cara agar pleci rajin ngerol

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Ngerol

Di Indonesia memang banyak sekali yang memelihara burung pleci. Dalam hal merawat burung pleci tidak bisa dianggap sepele, apalagi agar dia rajin gacor dan bisa ngerol.

Suara burung pleci yang sederhana membuat banyak orang menyukainya. Terutama para penggemar burung kicau.

Bahkan di beberapa daerah burung pleci memiliki kelas kontes. Tentu bisa dibilang termasuk burung yang populer.

Maka dari itu, perawatan burung pleci supaya rajin gacor dan ngerol tidak sembarangan. Pasti butuh proses dan beberapa latihan supaya suara burung lebih berkualitas.

Selain itu burung yang bagus ialah yang memiliki mental juara. Jadi tidak hanya suara saja, rasanya percuma walaupun dia bunyi tapi mentalnya lemah.

 

Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Bunyi Ngerol

Suara yang bagus tidak hanya dipengaruhi individu burung, dimana cara merawat yang dilakukan oleh pemilik pun harus sesuai. Berikut beberapa tips perawatan burung pleci:

Menjaga kesehatan Burung Pleci

Sobat harus paham, burung yang rajin bunyi ialah mereka yang sehat. Biasanya burung yang sakit akan cenderung macet bunyi dan malas buka paruh.

Sebaiknya berikan pakan yang bergizi, bila perlu berikan vitamin kepada burung.

 

Kebersihan kandang

Perawatan rutin yang wajib dilakukan oleh pemilik burung yaitu membersihkan kandang. Kondisi kandang yang tidak terjaga akan memicu persebaran penyakit dan virus.

Penting sekali membersihkan kotoran dan sisa makanan pada sangkar.

 

Burung Pleci Di Embunkan

Bagi sobat yang sudah biasa memelihara burung kicau tentu istilah pengembunan bukan hal baru. Cara ini sangat efektif membangkitkan naluri berbunyi burung pleci.

Pasalnya di alam liar semua burung akan berbunyi ketika pagi hari. Waktu yang tepat untuk mengembunkan burung yaitu antara pukul 5-6 pagi, dimana burung diletakkan di luar rumah.

 

Memandikan Burung Pleci

Pemeliharaan rutin yang umum dilakukan ialah memandikan burung pleci. Tujuannya agar burung lebih segar dan sehat.

Selain itu memandikan berguna untuk menjaga kebersihan burung. Sebaiknya gunakan air yang ditambah anti bakteri yang aman bagi burung.

 

Menjemur Burung Pleci

Langkah selanjutnya setelah burung selesai dimandikan ialah dijemur di bawah matahari pagi. Pada pukul 7 sampai pukul 10 adalah waktu paling bagus untuk penjemuran.

Pastikan menjemur burung tidak berlebihan, yakni sekitar dua sampai tiga jam saja.

 

Ekstrafooding Pleci

Secara umum pleci mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian. Namun berbeda dengan burung pleci peliharaan, dia harus diberikan pakan tambahan.

Kita biasa menyebut pakan tambahan dengan istilah Ekstrafooding. Misalnya seperti sayur, biji, konsentrat dan beberapa pakan penambah kualitas kicau burung.

 

Memaster Burung

Para pecinta burung menyebut melatih burung dengan istilah masteran. Tujuannya yaitu untuk memperkaya variasi kicau burung pleci.

Sobat dapat memanfaatkan audio suara burung. Atau bisa juga melatih burung dengan burung yang sudah jadi. Tapi hati-hati, kesalahan dalam memaster burung bisa menyebabkan burung down dan macet bunyi.

Baca: Penyebab dan Solusi : Burung Murai Sering Mengangkat Kaki

 

Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk merawat dan melatih burung pleci agar rajin bunyi. Setiap orang pasti punya cara sendiri, semoga artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *