membedakan burung pleci jantan dan betina

Paling Akurat, Cara Membedakan Burung Pleci Jantan Betina

Penting sekali kita mengetahui cara membedakan antara burung pleci jantan dengan betina. Apalagi pada saat kita ingin membeli burung bakalan.

Kemudian jika sobat ingin membudidayakan burung pleci, pastinya saat telur menetas kita harus membedakan kelamin burung.

Untuk mengenali kelamin burung pleci memang tidaklah mudah, apalagi saat burung masih kecil. Lalu pengetahuan ini juga penting ketika masa menjdodohkan burung.

 

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

Ketika mencoba ternak burung pleci, langkah pertama ialah memilih induk dan pejantan. Jadi tidak hanya kualitas kicau saja, kita wajib tahu dan bisa membedakan jenis kelamin jantan dan betina.

Daftar isi

1. Ekor Pleci

Cara yang bisa diterapkan untuk membedakan burung pleci jantan dengan betina yaitu dengan melihat ekor. Secara umum pleci jantan mempunyai ekor lebih panjang. Sedangkan betina ekornya pendek.

 

2. Bentuk Kepala

Kepala burung pleci jantan lebih bulat dan besar. Sedangkan bentuk kepala betina lebih kecil dan sedikit lonjong.

 

3. Paruh Burung Pleci

Sobat bisa membedakan kelamin burung pleci dengan melihat paruh. Jika pejantan ukuran paruh lebih panjang. Kemudian untuk betina lebih pendek.

Baca: Penyebab dan Solusi : Burung Murai Sering Mengangkat Kaki

4. Warna Bulu

Warna bisa jadi bagian paling mudah dikenali saat membedakan kelamin pleci jantan dengan betina. Pleci jantan berwarna hijau terang dam sedikit mencolok. Sedangkan betina warnanya sedikit pudar.

 

5. Postur Tubuh

Pada umumnya pleci pejantan mempunyai postur tubuh lebih besar dan panjang. Kemudian berpenampilan gagah dan tegap. Sedangkan betina sedikit lebih kecil dan agak pendek. Bulu pleci betina sering menggembung ketika berbunyi.

 

6. Suara Kicau

Kebanyakan pecinta burung pleci lebih suka memelihara pleci jantan. Pasalnya suara kicau lebih bagus dam bervariasi. Jadi sobat bisa mengira-ngira kelamin dengan mengamati suara burung pleci.

Baca juga: Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Ngerol

 

Pada saat memilih burung maka kita perlu tahu bagaimana cara membedakan burung pleci jantan dan betina. Yakni agar tidak menyesal kemudian, faktanya jenis kelamin mempengaruhi kualitas burung.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *