Kenapa saya Membuat Blog? Lihat Perjalanan Saya Menjadi Blogger

Tetap eksis di dunia blogging !!

Kali ini edisis iseng aja,, sekali-sekali curhat pengalaman membuat blog,,

kali aja ada yang mau baca .. hehe

 

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri ketika mereka memutuskan untuk membuat blog. Saya pertama kali terjun dan belajar membuat blog di tahun 2013 masih duduk di SMA. Saat itu blog yang saya dirikan ber-platform MyWapblog (situs ini sekarang sudah ditutup), hanya bermodalkan keisengan dan handpone Nokia Exspress musik saya sudah bisa melakukan update konten blog.

Padahal kalau diingat dulu, bisa dibilang hanya membagikan foto dan tulisan pribadi saja. Awalnya saya hanya mengira kalau blog sama dengan sosial media seperti facebook dan twitter yang hanya berbagi pengalaman. Tidak ada tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, bahkan saat itu saya belum tahu kalau blog bisa mendatangkan penghasilan.

 

Ini Motivasi Awal Saya Ketika Pertama Membuat Blog !

Setiap blogger pastinya memiliki tujuan dan motivasi, apalagi mereka yang baru bergelut di dunia blogging. Kurang lebih saya dulu bertujuan membuat blog untuk ini:

  • Menambahkan foto,
  • Menambahkan tulisan,

Tujuan utamanya “Muncul di Google” lalu “pamer ke temen-temen” ….. “Jiaahhh foto saya muncul di Guugel bro” ahahahahaha  (Parahnya dulu cuma itu tujuan ngeblog)

Penyakit Malas dan Kebanyakan Vakum

Kemudian setelah lama menjalani aktivitas blogging saya sempat merasa bosan dan tidak pernah update lagi. “Bosan ngeblog karena gitu-gitu aja”,,. Gak lama setelah itu situs penyedia blog gratis akhirnya ditutup dan blog saya dihapus.

Nah hal ini menyebabkan saya tidak pernah main blog lagi, sampai lebih setahun saya pensiun 😀 dan hanya fokus kuliah. Di tahun 2015 saya coba browsing dan iseng untuk mencari “bagaimana cara menghasilkan uang dari internet”, sampai nyasar ke blog Mas Sugeng dan menemukan motivasi baru.

 

Membuat Blog dengan Blogspot Pertama Kali !

Setelah membaca artikel mas sugeng saya mulai tertarik untuk membuat blog dengan platform blogspot. Awalnya saya hanya membagikan tugas-tugas kuliah seperti makalah dan artikel-artikel ringan sebagai informasi pengunjung.

Selang beberapa bulan ternya blog yang hanya bermodalkan gratisan mendapatkan visitor yang lumayan. Sampai akhirnya tahun 2016 saya mulai belajar membuat blog menggunakan domain TLD dan mulai memperhatikan konten yang sesungguhnya.

 

Mulai Menayangkan Iklan Google Adsense

Memang dari dulu sampai sekarang program periklanan Google Adsense masih menjadi yang nomor satu. Masih di tahun 2016 saya mencoba membuat blog dengan topik hewan peliharaan, dan sampai saat ini blognya pun masih ada.

Jouhome.com adalah blog pertama saya yang sengaja dibuat untuk mebahas topik (niche) khusus. Kemudian setelah beberapa bulan dengan artikel sekitar 50 buah saya mencoba mendaftarkan blog saya ke adsense dan alhamdulilah diterima.

Tahun 2016 saya ngeblog hanya fokus untuk membuat konten dan benar-benar tidak tahu tentang SEO. Setiap hari saya usahaan untuk membuat artikel dan selambat-lambatnya 3 hari sekali wajib membuat postingan.

Kalau bicara soal penghasila adsense, saat itu bisa PO selama 4 bulan sekali. Yah karena CPC iklan untuk blog hewan peliharaan sangat murah jadi meskipun pengunjung dua ribu lebih masih butuh waktu lama untuk PO adsense.

 

Mengenal SEO !

Mulai belajar SEO? Jujur saja saya belum lama mengenal SEO. Saya mulai fokus membuat konten SEO yaitu di awal-awal tahun 2017. Mulai belajar otodidak di internet dan juga belajar dengan mereka yang sudah berpengalaman dengan konten marketing.

Sampai saat ini tantangan terberat blogger adalah pada optimasi SEO. Cara menerapkan SEO tidaklah mudah dan butuh waktu lama untuk belajar. Bagi blogger pemula SEO on page bukanlah sebuah kendala dan mungkin saja mudah untuk dipahami, tapi tidak untuk SEO lanjutan atau yang biasa disebut Of Page SEO.

Sangat jelas sekali perbedaan blog yang bernilai SEO dibandingkan dengan blog tanpa SEO. Bagian yang paling mencolok ialah pada jumlah konten. Bagi yang tidak paham SEO mereka memerlukan ratusan bahkan ribuan konten supaya blog mendapatkan banyak pengunjung, tapi tidak bagi mereka yang ahli di bidang SEO.

Nah jadi kesimpulannya SEO itu bisa dibilang rumit,, kalau anda ingin serius menjadi seorang blogger maka anda perlu belajar cara SEO yang sesuingguhnya. Paling tidak belajar dasar-dasarnya seperti On Page.

 

Bagaimana Sekarang,,Saya masih tetap santai

Menganggap blogger sebagai penghasilan sampingan dan bukan sebagai tujuan utama untuk menghasilkan uang. Aktifitas ngeblog akan lebih nyaman kalau dijalani dengan santai, yahh kalau mau mengejar target penghasilan mendingan kerja nyata.

Intinya blogging hanya sekedar buat menyalurkan hobi dan keterampilan. Disamping mendapatkan penghasilan atau tidak itu nomor sekian, hehe

(Visited 70 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Add Comment