Tips Membuat Konten yang Disukai Mesin Pencari Dan Berkualitas SEO

membuat konten yang disukaiKonten yang menarik di blog adalah kunci utama untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs Anda. Untuk bisa membuat konten yang berkualitas SEO agar mampu bersaing dengan blog lain ternyata tidak semudah kelihatannya. Terkadang sudah susah payah membuat konten yang bagus dan hasilnya masih tetap jelek dan tidak disukai mesin pencari.

Konten yang memenuhi kebutuhan dan dicari oleh banyak orang adalah konten yang menarik dan memiliki kualitas. Namun berkualitas untuk pembaca belum tentu berkualitas bagi mesin pencari, Akibatnya konten yang dibuat tidak muncul di halaman pertama Google.

 

Apa yang Membuat Konten Disukai Mesin Pencari?

Anggap saja anda seolah-olah adalah seorang pengunjung, pastinya anda memiliki situs favorit yang sering anda kunjungi. Kemudian pikirkan apa yang membuatmu sering mengunjungi situs tersebut?. Pasti alasan yang paling masuk akal adalah karena situs tersebut memiliki konten yang menarik, relevan dan selalu update.

Jadi sebelum anda terjun ke SEO anda harus bisa membuat konten yang baik, Konten haruslah:

  • Menarik, kontennya unik yang ditulis dengan baik. Anda bisa membuat konten seseuai keahlian atau bidang anda. Baik itu untuk hiburan, untuk penelitian, untuk berita, dll
  • Untuk menguatkan SEO postingan anda bisa menerapkan SEO On Page dan jangan lupa memberikan link(internal link) yang mengarah ke tulisan lainnya. Internal link akan membantu mesin telusur menyimpulkan informasi penting tentang situs dan akan mendongkrak ranking postingan anda pada mesin pencari.
  • Sajikan konten Evergreen atau konten yang selalu diperbarui. “Evergreen” berarti informasi tersebut tidak akan ketinggalan satu bulan dari sekarang.

Selain itu, jika pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari di blog Anda, bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi ke blog anda. Ketika membuat konten usahakan menjadikannya lebih relevan, misal penambahan internal link dengan kata-kata yang sesuai dan tidak menipu.

 

Cara Membuat Konten yang Disukai Mesin Pencari dan Berkulaitas SEO

Anda harus memahami bahwa pengunjung tidak selalu membaca tulisan sampai selesai. Kebanyakan dari mereka hanya membaca beberapa kata-kata penting yang ada di dalam postingan.

Saat pertama kali saya mulai menulis blog saya lebih mengedepankan tulisan dengan gaya tulisan buku. Kemudian setelah sekian lama saya baru sadar tetrnyata metode tulisan buku tidak terlalu efektif diterapkan di blog.

Faktanya pengunjung lebih menyukai konten yang singkat dan mengandung banyak kata-kata penting. Anda harus tahu bahwa kebiasaan pengunjung hanya membaca konten kurang dari 3 menit, Jadi apakah tulisan panjang bergaya tulisan buku masih efektif untuk digunakan di blog??

 

Tips Membuat Konten Blog yang Patut Anda Coba Terapkan

  • Kata kunci, Jika anda ingin konten yang anda buat disukai mesin pencari maka pemilihan kata kunci sangatlah penting. Anda bisa membaca tulisan saya yang sebelumnya terkait Mencari Kata Kunci Blog Paling Banyak Dicari
  • Judul harus mampu menjelaskan Isi, Bagian paling sulit untuk membuat konten berkualitas adalah pemilihan judul. Selain menarik judul haruslah mengandung kata kunci yang kuat, Hal ini akan sangat berpengaruh pada mesin pencari. Baca lebih lanjut terkait Langkah Membuat Judul Postingan Blog yang Memikat
  • Perhatikan pengguunaan kalimat dan paragraf, Mesin pencari lebih menyukai kalimat yang tidak lebih dari 20 kata dan suka dengan paragraf yang pendek tapi memiliki kepadatan kata kunci. Kemudian susunan paragraf yang tidak terlalu rapat, atau satu paragraf yang hanya berisi 3-5 kalimat.
  • Jangan lupakan pembaca, meskipun anda harus memperhatikan SEO, anda tidak boleh melupakan pembaca. Silahkan baca tullisan SEO Friendly dan Human Friendly.

 

Ini hanyalah sedikit gambaran umum untuk membuat konten blog yang berkualitas. Jika anda membaca tulisan di atas pasti akan terlihat sangat mudah. Tapi perlu anda tahu kalau praktek tidak semudah kelihatanya.

Artikel Terkait

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *