Cara Memasang (HTTPS) SSL di Blogspot Dalam waktu 5 Menit

Cara Memasang (HTTPS) SSL di Blogspot

Hello sob, !! Pasti sudah pada tahu kan kalau sekarang kita bisa memasang SSL di blogspot custom domain?., Nah, ini merupakan salah satu fitur terbaru yang disediakan oleh Blogger yang memungkinkan anda untuk menggunakan SSL/HTTPS pada domain TLD (Top Level Domain), seperti com, id, net, org dan sebagainya.

Jika dulu para pengguna custom domain tidak diperbolehkan menggunakan https dan kalaupun bisa, harus menggunakan layanan seperti cloudflare, tapi sekarang sudah jauh lebih baik. Fitur terbaru ini anda akan lebih dimanjakan karena SSL (HTTPS) ini sifatnya gratis alias free, jadi tidak perlu repot-repot beli.

Dengan dizinkannya memasang https atau SSL di blogspot menyebabkan banyak blogger berbondong-bondong mengaktifkannya. Alasannya karena blog yang menggunakan SSL akan memiliki nilai lebih di mata pengunjung dan mesin pencari. Selain itu dengan SSL diyakini akan membuat tingkat keamanan blog menjadi lebih kuat dan aman.

Baca Juga:

 

Berikut adalah cara mudah memasang (HTTPS) SSL di Blogspot Custom Domain

Sesuai dengan judul postingan ini, sebenarnya memasang SSL di blogspot sangatlah mudah dan bisa selesai dalam waktu lima menit. Baiklah, saya akan memberikan contoh menggunakan blog saya yang menggunakan platform blogspot, silahkan ikuti langkah-langkahnya:

  • Pertama login dulu ke draft.blogger.com.
  • Tampilannya tidak jauh berbeda dengan dasboard blogger, Selanjutnya pilih Menu Setelan => Dasar.
  • Lalu aktifkan https dengan merubah “Ketersediaan HTTPS” menjadi “YA”.mengaktifkan https blogspot
  • Jika anda sudah memilih “YA” maka akan muncul pemberitahuan proses pengalihan http ke https. Selanjutnya coba reload lagi sampai pemberitahuan tersebut hilang.
  • Kemudian aktifkan pengalihan HTTPS “YA”.pengalihan https blogspot

 

Merubah HTTP Menjadi HTTPS Pada Template Blog

Nah setelah anda sudah mengaktifkan memasang ssl di blogspot, selanjutnya tinggal melakukan sedikit pengaturan pada html template blog suapaya tidak terjadi error.

  • Buka pengaturan template kemudian pilih HTML.
  • Lalu Cut seluruh script template anda kemudian paste pada Notepad.merubah https pada html
  • Kemudian klik CTRL+H , pada kotak replace ketik http dan pada kotak replace with ketik https, kemudian pilih replace all.merubah http template blog
  • Selanjutnya copy dan masukan kempali ke template anda dan klik Simpan.

 

Oke, dengan begini blog anda sudah menggunakan SSL gratis dari blogspot. Langkah terakhir yang perlu anda lakukan tinggal submit ulang ke webmaster supaya mesin pencari tahu kalau blog anda sudah memakai SSL. Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Cara Memasang (HTTPS) SSL di Blogspot Custom Domain, semoga bermanfaat dan salam blogging.

(Visited 56 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Add Comment