Cara Membuat Email Gmail Gratis Plus Contoh Gambar

Email gmail adalah salah satu layanan yang diberikan secara gratis oleh Google untuk para penikmat internet. Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi internet memaksa kita untuk membuat email Gmail karena alasan tertentu. Untuk bisa menjelajahi internet email sangat dibutuhkan sebagai pengenal identitas anda yang sebenarnya.

Misal anda ingin membuat akun facebook, twitter, blog maka anda wajib membuat email Gmail. Bagi saya sendiri email sangatlah penting dan sudah saya anggap sebagai kartu kerja saya. Pasalnya saya menggunakan email untuk bermacam-macam kegiatan, mulai dari aktivitas kerja hingga aktivitas lain seperi blogging, penyimpanan file dan masih banyak lagi.

Untuk membuat email sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan layanan email gratis seperti yahoo, microsoft, google dll. Tapi pada kesempatan kali ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara membuat email gratis google atau biasa disebut email gmail. Oke, langsung saja ke inti pembahasan tulisan ini.

Baca Juga: Ternyata Blog Bisa Dijadikan Bisnis Pelajar

 

Cara Membuat Email Gmail Gratis Plus Contoh Gambar

Sebelum anda mendaftar atau membuat email gmail gratis maka syarat wajib yang perlu anda siapkan adalah nomor telepon aktif. Ini sangat dibutuhkan untuk verifikasi nantinya, nah jika anda sudah memiliki nomor telepon selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah berikut:

 

Kunjungi Situs www.gmail.com , atau anda bisa mengetiknya pada Address Bar.

Maka setelah anda mengunjungi situs gmail, anda akan dihadapkan pada pilihan sepeti gambar di bawah. Selanjutnya klik Create an Account.

Pada kolom pengisian formulir silahkan isi seperti contoh di bawah.

Keterangan:

  • Name First: siahkan isi dengan nama depan anda. Last: silahkan isi dengan nama belakang anda.
  • Choose your username: silahkan anda isi dengan alamat gmail yang anda inginkan dan usahakan usename belum pernah digunakan oleh orang lain. jika tidak bisa, silahkan pilih username yang disarankan oleh Google.
  • Create a Password: silahkan masukan password atau kata sandi, usahakan kekuatan password kuat agar tidak mudah dibajak.
  • Confirm your password: masukan ulang pasword seperti sebelumnya, pastikan benar-benar sama.
  • Birthday: isikan tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda.
  • Gender: pilih jenis kelamin anda.
  • Mobile Phone: Pilih kode negara Indonesia (+62) lalu masukan nomor telepon aktif anda, ini berguna untuk verifikasi keamanan email anda.
  • You Curent Email Address: jika anda sudah memiliki email lain anda bisa mengisinya, tapi jika anda tidak memiliki email lain sebaiknya biarkan kosong.
  • Selanjutnya klik Next Step.

Kemudian anda diminta untuk memberikan pernyataan setuju atau tidak setuju. Untuk melanjutkan proses membuat email gmail silahkan klik I Agree.

Kemudian setelah anda memilih I Agree anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon. Agar lebih mudah anda bisa memilih metode verifikasi dengan SMS. Silahkan klik Text Message (SMS) lalu klik Continue.

Tunggu beberapa saat sampai kode verifikasi dikirimkan ke nomor anda. Setelah anda menerima kode tersebut selanjutnya isikan kode verifikasi yang anda terima pada kotak yang disediakan lalu klik Continue. Biasanya kode tersebut berisikan 6 angka.

 

Nah setelah beberapa langkah di atas anda lewati maka anda sudah berhasil membuat email gmail gratis. Selanjutnya anda bisa masuk dan menggunakan email ini untuk kebutuhan anda. Tapi yang terpenting anda jangan sampai lupa dengan username dan password email anda. Demi keamanan sebaiknya jangan biarkan orang lain memiliki akses untuk masuk ke email anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *