murai batu medan super

Ciri Murai Batu Medan Asli Berkualitas

Siapa sih penggemar burung yang tidak tahu dengan murai batu medan, burung ini memang yang paling populer dan harganya cukup mahal. Selain itu murai batu adalah burung kontes berkelas yang biasa diikutkan dalam lomba. Sesuai dengan namanya, murai batu jenis ini berasal dari Medan.

Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa jenis burung murai yang tersebar di Indonesia, tentu saja dari setiap burung tersebut mempunyai ciri khas. Karakter yang unik mulai dari ciri fisik, suara hingga tingkah laku burung.

Jadi bagi sobat jangan sampai salah dalam membedakan jenis murai batu, apalagi jika ingin membeli burung. Karena harga murai batu sangat mahal, maka penting sekali bagi kita untuk mengetahui ciri burung murai yang bagus.

 

Keunikan Murai Batu Medan

Murai batu medan bisa dikatakan sebagai jenis murai yang paling disukai oleh pecinta burung tanah air. Maka tak heran apabila di setiap kontes selalu ada kelas untuk burung murai batu.

Meskipun habitat asal dari burung ini berada di Medan, akan tetapi tidak sedikit jenis murai ini dijumpai di berbagai daerah seperti di beberapa pulau di jawa dan Malaysia.

Burung ini termasuk burung isian yang bisa menirukan berbagai jenis suara. Hal ini membuatnya mempunyai suara kicau yang beragam. Semakin baik pemiliknya memberikan perawatan dan latihan maka semakin bagus pula kualitasnya.

 

Berikut Ciri dan Karakter Murai Batu Medan Asli

Secara umum ciri burung murai yang berasal dari berbagai tempat tidak jauh berbeda. Namun tentu saja setiap jenis memiliki ciri secara spesifik, berikut ciri murai batu medan secara rinci:

  • Burung ini memiliki warna bulu hitam mengkilat dengan bulu dada berwarna cokelat.
  • Memiliki polar dengan warna putih.
  • Ciri khas murai medan mempunyai pola ekor panjang mencapai 40 cm.
  • Warna ekor hitam dengan motif garis putih di bagian bawah.
  • Bulu sangat mengkilap.
  • Bentuk tubuh lebih besar dibandingkan jenis murai lainnya.
  • Volume suara kicau yang kuat dan bervariasi.
  • Bulu tidak menggembung bulu saat berbunyi.

ciri murai batu medan

 

Murai Batu Medan ekor panjang dan Pendek

Walaupun pada umumnya murai yang berasal dari Medan mempunyai ekor yang panjang, akan tetapi ada pula sebagian yang berekor pendek.

Pada dasarnya kelainan ekor pada burung ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor keturunan. Namun meski demikian kualitas suara tidak jauh berbeda.

Dari segi penggemar burung murai tentu mereka lebih suka dengan ekor panjang karena dari segi penampilan jauh lebih menawan.

 

Perawatan Burung Murai Batu

Memelihara burung murai batu memang tidak mudah, makanya butuh kesabaran hingga burung mau berbunyi. Berikut beberapa perawatan yang wajib dilakukan:

  • Burung murai batu harus rutin diembunkan saat pagi hari.
  • Kemudian dimandikan lalu di jemur di bawah terik matahari pagi selama 2-3 jam.
  • Berikan makanan yang sesuai mulai dari voer hingga ekstrafooding (EF).
  • Lakukan pengerodongan saat malam hari agar burung istirahat total.
  • Kemudian sobat harus memaster burung murai dengan isian yang berkualitas agar suaranya bervariasi.
  • Lakukan abar atau bawa ke gantangan minimal dua minggu sekali.

Baca: Penyebab dan Solusi : Burung Murai Sering Mengangkat Kaki

 

Burung murai batu medan begitu populer dan banyak digemari oleh para pecinta burung. Namun burung ini memiliki harga yang mahal sehingga sebagian dari kita perlu berpikir matang untuk membelinya. Nah bagi sobat yang ingin memilikinya maka wajib tahu dulu ciri dan karakter burung ini.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *