menjemur ayam bangkok aduan

Jangan Salah, Begini Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar

Tidak bisa dipungkiri bila perawatan rutin yang sangat penting yang wajib dilakukan diantaranya adalah menjemur ayam bangkok aduan. Meskipun demikian, sebagian dari kita sering melakukan kesalahan saat menjemur ayam. Hal ini bukannya meningkatkan mutu justru malah bisa berdampak buruk bagi ayam kesayangan.

Secara umum ayam yang telah memasuki usia perawatan untuk dijadikan jago aduan ialah pada umur 7 bulan ke atas. Pada tahap ini sebagai seorang botoh kita perlu memberikan perawatan yang maksimal, mulai dari makanan, latihan hingga perawatan yang benar.

Menjemur ayam merupakan cara paling efektif agar ayam bisa menjadi juara. Dengan dijemur maka stamina ayam menjadi lebih bagus, otot lebih kuat sehingga ketika di arena tidak mudah tumbang.

 

Kenapa Ayam Bangkok Aduan Harus Dijemur?

Bagi sobat yang sudah lama berkecimpung di dunia ayam laga tentu sudah tahu alasannya, namun bagi teman-teman pemula tentu masih banyak yang belum paham. Berikut beberapa manfaat dari menjemur ayam:

Membuat Ayam Lebih Sehat

Menjemur ayam adalah tahap lanjutan dari proses memandikan, sinar matahari bermanfaat untuk kesehatan ayam aduan. Misalnya saja, sobat memiliki ayam yang setiap hari hanya berada di dalam kandang, maka lama-kelamaan pasti akan lemah dan sakit.

 

Memperkuat Nafas Ayam

Kita bisa menyebut stamina ayam dengan istilah nafas, jadi semakin panjang nafas ayam maka dia mampu bertanding dalam waktu lama. Maka dari itu ayam laga wajib dilatih dan dirawat agar memiliki nafas yang bagus. Nah metode terbaik yang bisa digunakan ialah dengan proses menjemur.

 

Mempercepat Pertumbuhan Bulu

Khususnya untuk ayam yang mengalami proses ganti bulu atau mabung. Dengan rutin dilakukan penjemuran maka pertumbuhan bulu ayam menjadi lebih cepat. Selain itu bulu yang tubuh akan lebih sehat sehingga tidak keriting atau cacat.

 

Meningkatkan Mental Ayam

Pada saat di bawah sinar matahari pagi akan membuat ayam merasa panas. Pasalnya ayam yang rutin dijemur akan jauh lebih ganas dan agresif dibandingkan ayam yang tidak pernah di jemur. Apalagi jika kita menjemurnya bersama-sama dengan ayam jago lain.

 

Memerahkan Kulit Ayam

Ayam aduan yang memiliki warna kulit merah merona menandakan bahwa di benar-benar dalam performa terbaik. Selain itu menjemur ayam bermanfaat membuat kulit ayam jadi lebih tebal. Makanya tidak perlu khawatir ayam pucat.

 

Membakar Lemak Pada Ayam

Ayam bangkok aduan yang kelebihan lemak akan mempunyai gerakan yang lambat saat bertarung. Bahkan ayam yang gemuk akan sangat kesulitan untuk menyerang ataupun bertahan. Penjemuran berperan untuk membakar lemak dan membuat ayam jadi sedikit kurus.

 

Bagaimana Cara Menjemur Ayam Aduan yang Efektif

Walaupun terlihat sepele, ternyata penjemuran tidak boleh sembarangan. Jadi perlu adanya prosedur dan tahapan yang tepat, mulai dari waktu hingga cara yang paling efektif.

1. Memandikan Ayam

Sebelum dijemur sebaiknya ayam laga dimandikan terlebih dahulu. Tujuannya ialah untuk membersihkan ayam dan membuatnya lebih segar. Memandikan ayam bisa dilakukan antara pukul 7 hingga 8 pagi.

 

2. Waktu Menjemur Ayam

Setelah dimandikan sobat bisa menjemur ayam antara pukul 8 hingga 10 pagi. Jadi waktu penjemuran paling lama adalah 2-3 jam, jangan lebih. Apabila sobat menjemur terlalu lama atau seharian, maka akan membebani fisik dan mental ayam.

 

3. Menggunakan Kurungan

Kurungan bisa menjadi alat yang paling berguna untuk tahap perawatan ayam aduan. Dengan dimasukkan ke dalam kurungan maka ayam akan lebih fokus untuk berjemur. Kesalahan dari sebagian botoh ialah melakukan penjemuran dengan cara dibiarkan lepas di halaman rumah.kandang jemur ayam bambu

 

4. Kandang Menjemur Ayam Aduan

Sobat juga bisa membuat sendiri kandang untuk jemur ayam aduan, baik itu menggunakan bahan bambu maupun dengan besi. Kandang dapat dibuat dengan diameter 1 meter lebih, jadi jangan sampai terlalu sempit ataupun kebesaran.

Baca: Tips Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Berkualitas

 

5. Memperhatikan Kondisi Ayam

Kemudian yang terakhir ialah sobat harus melihat kondisi ayam sebelum memandikan dan menjemur. Pertama lihat kesehatan ayam, apabila dia kurang sehat maka jangan dilakukan. Lalu jangan dimandikan setelah dia selesai abar atau latih tanding, apalagi dalam kondisi terluka.

Baca: Cara Merawat dan Melatih Ayam Bangkok Tipe Jalu

 

Tentu kita semua ingin memiliki ayam bangkok aduan yang bagus, maka dari itu setiap pola perawatan harus dilakukan dengan benar. Tahap menjemur ayam memang terlihat mudah, namun jika sobat tidak paham maka bisa berdampak buruk bagi ayam kesayangan.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *