Memilih Nama Domain

Trik Jitu Memilih Nama Domain yang Bagus dan Unik

 

Penting sekali untuk memilih nama domain yang bagus dan berkualitas SEO ketika anda memutuskan untuk membuat blog baru. Nah bagi anda yang ingin serius membangun blog atau website harus benar-benar memperhatikan nama domain yang akan anda gunakan.

Ada banyak sekali daftar nama domain unik yang bagus untuk blog pribadi anda. Jadi dalam hal ini jangan sampai melakukan kesalahan dan usahakan untuk memperhatikan nilai SEO dari nama domain. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan tulisan yang membahas memilih nama domain untuk blog.

 

Sekilas Mengenal Macam-macam Nama Domain

Awalnya domain muncul sebagai pengganti IP supaya lebih mudah diingat. Pada mulanya situs-situs di internet diakses mengguanakan IP, misal: 300.021.39.41.

Nah karena susahnya untuk mengingat nomor IP tersebut maka muncul Nama Domain yang mempermudah pengguna internet.

 

Top Level Domain (TLD)

Adalah nama domain tingkat atas, misal nandatrio.com, memilki nama top level domai .COM . Domain jenis ini sangatlah populer dan mudah diingat serta menjadikan website lebih profesional.

 

Country Code top-level Domains (ccTLD)

Adalah TLD untuk lokal negara tertentu. Secara umum pengelolaaannya diatur oleh masing-masing negara. Meskipun ada beberapa diantaranya yang dapat digunakan layaknya TLD Umum. Contoh ccTLD: .ID .WEB.ID .MY.ID .ORG.ID dll.

 

Sub Domain

Adalah domain turunan dari domain utama. Jika anda membuat blog dengan Blogspot pasti anda akan menjumpai Sub Domain. Contoh: namadomain.blogspot.com.

 

Keuntungan Memakai Nama Domain Unik

Ketika memilih nama domain, aspek yang harus dipertimbangkan adalah keunikan domain itu sendiri. Seperti apa domain yang unik??

Lebih kurang seperti ini:

  • Nama domain tidak memiliki kesamaan dengan situs lain,
  • Nama domain bisa menjadi merk atau brand blog anda,
  • Nama domain dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna situs anda.

 

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus dan Unik

Berikut ini adalah tips memilih nama domain berkualitas dari saya dan bisa anda jadikan sebagai pertimbangan ketika memilih nama doman.

Mudah diingat

Domain yang bagus adalah yang mudah diinggat. Sebagai contoh seperti web berita detik dan kompas yang mudah sekali diingat. Usahakan domain tidak susah dibaca dan jika dibaca langsung diingat.

 

Memilih Ekstensi yang tepat

Percaya atau tidak kalau ternyata ekstensi nama domain mempengaruhi psikologis pengguna internet. Sebagai contoh, di Indonesia ekstensi yang paling populer adalah .COM, .ID, .NET, .ORG. dan apabila dipencarian muncul nama domain yang asing mereka lebih cenderung mengabaikannya.

 

Singkat dan Jelas

Domain sebaiknya tidak lebih dari 15 huruf. Selain itu jangan menggunakan kata-kata yang rumit. Domain yang rumit akan menyulitkan orang lain, dan akan makin susah untuk diingat.

 

Memakai Nama Sendiri

Tips dari saya, jika anda bingung dan tidak menemukan ide nama domain maka anda bisa memakan nama anda sebagai domain. Dalam hal ini anggap saja anda berusaha memperkenalkan diri anda kepada penikmat blog anda.

 

Jangan Memakai Domain Gratisan

Usahakan tidak menggunakan nama domain gratisan dari situs yang tidak terpercaya. Domain gratis sangat rawan dan memiliki resiko terhadap kebijakan google. Jika anda tertarik memakai domain gratis lebih baik memakai blogspot karena lebih aman dan terpercaya.

Baca Juga:

 

Cara Mencari Nama Domain yang Bagus

Untuk mendapatkan nama domain terbaik anda bisa mencari nama domain dengan menggunakan tools online. Fungsi dari tools ini adalah untuk mengetahui apakah domain pilihan anda tersedia atau tidak.

Selain itu anda dapat mengetahui apakah nama domain pilihan anda memiliki kesamaan dengan situs lain atau tidak.

Berikut Cara Mencari Nama Domain yang Bagus:

  • Pertama kunjungi situs https://www.cekdomain.net/
  • Lalu masukan nama domain pilihan anda , kemudian klik “Cari”.Contoh domain yg banyak digunakan
  • Usahakan untuk memilih nama domain yang jarang digunakan.

Lupakan doman yang menargetkan kata kunci, misal: cara membuat, cara bisnis, dll. Domain kata kunci akan memiliki tingkat persaingan yang sulit, maka anda bisa memilih domain yang memfokuskan pada merk anda, seperti domain blog ini.

 

Akhir Kata Penulis

Penjelasan di atas bisa anda jadikan sebagai pertimbangan ketika memilih nama domain blog. Jadi intinya jangan asal-asalan memutuskan, penting untuk mencari ide nama domain dan melakukan analisis sebelum anda memutuskan membeli domain.

Demikianlah artikel Trik Jitu Memilih Nama Domain yang Bagus dan Unik saya buat, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna. Jika anda yang ingin ditanyakan anda bisa menuliskan pada kotak komentar di bawah postingan ini.

(Visited 86 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *