Cara Mengganti Template Blog Hasil Download

Ketahui Cara Mengganti Template Blog Hasil Download

Cara Mengganti Template Blog Hasil Download

Template blog menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dengan tujuan membuat tampilan blog anda lebih menarik. Blog adalah singkatan dari web log, aplikasi web berbentuk tulisan (Posting) yang dimuat di suatu halaman web. Blog banyak digunakan sebagai platform berbagai pengalaman hingga bisnis saat ini. Maka dari itu, untuk menarik perhatian pengguna internet, tampilan blog menjadi salah satu hal yang diperhatikan.

Rekomendasi Artikel:

Salah satu hal yang menentukan menarik atau tidaknya penampilan sebuah blog adalah melalui template blog. Template adalah sekumpulan kode program yang dapat mengatur penampilan atau design halaman blog dan digunakan sebagai tema. Template biasanya sudah disediakan pada situs pembuatan blog sendiri. Namun dikarenakan perkembangan zaman yang menilai bahwa template-template pada situs pembuatan blog tidak cukup memikat, banyak dibuat template blog lain yang dapat anda temukan di platform selain situs pembuatan blogger dan didapatkan dengam cara mengunduh (download) melalui internet.

Template blog yang terpisah ini membuat pengelola blog banyak yang merasa kebingungan bagaimana cara untuk menerapkan template pada blog mereka. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti template blog hasil mengunduh (download).

 

Langkah Mengganti Template Blog Hasil Download

  • Unduh template blog yang telah menjadi pilihan anda secara penuh
  • Masuk ke laman blogger.com dan klik pada tulisan “Tema” yang terletak di bagian kiri laman blogger.com
  • Langkah ini tidak wajib, namun disarankan akan melakukan backup kepada tema anda saat ini. Agar jika tema yang telah anda download ternyata tidak cocok, anda dapat kembali ke tema anda. Caranya adalah klik pada bagian kanan atas pada tulisan “backup / pulihkan”
  • Setelah muncul tampilan baru, klik pada tulisan “Unduh Tema”. Anda dapat mengunduh tema anda yang sebelumnya.
  • Jangan keluar pada tampilan ini! Karena pada tampilan ini juga anda dapat mengganti template anda.
  • Cari dan klik pada kata ‘pilih file’. Anda dapat melihat ini terletak di bawah kalimat “Upload tema dari file di hardware anda.”
  • Setelah itu anda akan dibawa pada jendela untuk memilih file pada komputer. Pergi ke folder tempat anda menyimpan tema yang anda inginkan. Jangan lupa di ekstrak jika masih berbentuk zip.
  • Klik tema yang anda ingin (dalam file xml) lalu klik open. Tunggu tema yang anda inginkan terunggah pada laman blogger.com
  • Klik pada tulisan “Upload”. Secara otomatis tampilan tersebut tertutup dan akan menampilkan kembali laman pengubah tema awal.
  • Anda akan dapat melihat preview tema yang telah anda terapkan pada kotak kecil di tengah halaman. Di bawah tulisan “Langsung di Blog”
  • Jika anda ingin melihat langsung tampilan blog anda, dapat mengklik pada kata “Lihat Blog”.
(Visited 243 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *