mengobati ayam bangkok aduan pucat

Cara Mengobati Ayam Aduan Pucat Agar Kembali Sehat

Ayam aduan pucat dan tidak bergairah memang kerap menjadi masalah bagi para pecinta ayam laga. Makanya harus tahu gejala, dan bagaimana cara mengatasinya. Memelihara Ayam bangkok aduan memang sudah menjadi satu hobi bagi sebagian masyarakat indonesia. Bahkan bila dilihat dari sejarah ayam laga di negeri ini telah ada sejak dulu.

Merawat dan melatih ayam hingga menjadi juara di arena termasuk hobi yang unik. Bahkan budidaya ayam bangkok aduan bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Pasti ayam bangkok yang berkualitas harganya akan begitu mahal.

Namun, dalam merawat ayam terdapat beberapa tantangan seperti serangan wabah penyakit. Ayam yang sakit pasti memiliki gejala yang dapat dilihat, misal seperti ayam jadi pucat dan nafsu makan menurun.

 

Gejala Ayam Bangkok Aduan Pucat

Pada dasarnya ayam bangkok terlihat pucat merupakan gejala awal dari penyakit. Maka dari itu harus segera ditangani sebelum muncul gejala penyakit lain.

Beberapa penyakit yang bisa dan umum menyerang ayam diantaranya yaitu cacingan, sakit kuning, tembolok, ngorok serta masih banyak lagi. Tentu saja ayam yang sakit berpengaruh terhadap fisik dan mental sehingga menurunkan performa ayam aduan.

Intinya ayam aduan yang pucat menunjukkan awal dari serangan penyakit atau ayam mulai tidak sehat. Oleh sebab itu sebagai seorang peternak kita harus segera mengambil tindakan.

 

Tips Mengatasi Ayam Bangkok Pucat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala penyakit yang akan timbul. Bagian paling penting yaitu memperhatikan pola perawatan ayam, apakah sudah sesuai atau belum. Berikut ini langkah supaya ayam jadi lebih sehat:

Berikan makanan bergizi

Biasanya ayam aduan pucat akibat kekurangan gizi, maka dari itu pemberian makanan yang bermutu harus rutin dilakukan. Pakan ayam bangkok tidak hanya jagung, jadi anda bisa memberikan pakan tambahan seperti buah dan sayur, daging kambing, bekicot dan makanan lainnya. Tujuannya ialah untuk memenuhi kebutuhan gizi pada ayam.

Berikan jamu tradisional

Pemberian jamu kepada ayam sudah dilakukan sejak zaman dahulu, dan dipercaya dapat membangkitkan kekuatan ayam aduan. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat jamu diantaranya:

  • Jahe
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Gula Merah
  • Madu
  • Telur

Pemberian jamu, Setelah beberapa bahan dicampurkan dan dibuat ramuan, maka bisa diberikan setiap hari sesuai dengan dosis. Peran dari jamu ini sangat efektif menjaga kesehatan ayam dan mencegah ayam terserang penyakit.

Mengurangi aktivitas ayam

Ketika ayam aduan terlihat pucat dan tidak bergairah maka sebaiknya mengurangi aktivitas pada ayam. Mulai dari menghentikan latihan, menjemur, latihan tanding hingga jangan membawanya ke arena gelanggang. Jika tidak kemungkinan terburuk dapat menyebabkan ayam cedera otot atau turun mental.

Baca: Cara Efektif Menghilangkan Bau Kotoran Pada Ayam

Nah itulah pembahasan mengenai gejala dan penyebab ayam bangkok aduan pucat serta cara mengatasinya. Sebagai pecinta ayam laga kita hendaklah lebih jeli terhadap kondisi ayam kesayangan kita. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *