Mengatasi Ayam Aduan Lemah Mental

Cara Terampuh Mengatasi Ayam Aduan Lemah Mental

Permasalahan mental ayam aduan yang lemah sehingga belum berani bertarung memang kerap kali terjadi. Apalagi untuk ayam muda, terkadang pemberian obat dan latihan sudah dilakukan tapi tetap saja tidak berhasil.

Seperti yang kita tahu bahwa ayam aduan harus memiliki mental juara agar bisa memenangkan pertarungan di arena. Ayam harus berani mati demi memperjuangkan kemenangan, jadi sebagai seorang peternak kita hendaknya tahu penyebab ayam aduan lemah mental.

Idealnya mental pada ayam muda akan muncul saat ayam berusia delapan bulan lebih,

yakni saat fase ayam lancuran hingga menjadi dewasa. Tapi nyatanya ada beberapa kasus yang berbeda, bahkan hingga ayam memasuki usia dewasa tak kunjung berani bertarung.

 

Penyebab Ayam Aduan Lemah Mental

Para peternak wajib tahu, pada dasarnya ada beberapa penyebab kenapa mental ayam aduan begitu lemah, yaitu:

  • Ayam aduan yang tidak punya keberanian dipengaruhi oleh faktor keturunan,
  • Kemudian bisa disebabkan karena kondisi lingkungan sekitar kandang yang tidak nyaman,
  • Sejak kecil sering dikejar-kejar ayam dewasa sehingga trauma,
  • Akibat diganggu hewan lain seperti anjing dan musang,
  • Ketika kecil ayam pernah mengalami cedera.

 

Berikut Cara Mengatasi Ayam Aduan Lemah Mental Sehingga Belum Berani Bertarung

Sebagian besar botoh tentu akan kecewa bila ayam kesayangan mereka tidak memiliki mental. Proses merawat ayam yang memakan waktu lama akhirnya sia-sia, maka dari itu di bawah ini adalah beberapa solusi yang dapat anda terapkan:

1. Dipisahkan Dari Ayam Lainnya

Alternatif terbaik untuk mengatasi mental ayam muda yang belum berani bertarung ialah dengan dipisahkan. Dengan cara ini pelan-pelan keberanian ayam akan muncul dan cepat terbentuk.

Kemudian pemisahan ini juga bertujuan untuk menjauhkan ayam yang lemah mental dari gangguan ayam yang ganas dan agresif. Apabila ayam dibiarkan berada dalam kandang yang sama, bukan tidak mungkin ayam yang lemah akan ditindas.

Hal ini tentu akan berdampak pada mental ayam, bisa jadi keberanian ayam benar-benar tidak ada.

 

2. Kandang Pribadi

Alasan kenapa para peternak lebih suka membuat kandang ayam bangkok dengan desain per ekor ialah supaya ayam tidak mengalami gangguan mental. Sifat alami ayam bangkok bila dicampur akan terus bertarung, terutama untuk ayam jantan.

Jadi ayam yang mentalnya sudah sangat rusak sebaik dimasukkan ke kandang pribadi untuk proses pemulihan. Ayam yang lemah mental bisa ditempatkan pada kandang yang tertutup dan jauh dari ayam lainnya. Kemudian lebih baik bila tidak terdengar suara berkokok ayam jago lain.

Biasanya dalam hitungan hari keberanian ayam akan terlihat. Ayam yang awalnya tidak berani berkokok akan mulai berkokok.

 

3. Biarkan Bersama Ayam Betina

Salah satu cara yang terbukti ampuh untuk mengembalikan mental ayam aduan adalah dengan dibiarkan bersama ayam betina dan anak ayam.

Selain tidak mendapat gangguan dari jago lain ayam akan merasa menjadi penguasa sehingga ayam akan menunjukkan naluri pejantan.

 

4. Berikan Jamu

Jamu bermanfaat untuk menguatkan mental ayam aduan agar jadi lebih agresif. Selain itu jamu dapat menjadi tambahan nutrisi yang berguna untuk meningkatkan kualitas ayam bangkok.

Terdapat berbagai jenis jamu ayam bangkok aduan yang bisa anda diberikan, misal jamu penambah mental, penguat nafas dan jamu lainnya. Biasanya ramuan ini dibuat dari penggabungan berbagai bahan tradisional seperti kunyit, jahe, madu, gula merah dan bahan lainnya.

Penggunaan jamu bagi ayam aduan sudah menjadi kebiasaan botoh zaman dahulu. Hingga sekarang cara ini masih tetap dilakukan.

 

5. Pakan Binatang Hidup

Bukan rahasia lagi bila binatang hidup dapat menyembuhkan ayam aduan yang lemah mental. Selain itu juga sebagai penambah gizi untuk ayam bangkok.

Seperti yang kita tahu bahwa ayam aduan membutuhkan makanan dan vitamin tambahan supaya jadi ayam berkelas. Binatang hidup yang dapat diberikan pada ayam diantaranya anak tikus, jangkrik, cacing dan lain sebagainya.

Mental ayam aduan yang lemah harus segera diobati agar cepat berani bertarung. Apabila dibiarkan bisa-bisa ayam akan selamanya tidak mempunyai keberanian.

Baca Juga:

 

Mental menjadi kunci kemenangan ayam bangkok saat di dalam arena. Tidak jarang saat pertarungan ayam kalah dan lari akibat kurangnya keberanian. Semua penghobi ayam laga tentu ingin memiliki ayam yang gagah dan tahan mati.

 

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *