Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Postingan

Contoh Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Postingan

Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel PostinganMungkin masih banyak yang masih bingung mengenai bagaimana cara menempatkan kata kunci (keyword) pada artikel postingan yang baik dan benar.

kata kunci sangatlah dibutuhkan untuk memenangkan persaingan pada mesin pencari.

Kenapa kita perlu meletakan kata kunci pada postingan?

Tujuannya adalah tidak lain agar tulisan yang dibuat bisa muncul di halaman pertama google.,,
,,..dengan begitu postingan yang dibuat akan memberikan lalu lintas yang baik bagi blog anda.

 

Semakin banyak pengunjung maka blog akan semakin populer!

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu sumber lalu lintas terbesar bagi blog adalah mesin pencari. Untuk itu anda perlu sedikit melakukan optimasi SEO terhadap artikel yang anda buat.

Saya akan sedikit menyinggung beberapa postingan yang membahas “cara menempatkan kata kunci pada artikel postingan” .,, dan kebanyakan hanya membahas secara umum tanpa adanya contoh.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan cara meletakan kata kunci di dalam artikel beserta contoh.
Sesuai dengan teknik optimasi on page setidaknya kata kunci harus di masukan ke dalam 7 bagian penting dalam postingan. Jika artikel yang anda buat masih berada di halaman 2, 3, 4 dan seterusnya, mungkin anda kurang menerapkan teknik ini.

 

Contoh Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Postingan

Bagian-bagian posting yang wajib diberikan kata kunci (keyword) yaitu:

  1. Judul posting,
  2. Url/Permalink,
  3. Isi posting,
  4. Tag heading,
  5. Gambar,
  6. Meta deskripsi dan
  7. Link aktif pada postingan.

Lihat : Membuat Sub Judul Arikel Berkualitas SEO (H1,H2, H3,H4…)

#1 Menempatkan Kata Kunci Pada Judul Postingan

Salah satu cara terbaik untuk memasukkan kata kunci ke dalam posting blog Anda adalah dengan menempatkannya pada judul posting blog.

Tapi ingat,, anda tidak perlu menjaring banyak kata kunci yang justru membuat judul memiliki kesan berlebihan. Intinya kata kunci pada judul semakin ke kiri semakin baik, utamakan memasukannya di awal judul.

Jangan buat judul yang membohongi pengunjung, kadang ada yang membuat judul artikel yang terlalu mengumbar janji., ehh pas dibuka ternyata isinya tidak sesuai. Jadi “STOP MEMBOHONGI”.

Sebagai Contoh:

Anggap saja anda akan membuat artikel tentang SEO yang menggunakan fokus kata kunci “Cara Optimasi SEO”.

  • Cara Optimasi SEO On Page Paling Mudah Dilakukan
  • Cara Optimasi SEO On Page Mudah dan Berkualitas 2018

Nah, itu adalah contoh penempatan kata kunci pada judul postingan dimana fokus kata kunci digabungkan dengan kata kunci turunan (long tail keyword).

 

Kemudian untuk judul postingan ini.,,

“Contoh Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Postingan”.

Saya menargetkan judul di atas dengan lebih banyak keyword,

  • Menempatkan kata kunci (focus keyword)
  • Keyword (Pendukung)
  • Artikel (Pendukung)
  • Posting (Pendukung)
  • Contoh (Pendukung)

Saya berusaha menjaring pembaca dari beberapa kata kunci di atas.

Meskipun begitu, pastikan bahwa judul yang anda buat benar-benar relevan. Jangan sampai hanya karena ingin menargetkan banyak kata kunci justru membuat judul yang tidak enak dibaca.

Baca:

 

#2 Menempatkan Kata Kunci Pada Url Postingan

Setelah kata kunci ditempatkan pada judul, selanjutnya jangan lupa menempatkannya juga pada url atau alamat postingan. Memang pada dasarnya url posting akan secara otomatis disesuaikan dengan judul postingan. Tapi anda bisa mengambil tindakan manual jika dirasa url tidak singkron dengan judul.

Pastikan anda meletakan kata kunci yang sama pada url posting. Mungkin masih banyak yang bingung menenai masalah ini dan kebanyakan blogger yang belum tahu lebih memilih menggunakan url otomatis (recommended url).

Contoh:

Saya masih akan menggunakan contoh dengen url postingan ini..

https://nandatrio.com/menempatkan-kata-kunci-pada-artikel

url yang saya buat sangat berbeda dengan judul, ini karena saya membuatnya secara manual. Intinya adalah mengguanakan url mengandung kata kunci, jadi dengan menyelaraskan url dengan judul akan memberikan peluang untuk postingan yang dibuat bisa masuk halaman pertama untuk kata kunci yang ditargetkan.

 

#3 Menempatkan Kata Kunci Pada Isi Postingan

Isi postingan adalah bagian yang tidak kalah penting dan wajib dimasukan kata kunci. Tujuannya agar artikel lebih mudah dirayapi oleh mesin pencari. Menempatkan kata kunci (keyword) pada postingan memang gampang-gampang susah. Ini karena anda harus bisa menyelaraskan kata-kata yang diberikan kata kunci agar menjadi nyambung. Berikut adalah bagian posting yang wajib diberi kata kunci:

  • Menempatkan Kata Kunci Pada Paragraf Awal Postingan

200 karakter di paragraf pertama adalah posisi paling bagus untuk menempatkan kata kunci, ini sudah banyak diuji oleh beberapa pakar SEO di Dunia. Jadi anda hanya perlu menempatkan focus keyword anda dengan sedikit tambahan embel-embel long tail keywords.

Untuk mampu bersaing dan mengalahkan website yang populer anda perlu memakai strategi “kata kunci ekor panjang”. Jika anda tidak melakukan strategi ini sudah pasti artikel yang susah paya anda buat hanya akan menjadi sampah di halaman dua dan seterusnya.

  • Membagi Kata kunci pada seluruh posting (menyebarkan)

Saya bilang ini adalah menyebarkan keyword ke seluruh tubuh artikel. Caranya cukup mudah, anda bisa menyelipkan kata kunci pada setiap paragraf dengan volume 1 keyword per paragraf. Tapi anda juga harus hati-hati dan jangan sampai terlalu banyak mengulang kata kunci yang anda bidik.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka anda perlu memahami keyword density atau yang diartikan dengan jumlah kepadatan kata kunci di dalam postingan. Ruud Hein (seoarang blogger profesional) menjelaskan KD (keyword density) yang sehat adalah 0,5% sampai 2%.

Perhitungan mudahnya begini..,,

Misal anda membuat postingan dengan jumlah 100 kata dan anda memasukan kata kunci satu kali, maka keyword density pada postingan anda adalah 1%. Nah jadi anda bisa memperkirakan berapa jumlah keyword yang diulang, dengan kelipatan dari 100.

  • Menempatkan Kata Kunci Pada Akhir Postingan

Bagian akhir artikel biasanya akan berisi sebuah kesimpulan dan penutup. Anda perlu menambahkan kata kunci di akhir postingan, lebih bagus bila disertai dengan link aktif (anchor text/internal link).

Gunakan kombinasi kata yang baik dan tidak terkesan Spam, nah jika anda takut terlalu banyak pengulangan anda bisa menggunakan persamaan keyword yang anda bidik.

Contoh:

Anda membidik kata kunci “Menempatkan keyword pada postingan”

Maka anda bisa memakai persamaan yang memiliki arti mirip seperti, memposisikan, memasukan, menyisipkan keyword,,.. dan sebagainya.

 

#4 Menempatkan Kata Kunci Pada Tag Heading

Banyak sekali yang melewatkan bagian ini, padahal dengan memasukan kata kunci pada tag heading akan membuat postingan jadi lebih SEO. Tak Heading adalah beberapa judul yang terdapat pada postingan yang terdiri dari H1 sampai H6.

  • H1 = Judul Posting
  • H2 = Sub Judul
  • H3 =Minor Judul
  • Sampai H6.

,, untuk H1 adalah judul postingan, jadi anda tidak perlu menambahkan H1, jadi anda bisa mulai dengan H2 dan seterusnya.
Masih Belum Paham?? Baiklah saya akan memberikan sedikit contoh.contoh tag heading postinganContoh di atas adalah bentuk kerangka tag heading, memang sama dengan yang ada pada buku pelajaran. Jadi sebelum membuat postingan sebaiknya anda coba membuat kerangka judul seperti di atas, atau bisa dibilang sebagai peta konsep.

 

#5 Menempatkan Kata Kunci Pada Gambar

Sebelumnya saya sudah membagikan tulisan mengenai “bagaimana cara optimasi gambar”, jadi kali ini saya tidak akan membahas lebih dalam. Singkatnya menempatkan kata kunci pada gambar agar lebih SEO bisa anda sisipkan pada nama gambar, judul dan alt tag gambar.

Sebelum mengupload gambar sebaiknya terlebih dahulu merubah nama gambar dengan kata kunci yang anda bidik.
Selanjutnya setelah gambar dimasukan pada postingan jangan lupa meletakan keyword yang anda bidik pada bagian judul dan alt tag gambar.

 

#6 Menempatkan Kata Kunci Pada Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah tulisan singkat yang menjelaskan isi postingan secara singkat, ini sangat penting untuk diisi. Kata-kata singkat ini akan muncul di bawah judul postingan ketika postingan yang anda buat muncul di mesin pencari.

Sebagai contoh silahkan lihat gambar di bawah:contoh meta deskipsi

Itu adalah contoh meta deskripsi, jadi anda wajib memasukan kata kunci yang anda bidik ke dalamnya. Semakin tepat anda memposisikan keyword maka akan semakin besar peluang postingan anda bisa berada di halaman pertama search engine.

Gunakan maksimal 156 karakter huruf untuk mengisi meta deskripsi dan jangan sampai ada pengulangan kata, apalagi pengulangan kata kunci. Kemudian buat penjelasan yang memiliki kesan mengundang pengunjung untuk mengklik judul postingan saat mereka browsing di search engine.

 

#7 Menempatkan Kata Kunci Pada Link Aktif Postingan

Selanjutnya gunakan link aktif pada postingan yang anda buat, ini berguna untuk menjadikan artikel anda lebih SEO. Gunakan beberapa link aktif yang mengarah ke postingan anda yang lainnya dan link aktif yang mengarah ke situs lain. tapi ingat, jika anda memakai link yang mengarah ke situs lain usahakan untuk merekomendasikan situs yang relevan.

Kemudian untuk link yang diberikan kata kunci anda bisa mengarahkannya ke halaman yang serupa. Sebagai contoh, saya memberikan link aktif pada postingan ini “Menempatkan Kata Kunci”.,, dan kemudian setelah diklik akan mengarahkan pengunjung ke halaman ini lagi.

Yah memang hanya akan membuat pengunjung muter-muter, tapi ini sangat bagus untuk SEO. Alasanya karena link aktif (internal link) akan memudahkan robot search engine memahami kata kunci yang dibidik di dalam artikel (postingan).

 

Nah itulah tujuh elemen penting postingan yang perlu anda berikan kata kunci, ini adalah salah satu teknik SEO on Page yang berguna supaya artikel yang dibuat mampu bersaing.

Kemudian agar anda bisa menempatkan kata kunci pada postingan dengan baik, anda perlu mempelajari teknik riset keyword. Selanjutnya pahami juga tingkat kesulitan keyword yang anda gunakan. Jadi apabila anda sudah paham dengan pemilihan keyword yang sesuai, pasti proses pembuatan postingan blog akan jauh lebih mudah. Kemudian dengan teknik menempatkan kata kunci di atas akan membawa postingan anda menuju halaman pertama (page one).

(Visited 763 times, 4 visits today)

9 thoughts on “Contoh Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Postingan

  1. Terima kasih kawan,
    Saya baca artikel anda, sangat bermanfaat buat saya karena ini saya belajar internet marketing, jadi saya banyak membutuhkan bantuan masalah SEO.
    Yang jelas saya banyak belajar dari artikel anda, walaupun belum sempurna. Saya juga harus belajar agar artikel bisa di halaman 1 google (kalau bisa nomor 1 ) di halaman google.

    Terima kasih

    Salam,
    Parmanto

  2. sangat membantu , cuman ada yg ingin saya tanyakan, biasanya orang sblum membuat artikel kan dia cari keyword dulu ya mana yg banyak di cari, nah pertanyaanya, ketika kita sudah dapet keyword tersebut, keyword tersebut itu di taro dimana gan? kita taro di artikel kita lalu di rangkai dengan kalimat di artikel kita, apa bagaimana ya? makasih

    1. iya gan,, kata kunci dirangkai dengan kalimat yang ada di dalam artikel.
      gunakan juga LSI Keyword (kata kunci yang berkaita), nah kalau penempatan kata kuncinya sudah bagus (baik kepadatan dan penyebaranya), mudah-mudahan ranking artikel agan bisa naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *