Mengungkap Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Jago Bangkok

Tentu kita semua tahu bahwa daun sirih mempunyai segudang manfaat untuk ayam jago bangkok. Daun sirih adalah tanaman merambat, di Indonesia tanaman ini merupakan tumbuhan herbal yang begitu berkhasiat.

Masyarakat kita terutama orang-orang dahulu menggunakan daun sirih untuk “nyirih” yang berguna untuk menguatkan gigi. Tidak hanya itu saja, daun sirih kerap di gunakan pada berbagai acara ritual dan sebagai bahan pengobatan tradisonal.

Pemberian daun sirih bagi ayam bangkok aduan bukanlah sesuatu yang baru. Akan tetapi sebagian botoh masih banyak yang belum tahu apa saja yang sebenarnya terkandung di dalam daun sirih serta manfaatnya untuk ayam. Bila dibandingkan dengan obat kimia, rasanya pemberian obat alami akan jauh lebih aman terhadap ayam bangkok.

Berikut ini manfaat daun sirih untuk ayam aduan guna meningkatkan kualitasnya

1. Sebagai Obat Antibiotik

Daun sirih bis dijadikan alternatif pengganti antiseptik dan antibiotik. Ketika ayam bangkok selesai berlaga tentu akan menderita luka, baik itu luka ringan maupun luka berat. Rebusan air daun sirih bermanfaat untuk obat antiseptik dan antibiotik alami. Dengan begitu akan menghilangkan kuman pada ayam sehingga cepat sembuh.

2. Sebagai jamu tradisional

Jamu merupakan kebutuhan penting untuk meningkatkan mutu ayam jago bangkok. Bukan rahasia lagi bila semua botoh memiliki resep jamu andalan untuk ayam bangkok kesayangan mereka. Salah satu bahan yang berguna untuk bahan pembuatan jamu ayam aduan adalah daun sirih, yakni dapat diberikan sebagai pakan atau minum ayam.

3. Obat Penyakit Ngorok yang Ampuh

Penyakit ngorok merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang mengganggu sistem pernapasan ayam. Rebusan air daun sirih dapat dimanfaatkan untuk air minum ayam bangkok yang sakit ngorok. Dengan begitu akan membunuh bakteri penyebab penyakit pada ayam.

4. Menyehatkan Pencernaan

Permasalahan pencernaan kerap kali terjadi pada ayam aduan sehingga membuat pertumbuhannya terganggu. Tidak sedikit ayam yang mengalami masalah ini menjadi kurus dan susah gemuk. Ternyata daun sirih juga bisa menyehatkan pencernaan ayam dan mengobati berbagai penyakit seperti cacingan, berak darah dan berak kapur.

5. Menghilangkan Kurap Ayam

Penyakit kulit yang satu ini sering menyerang ayam karena kebersihan yang kurang diperhatikan. Untuk mencegah penyakit ini sebaiknya perhatikan kebersihan kandang dan kebersihan tubuh ayam bangkok. Kemudian mandikan ayam bangkok dengan daun sirih guna mencegah pertumbuhan kuman pada ayam.

6. Menghilangkan Lemak Pada Bulu Ayam

Pada bulu ayam terdapat lemak yang bisa menghambat tumbuh kembang ayam bangkok. Untuk menghilangkan lemak tersebut bisa dengan cara memandikan ayam dengan air rebusan daun sirih.

7. Memperpanjang Nafas atau Stamina Ayam

Agar nafas ayam aduan panjang perlu diberikan perawatan dan latihan. Salah satunya dengan memberikan ramuan dari daun sirih. Pemberian daun sirih untuk ayam bisa dengan dijadikan sebagai air minum atau bisa juga dibuat jamu herbal.

8. Sebagai Pembasmi Kuman dan Kutu

Supaya ayam bangkok terhindar dari penyakit maka peternak perlu memperhatikan kebersihan kandang. Kondisi kandang yang kotor dapat memicu perkembangan kuman dan kutu yang dapat menyebabkan beragam penyakit. Daun sirih bisa dijadikan sebagai pembasmi kuman dan kutu dengan cara disemprotkan pada kandang ayam.

9. Menghilangkan Bau Pada Kotoran Ayam

Kotoran ayam adalah penyebab bau busuk di dalam kandang, maka dari itu harus rutin dibersihkan. Cara yang paling efektif mengurangi bau kotoran ayam ialah dengan menyemprotkan larutan daun sirih.

Baca Juga

 

Terdapat berbagai tanaman tradisional yang bermanfaat untuk ayam bangkok aduan, salah satunya adalah daun sirih. Pada dasarnya penggunaan bahan herbal jauh lebih baik daripada bahan kimia.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *