajar dan umum.
  • Bulu rontok, hal ini kemungkinan terjadi secara sengaja atau tidak sengaja. Misalnya rontok karena ayam bertarung atau bisa juga karena pengaruh hormon yang dimiliki oleh ayam.
  • Akibat kutu, permasalahan bulu ayam habis karena kutu memang sering terjadi, tidak hanya bulu ekor saja, namun bisa menyerang seluruh bulu pada ayam.

 

Cara Cepat Memanjangkan Ekor Ayam Jago

Sebelum menerapkan metode ini sebaiknya periksa lebih dahulu keadaan bulu yang rontok. Bila masih ada pangkal bulu yang belum tercabut sebaiknya dicabut dulu. Masalahnya penghambat pertumbuhan bulu ayam karena bulu tidak tercabut secara sempurna atau patah.

Setelah itu ikuti beberapa langkah berikut:

  • Agar bulu ayam cepat tumbuh sebaiknya berikan pakan tambahan terasi dan udang rebon sesuai takaran, misal satu sampai dua ons.
  • Kemudian hentikan perawatan harian mulai dari memandikan ayam, menjemur hingga latihan bertanding.
  • Masukkan ayam ke kandang yang rapat, lebih bagus di tutup dengan kain sehingga tidak terkena sinar matahari.
  • Lalu berikan juga makanan yang mengandung zat minyak untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu seperti minyak ikan ataupun asupan gizi lemak hewani maupun nabati.
  • Selain itu ayam jago harus rutin diberikan vitamin, diantaranya vitamin A dan B komplek.

 

Ciri Ayam Bangkok F1 Super Berkualitas

Cara memanjangkan bulu ekor ayam dan bagian lainnya sebenarnya sangat mudah. Pada fase ini pastikan ayam kesayangan kita tidak kekurangan gizi agar proses perbaikan bulu tidak terhambat. Nah itulah sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *