Warning Banned,Tips Mudah Mendeteksi Invalid Click Adsense

Mendeteksi Invalid Click Adsense

Tips Mudah Mendeteksi Invalid Click Adsense – Jika Anda telah lama menggeluti aktivitas blogging tentu sudah tidak asing lagi dengan Google Adsense. Ya, pihak adsense tersebut adalah mitra kerjasama yang bertugas untuk mendukung serta memonitoring aktivitas blogging Anda. Oleh karena itu, pelanggaran sekecil apapun yang Anda lakukan pasti akan terdekteksi oleh pihak Google Adsense. Terlebih lagi, jika tindakan ilegal Anda ini berorientasi untuk memperoleh profit, maka pihak Google pun tidak segan memberi sanksi.

Salah satu aktivitas blogging yang dianggap ilegal adalah invalid click adsense atau klik yang tidak valid. Sanksi yang diberikan oleh publisher terhadap aktivitas ini pun tidak main-main, dimana mereka akan mengirim email notifikasi. Jika Anda menerima email pemberitahuan ini, maka tandanya pihak Google selaku publisher telah memutuskan hubungan kerjasama. Mengapa terkesan sepihak? Lantas, apa sebenarnya definisi dari klik yang tidak valid?

Pahami juga Masalah:

 

Apa itu Invalid Click Adsense?

Intinya, klik yang tidak valid dimaknai sebagai aktivitas klik ilegal dan tidak sah pada halaman blog Anda. Jenis klik ini jelas tidak diakui oleh pihak karena dianggap sebagai suatu tindakan yang curang. Pihak Google berhak untuk memberikan sanksi kepada blog yang terindikasi melakukan klik tidak valid berupa teguran maupun banned.

Nah, dalam memberikan sanksi kepada blog tertentu, Google selaku publisher tentu memiliki kriteria sebagai bahan pertimbangan. Kriteria inilah yang nantinya akan digunakan untuk menilai apakah blog tersebut melakukan kecurangan atau tidak. Agar Anda dapat mendeteksi problem ini secara dini, maka sebaiknya diketahui terlebih dahulu ciri-ciri klik yang tidak valid.

 

Barikut adalah Ciri-ciri akun adsense yang mengalami masalah invalid click

1. Persentase Rata-rata klik dan tayangan di atas 10%

Apabila jumlah rata-rata klik (click through rate) dan tayangan (pageviews) berada di angka lebih dari 10%, maka ini adalah alarm untuk Anda. Ya, jumlah CTR maupun PV sama dengan atau di atas 10% jelas merupakan sesuatu yang tidak lazim menurut Google. Jadi, agar Anda dapat menghindari potensi terkena banned, lakukanlah prediksi dengan menghitung CTR serta PV menggunakan rumus ini.

CTR/PV = jumlah klik/jumlah tayangan = …… %

Baca tulisan: RKT Laman Adsense Di Atas 10% Kemungkinan Banned 90%Ciri-ciri invalid click adsense

 

2. Earning mendadak naik, kemudian turun drastis

Earning diartikan sebagai pendapatan yang akan diterima oleh pengelola blog melalui aktivitas blogging dengan fitur Google Adsense. Anda bisa menemukan ciri-ciri klik tidak valid dengan melihat jumlah pendapatan yang diterima. Sederhananya seperti ini, Anda awalnya mendapatkan komisi atas klik adsense sebesar 2 $ tetapi tiba-tiba turun secara signifikan ke angka 0,5 $. Kondisi ini membuat Google menilai bahwa Anda telah melakukan invalid click adsense secara sengaja. Akibatnya, sanksi berupa banned dari pengelola pun siap menghampiri blog Anda.

 

3. Mendapatkan banyak klik, tetapi pageviews sangat sedikit

Anda harus menggunakan fitur Tools Blogger semisal Google Analytics untuk memperoleh data jumlah klik dan pagewiews. Maksud dari point ketiga ini adalah blog Anda mendapatkan banyak klik (umumnya dari satu wilayah) tetapi kenyataannya pageviews sangat sedikit. Kondisi ini jelas janggal karena logikanya semakin banyak klik berbanding lurus dengan jumlah pageviews. Oleh karena itu, pihak Google menganggap kondisi di atas sebagai kecurangan dan tidak segan memberi sanksi banned.

Baca : Menghubungkan Adsense Dengan Google Analytic

 

Cara Mencegah Terjadinya Invalid Click Adsense

Untuk keamanan akun adsense anda, ada beberapa cara yang perlu anda lakukan untuk mencegah terjadinya invalid click yang kemungkinan berdampak banned. Sebagai penayang iklan adsense lebih baik untuk bermain aman dan jujur.

Hindari Kecurangan

Ada berbagai macam kecurangan yang sering dilakukan oleh penayang iklan, seperti klik iklan sendiri, menyuruh orang, dan sebagainya. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, jika anda ingin mendapatkan banyak penghasilan tidak ada salahnya jujur dan tingkatkan pengunjung blog anda.

 

Perhatikan Penempatan Iklan

Invalid click adsense tidak hanya terjadi akibat kecurangan, namun ada kalanya hal ini terjadi akibat unsur ketidaksengajaan. Maka dari itu, agar tidak terjadi hal yang demikian sebaiknya anda perhatikan penempatan iklan pada blog anda. Kemudian usahakan posisi iklan jangan sampai mengganggu kenyamanan pengunjung.

 

Filter Iklan yang Tidak Sesuai

Pihak adsense memberikan kebebasan untuk memfilter iklan. Jadi anda bisa mencekal/memblokir iklan yang tidak sesuai dengan blog anda. Iklan yang tidak relevan hanya akan menyebabkan terjadinya invalid click karena pengunjung yang melakukan klik iklan akan langsung meninggalkan iklan karena tidak relevan.

 

Nah itulah sedikit tips dari saya mengenai bagaimana mendeteksi invalid click adsense dan cara mencegah akun adsense dari banned. Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan manfaat untuk rekan-rekan blogger sekalian.

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

One thought on “Warning Banned,Tips Mudah Mendeteksi Invalid Click Adsense

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *