Memasang Iklan Adsense

3 Cara Memasang Iklan Adsense di Blog WordPress

Memasang Iklan Adsense
3 Cara Memasang Iklan Adsense Di Blog WordPress Google Adsense adalah alternatif terbaik bagi para blogger dan youtuber untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Berbeda dengan platform blogger, cara memasang iklan adsense di blog wordpress memiliki sedikit perbedaan.

Penempatan posisi iklan pada blog sangat berpengaruh terhadap jumlah klik yang akan didapatkan. Untuk itu perhatikan ini:

  • Theme / template blog

Bagi iklan adsense, template memiliki peran paling vital terhadap banyaknya jumlah klik iklan yang diperoleh. Jadi dalam hal ini anda sebaiknya memakai template high ctr supaya klik iklan dan cpc adsense meningkat.

  • Plugin Iklan

Kelebihan dari wordpress adalah memiliki fitur plugin. Gunakan plugin iklan seperti Ads Inserter, WordPress Ad Widget, Easy Plugin Adsense dan masih banyak lagi. Plugin iklan ini akan memudahkan anda untuk memasang iklan adsense menjadi lebih relevan.

 

Pertama ketahui Jenis Type Iklan Pada Google Adsense

Setiap unit iklan adsense memiliki peran masingg-masing, anda dapat memilih unit iklan sesuai kebutuhan anda. Berikut adalah beberapa jenis type iklan adsense:

Text & Display ads

Iklan ini adalah iklan adsense yang paling banyak memiliki variasi, baik dalam bentuk format maupun ukuran iklan. Kebanyakan blogger menjadikan unit iklan ini menjadi andalah karena memiliki banyak variasi.

Native Ads

Unit iklan yang satu ini merupakan iklan jenis iklan yang menyerupai konten. Keunggulan memakai iklan ini yaitu kerena iklan secara otomatis terlihat seperti konten. Ini akan berdampak baik untuk anda karena memungkinkan pengunjung melakukan klik iklan.

In Feed Ads

Adalah unit iklan yang tampil di antara postingan blog. Biasanya iklan ini terletak pada halaman yang menampilkan list postingan seperti halaman homepage dan pada racent/popular post.

In Article Ads

Adalah iklan yang berada di dalam postingan, baik di atas, tengah atau bawah halaman posting. Berdasarkan pengalaman penulis, iklan in-article adalah iklan yang paling produktif dalam mendapatkan klik iklan.

Matched Content

Adalah iklan related post adsense (konten yang sesuai). Iklan ini memiliki fitur berbentuk artikel terkait blog dan biasanya terselip diantara related post. Kelebihan matched content ialah mempu mendongkrak visitor dan menurunkan bounce rate. Tapi tidak semua publisher bisa memasang matched content, melainkan hanya situs/blog yang dianggap memiliki kelebihan oleh pihak google adsense.

Page-level ad (Iklan tingkat laman)

Adalah iklan adsense khusus untuk pengguna mobile/handphone. Pihak Adsense sangat menyarankan publisher yang situsnya didominasi oleh pengguna perangkat mobile untuk memasang iklan Page-level ad.

 

 

Berikut 3 Cara Memasang Iklan Adsense Di Blog WordPress

Memasang iklan adsense di blog wordpress sebenarnya lebih simple dibandingkan dengan blogspot. Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh, atau anda juga dapat mengkombinasikan pemasangan iklannya.

1. Cara Memasang Auto Ads

Auto ads adalah format iklan terbaru adsense. Anda dapat menampilkan iklan pada blog anda dan kemudian iklan akan secara otomatis disesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses blog anda.

Cara memasang auto ads adsense di blog

  • Login ke akun adsense anda dan buat unit auto ads dengan memilih My Ads => Auto Ads dan kemudian klik Get Started.
  • Lalu anda diminta untuk memilih jenis iklan yang akan ditampilkan. Silahkan pilih sesuai keinginan anda, untuk contoh anda dapat melihat gambar di bawah.memasang auto ads
  • Setelah selesai Klik Save dan Copy kode iklannya.
  • Untuk memasangnya silahkan masuk ke Dashboard wordpres, Pilih Tampilan => Klik Editor.
  • Cari bagian Header.php kemudian paste kode iklan tepat di antara kode <head> </head>.
  • Pilih Save atau Update.

Rekomendasi Tulisan:

 

2. Memasang Iklan Adsense Dengan Plugin

Memasang iklan dengan plugin mempunyai banyak keunggulan dan setiap pluggin memiliki kelebihan dan fiturnya masing-masing. Ada banyak pluggin wordpress khusus untuk memasang iklan, tapi saya hanya akan sedikit menjelaskan satu plugin.

Berikut cara memasang iklan adsense dengan plugin Ad Inserter

  • Anda bisa menggunakan plugin Ad Inserter.
  • Pertama install dulu pluginnya,
  • Setelah selesai masuk ke Pengaturan Ad Inserter.
  • Pastikan anda sudah membuat unit iklan adsense pada akun anda.
  • Selanjutnya letakan Script iklan pada bagian kotak ad inserter.plugin iklan adsense

 

Mengatur Posisi Iklan Adsense

Setiap kotak memiliki nomor masing-masing, jadi silahkan gunakan secukupnya. Kemudian untuk mengatur posisi iklan silahkan lihat gambar di bawah ini.

  • Pertama atur posisi iklan,mengatur posisi iklan adsense
  • Pengaturan iklan lainnya pada plugin ad inserter.pengaturan ad inserter

 

3. Memasang Iklan Adsense Secara Manual

Cara manual yaitu tanpa menggunakan plugin dan anda bisa memposisikan iklan sesuai kemauan anda. Dengan cara ini anda dapat memasang iklan melaui tata letak tema, biasanya setiap tema pasti memiliki fitur tempat iklan tersendiri.

  • Masuk dashboard admin WordPress anda,
  • Silahkan buka menu Tampilan => Widget,
  • Selanjutnya tambahkan widget “HTML khusus”,memasang iklan di widget
  • Kemudian letakan kode iklan adsense pada HTML Khusus,
  • Klik Simpan.

Itulah tiga cara memasang iklan adsense di blog wordpress yang bisa anda coba terapkan. Silahkan memilih salah satu cara di atas, atau anda bisa juga mengkombinasikan pemasangan iklan dengan beberapa cara tersebut. Penempatan posisi iklan sangat mempengaruhi besar kecilnya pendapatan klik yang didapatkan.

(Visited 147 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *