Membuat Custom Channel Adsense Untuk Menaikan BPK

membbuat custom channel adsenseSaluran khusus atau custom channel adsense adalah salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menaikan pendapatan adsense. Apakah biaya per klik (BPK) akun adsense anda rendah? Maka anda bisa mengatasinya dengan cara membuat custom channel (saluran khusus) untuk unit iklan anda. Langkah ini adalah bentuk optimasi pada unit iklan yang bertujuan agar iklan yang tampil lebih relevan.

 

Salah satu penyebab kenapa bayaran adsense begitu rendah adalah karena iklan yang muncul tidak relevan. Misal, blog anda memiliki topik (niche) hewan peliharaan, tapi kemudian iklan yang tampil berupa iklan teknologi. Pasti hal ini menyebabkan pengunjung enggan untuk melakukan klik iklan dan walaupun mereka melakukan klik, jelas harga per kliknya sangat murah. Hal ini karena Google juga menetapkan smart pricing yang akan menyebabkan bayaran turun untuk iklan yang tidak sesuai.

Baca juga: 7 Bisnis Adsense yang Populer di Internet

Ini sangat penting untuk anda pahami, anda perlu mengaktifkan fitur custom channel jika anda mengalami masalah biaya per klik adsense. Normalnya bayaran adsense untuk blog indonesia adalah Rp. 1000, tapi ada beberapa khasus yang menyebabkan bayaran adsense begitu rendah.

Baca Artikel: Berapakah RKT Laman Adsense yang Aman

 

Cara Membuat Saluran Khusus (Custom Channel) Adsense

Sebelum melakukan custom channel terhadap unit iklan adsense sebaiknya anda sudah terlebih dahulu memiliki target atau sasaran iklan. Kemudian usahakan sesuai dengan topik (niche) blog anda agar iklan yang ditampilkan menjadi lebih relevan. Berikut adakah cara custom channel adsense:

  • Masuk ke akun adsense anda.
  • Pastikan anda sudah memasang unit iklan yang terhubung dengan blog anda.
  • Selanjutnya klik My Ads Kemudian Pilih Custom Channel/Saluran Khusus.
  • Setelah tampilan custom channel terbuka kemudian tambahkan Saluran Khusus Baru.
  • Lihat Contoh pada gambar di bawah ini:cara membuat custom channel adsense
  1. Berikan Nama Untuk Saluran Khusus.
  2. Pilih Iklan dengan cara klik tambahkan.
  3. Klik centang pada penargetan iklan, maka akan muncul beberapa pilihan.
  4. Isi kategori iklan (iklan muncul di), isi dengan kategori yang ditargetkan. Usahakan sesuai dengan niche blog anda dan gunakan tanda titik koma (;) untuk memisahkan kategori.
  5. Jika anda memilih lebih dari satu unit iklan sebaiknya buat lokasi iklan yang ditampilkan di beberapa lokasi. Jika anda hanya memilih satu unit iklan anda bisa memilih lokasi iklan sesuai posisi iklan yang terdapat pada blog anda.
  6. Selanjutnya buat deskripsi untuk menjelaskan gambaran singkat terkait blog anda.
  7. Kemudian pilih format bahasa sesuai dengan bahasa pada blog anda. Jika isi konten blog anda berbahasa Indonesia maka anda harus memilih bahasa Indonesia.
  8. Setelah semuanya lengkap klik Simpan. Untuk contohnya silahkan lihat gambar di bawah.setting saluran khusus adsense

 

Anda sudah berhasil membuat custom channel adsense, jadi dengan ini akan membuat iklan yang muncul pada blog anda akan lebih tertarget. Untuk penyesuaian iklan biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari, anda hanya tinggal menunggu sampai iklan yang relevan ditampilkan pada blog anda.

 

Jika Sudah Selesai maka saluran khusus akan tertarget seperti gambar di bawah:custom channel google adsense

Membuat saluran khusus (custom channel) adalah cara yang bisa anda tempuh untuk meningkatkan pendapatan adsense. Custom channel juga berguna untuk mendongkrak CPC/BPK adsense serta menghindari akumulasi smart pricing terhadap blog.

3 thoughts on “Membuat Custom Channel Adsense Untuk Menaikan BPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *