physical memory usage cpanel

Mengatasi Physical Memory (CPU) Cpanel yang Penuh

Physical memory usage atau RAM hosting sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kecepatan hosting yang kita gunakan. Bagi pengguna wordpress self hosted masalah physical memory usage pada Cpanel yang penuh akan berdampak buruk terhadap blog/website. Biasanya RAM hosting yang tidak memiliki ruang cukup akan mendadak down dan loading website menjadi lambat, bahkan sampai tidak dapat diakses.

Penyebab utama Physical Memory (RAM) Cpanel penuh yaitu akibat kualitas hosting yang digunakan memiliki RAM yang kecil. Kemudian apabila tingkat penggunaan resource pada hosting terlalu berlebihan maka sudah jelas RAM akan penuh.

Contoh mudahnya kita bisa mengistilahkan khasus ini dengan penggunaan smartphone, “bagaimana jika smartphone dengan RAM yang terbatas kemudian di isi dengan berbagai macam aplikasi? Maka sudah jelas HP akan menjadi lemot dan bisa saja rusak”. Jadi sama saja dengan penggunaan hosting.

 

Tips Memilih Hosting Agar Tidak Rugi

Ketika anda ingin mulai membangun blog dengan wordpress self hosted maka anda perlu menyewa layanan hosting. Dalam hal ini pastikan bahwa anda menggunakan layanan yang baik dengan harga yang terjangkau. Berikut tips memilih hosting agar tidak rugi:

  • Lihat popularitas penyedia layanan hosting, jadi semakin banyak yang menggunakan maka sudah pasti support dan kualitas hostingnya bagus.
  • Perhatikan spesifikasi hosting agar website dapat diakses tanpa mengalami kendala seperti server down, error dan permasalahan lainnya.
  • Pilih Server hosting yang memberikan performa terbaik, sudah banyak sekali situs penyedia layanan hosting di Indonesia yang menawarkan lokasi server dari luar negeri.
  • Pilih hosting yang memberikan pelayanan terbaik, dalam hal ini jika terjadi masalah dengan hosting anda dapat langsung menghubung CS.

Mengatasi Physical Memory (CPU) Cpanel yang Penuh

Nah kembali lagi ke topik utama, yaitu cara mengatasi physical memory cpanel yang penuh. Oke langsung saja:

  • Pertama kurangi resource pemakain pada hosting dengan mengurangi jumlah plugin yang digunakan. Hapus plugin yang tidak diperlukan, penggunaan terlalu banyak plugin pada hosting dengan tingkat RAM yang kecil dapat memperlambat kinerja blog.
  • Sesuai dengan pengalaman penulis, ada beberapa plugin yang tidak konfitable dengan versi wordpress terbaru sehingga memberikan beban yang berat pada physical memory.
  • Lalu bersihkan file yang tidak terpakai pada cpanel, anda bisa menghapus data-data yang tidak dibutuhkan agar hosting tidak berat.
  • Selanjutnya lakukan optimasi pada database. Anda bisa memakai plugin WP-Optimize. Plugin ini juga berfungsi membersihkan file cache pada wordpress.

 

Nah itulah cara mengatasi physical memory usage yang penuh pada cpanel hosting. Saya sarankan agar anda tidak mengalami hal yang demikian, sebaiknya gunakan layanan hosting dengan spesifikasi bagus, mulai dari disc space, brandwich, physical memory usage, Inodes, dan lain-lain.

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *