kecepatan loading blogspot

Cara Meningkatkan Kecepatan Loading Blogspot

kecepatan loading blogspotMeningkatkan Kecepatan Loading Blogspot – Saat ini kecepatan loading blog sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh para blogger. Apakah anda pernah memperhatikan beberapa elemen penting dalam SEO On Page?.., dalam hal ini kecepatan loading blog/website harus benar-benar diperhitungkan.

 

Perlu anda ketahui bahwa platform blogspot dengan self hosting (wordpress) memiliki cara yang berbeda untuk membuat loading blog menjadi cepat. Jika pada wordpress kecepatan loading dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti Hosting, Plugin dan Tema.

 

Jika Anda pengguna Blogspot/Blogger?, tentu anda akan bingung jika membaca panduan cara mempercepat blog tapi isinya membahas hosting, plugin, cache. CDN, dll. Karena memang fitur tersebut hanya diperuntukan kepada pengguna WordPress Self Hosting. Pada panduan yang saya buat kali ini hanya khusus untuk pengguna blogspot, mari disimak lebih lanjut.

 

 

Akibat Loading Blog yang Lambat

Blog yang lambat akan berakibat pada menurunnya jumlah trafik, blog susah diakses dan menyebabkan pengunjung menghabiskan waktu untuk menunggu. Idealnya untuk ukuran blog yang memiliki loading bagus setidaknya hanya membutuhkan waktu 3 detik agar halaman blog bisa terbuka sepenuhnya.

 

Seperti yang saya singgung sebelumnya bahwa kecepatan loading blog adalah salah satu langkah optimasi on page yang begitu penting. Selain itu Google lebih mengutamakan situs yang memiliki loading cepat, misal blog dengan dukungan AMP (Accelerated Mobile Pages). Faktanya 4 dari 10 orang yang sedang membuka halaman web akan meninggalkannya jika mengalami masalah kecepatan loading.

Cara menguji Kecepatan Loading Blogspot

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek dan menguji kecepatan website/blog milik anda. Berikut adalah beberapa tools yang bisa anda gunakan:

Selain tools di atas anda juga bisa mengunakan Alexa Toolbar pada browser yang anda pakai.., ini juga berguna untuk mengetahui kecepatan loading blog pesaing.

 

 

Cara Mempercepat Loading Blogspot Jadi Fast

Pastikan anda sudah terlebih dahulu menguji blog anda menggunakan salah satu tools di atas., maka untuk bisa mendongkrak kecepatan blog anda bisa menggunakan beberapa tahapan berikut ini:

 

Optimasi Kecepatan Loading Pada Template Blogspot

Gunakan Template Fast Loading

Faktor utama penentu kecepatan blog adalah desain atau template yang digunakan, jadi sebaiknya gunakan template yang memenuhi kriteria SEO. Anda bisa mencarinya dengan mengetikan beberapa kata kunci pada mesin pencari seperti “Template SEO Blogger” maka akan muncul banyak pilihan. Selanjutnya tinggal terserah anda untuk melakukan sedikit penaturan yang dibutuhkan. Untuk template gratis yang bagus saya merekomendasikan anda mencari di situs Arlina Design, Mas Sugeng dan Gooyaabi. Di sana terdapat banyak sekali template gratis maupun premium yang bisa anda pakai.

 

Hindari Menggunakan Background Gambar

Menambahkan latar belakang blog dengan gambar memang akan membuat blog lebih cantik. Tapi tahukah anda jika hal ini justru akan memperlambat loading blog anda.,, karena saat blog dibuka proses pemuatan gambar akan memakan banyak data dan menjadi lebih lama. Jadi sebaiknya lupakan penggunaan background dan usahakan gunakan background warna biasa.

 

Perkecil CSS dengan Cara Compres

Anda bisa mengkompres CSS dengan dua cara, yaitu secara manual atau dengan menggunakan tools. Untuk cara manual sebaiknya anda berhati-hati dan harus teliti karena jika salah maka template blog akan menjadi error.

Kemudian untuk Compres CSS dengan menggunakan tools anda bisa menggunakan beberapa situs seperti CSS Compressor, MiniflyCss dan CSSdrive. Caranya Copy kode CSS yang ada pada template, yaitu kode yang berada di antara <b:skin> kode CSS</b:skin>.

 

Gunakan Read More

Read more (baca selengkapnya) digunakan untuk menampilkan sebagian postingan pada beranda blog. Jika anda menggunakan template blog hasil download biasanya postingan akan otomatis menggunakan read more.

Tidak hanya itu Read More akan memudahkan pengunjung untuk melihat postingan lain yang ada pada blog. Dalam hal ini bisa dikatakan sangat berguna untuk navigasi pengunjung.

 

 

Optimasi Kecepatan Loading Pada Tata Letak Blog

Tata letak yaitu format tampilan pada blog yang menyangkut posisi widget, laman, sidebar, header dan footer. Pastinya bagi anda tata letak bukanlah hal yang asing, jadi agar kecepatan loading blog cepat anda bisa melakukan optimasi tata letak pada template. Di antaranya:

 

Kurangi Jumlah Widged

Usahakan anda tidak mengunkan banyak widget yang tidak terlalu penting. Tidak semua widget baik untuk dipasang pada blog. Jadi gunakan widget secukupnya saja, seperti popular post, kategori dan arsip.

 

Kurangi Jumlah Iklan

Memang iklan sangat berguna sekali jika anda ingin mendapatkan penghasilan,,. Tapi apakah efektif jika terlalu banyak iklan? Pasti malah akan membuat pengunjung muak karena blog dipenuhi dengan berbagai stempel iklan. Selain itu proses loading pada iklan terkesan lebih lama dibantingkan yang lainnya. Kadang blog sudah terbuka semua tapi iklan masih belum terbuka dan masih load. Jadi sebaiknya pertimbangkan hal ini.

 

Jangan Gunakan Pop Up

Selain menggangu pengunjung iklan atau widget pop up akan membuat blog menjadi lambat. Untuk mencapai SEO On Page yangg maksimal anda perlu menghindari hal ini.

 

 

Optimasi Kecepatan Loading Blog Dengan Script

Mempercepat loading blog dengan script perlu anda lakukan jika memang masalah “Slow Loading” berasal dari template yang anda pakai. Kemudian cara yang paling efekttif yaitu dengan menghapus script dan memasang script LazyLoad.

 

Menghapus Script yang Tidak Berguna

Jika anda membuka HTML pada template blog pasti disana ada banyak sekali script yang tidak cocok dengan blog anda. Maka dari itu anda bisa menghapusnya agar tidak memperlambat loading blog.

Cara mudah mengetahui Script yang tidak terpakai dengan menguji blog menggunakan salah satu tools yang saya sebutkan di atas. Saat hasil checking selesai maka akan ditampilkan beberapa script yang tidak terpakai atau rusak. Jadi anda bisa menghapus beberapa script yang tidak terpakai tersebut. Untuk mengetahuinya anda juga bisa menggunakan tools SEO dari CHKME.

 

 

Hal-hal lain yang Perlu Diperhatikan Untuk Mempercepat Loading Blog

Selain beberapa optimasi yang sudah disebutkan di atas, anda juga sebaiknya melakukan beberapa hal berikut:

 

Kompres Gambar Postingan

Menkompres gambar bertujuan agar ukuran gambar menjadi lebih kecil dan cocok untuk dipasang pada halaman web. Gambar dengan ukuran dan format yang besar akan menyebabkan loading menjadi lambat. melakukan optimasi pada gambar akan sangat berguna dan bisa membuat gambar muncul di pencarian gambar.

 

Batasi jumlah tampilan postingan pada beranda

Pada umumya tampilan beranda blog secara default akan menampilkan 10 postingan. Sebaiknya agar loading blog lebih cepat anda bisa mengurangi jumlah tampilan postingan pada beranda blog.

Ini sangat berguna terutama untuk postingan yang menggunakan gambar. Tumbnail gambar yang terlalu banyak pada halaman web akan memperlambat kecepatan loading.

 

nah, begitulah beberapa cara mempercepat loading blogspot yang bisa anda coba. cara di atas terbukti aman. kemudian sebelum mempraktekannya saya sarankan untuk terlebih dahulu membackup template anda.

 

 

(Visited 414 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *