Setelah Mempublikasikan Artikel

10 Langkah Optimasi Setelah Mempublikasikan Artikel

Setelah Mempublikasikan Artikel

Aktivitas blogging tidak hanya sekedar membuat dan posting artikel saja. Agar postingan mampu bersaing di pencarian maka ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan setelah mempublikasikan artikel.

Cara ini adalah strategi optimasi sesudah posting guna meningkatkan ranking artikel yang baru dibuat di mesin pencari. Selain itu metode ini juga berguna untuk mempercepat index postingan blog.

Jadi apa yang biasanya anda lakukan setelah mempublikasikan artikel? apakah sudah sesuai dan membuahkan trafik ke blog anda?. Nah, jika belum, maka anda wajib mencoba beberapa cara di bawah ini.

 

Pentingnya Optimasi Sesudah Posting

Banyak blogger yang kurang memperhatikan ini, kadang malah ada yang justru mempublikasikan artikel lalu membiarkannya begitu saja. Walaupun mesin pencari akan mengindeks postingan secara otomatis, tapi apa salahnya jika anda sedikit melakukan optimasi sesudah posting.

Kenapa ini penting?

  • Lebih cepat dioptimasi maka kemungkinan muncul di halaman pertama mesin pencari akan jauh lebih besar.
  • Ingat bahwa pesaing bisa saja menggunakan judul yang sama dengan postingan anda sebulum posting anda terindek dan di optimasi.
  • Kemudian bukan tidak mungkin kalau postingan anda dicopas orang lain dan lebih dahulu terindeks mesin pencari.

 

Berikut Optimasi Setelah Mempublikasikan Artikel yang Dapat Anda Terapkan

Setelah memposting artikel maka yang perlu anda lakukan adalah memberitahu mesin pencari supaya artikel cepat terindex dan muncul di pencarian. Sebenarnay anda bisa melakukan submit di banyak webmaster seperti Google webmaster, BING, Yandex, Baidu dan lain-lain. Tapi untuk blog dengan konten bahasa indonesia anda hanya perlu mensubmit artikel di Google, Bing dan Yahoo karena hanya 3 mesin pencari tersebut yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia.

1 Submit Url Ke Google Webmaster

Langkah pertama setelah mempulikasikan artikel ialah dengan melakukan submit url pada google webmaster atau yang dikenal dengan search console. Oh iya, pastika blog anda sudah didaftarkan terlebih dahulu ke google webmaster.

Klik Link Ini maka anda akan dibawa ke halaman submit url. Jika sudah silahkan masukan url postingan yang baru saja dipulikasikan dan jangan lupa centang recaptcha. Lihat contoh gambar di bawah!submit url

 

2 Submit Sitemap Ke Google Webmaster

Dengan cara ini postingan yang baru dibuat akan lebih cepat terindex dan dirayapi mesin pencari.
Buka beranda Search Console, lalu pilih blog, pilih crawl (perayapan) kemudian pilih sitemap.

Inilah beberapa sitemap yang bisa anda pakai:

  • sitemap.xml
  • atom.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • sitemap_index.xml
  • dan sitemap lainnya….

Silahkan pilih salah satu, atau anda bisa juga memasukan semua sitemap di atas. Nanti dalam beberapa hari akan muncul notifikasi bila sitemap tidak bekerja dan anda dapat menghapus sitemap yang tidak berfungsi tersebut.Submit Sitemap Ke Google Webmaster

 

3 Lakukan Fetch as Google

Fetch as google fungsinya hampir sama dengan submit-url yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni meminta mesin pencari agar lebih cepat mengindex artikel baru blog. Ada dua pilihan ketika melakukan submit, Anda bisa memilih “Fetch” jika hanya ingin mesin pencari merayapi url nya saja. Kemudian pilih “Fetch and Render” jika ingin mesin pencari merayapi url dan penautan postingan anda.fetch as google

 

5 Lakukan Ping ke Google

Kunjungi Google Blog Search kemudian masukan link postingan. Ping ke Google tidak hanya mempercepat index saja, tapi juga beruna untuk mempercepat index baklink. Jadi anda dapat melakukan ping setelah anda menanamkan backlink ke situs lain.ping ke google

 

6 Submit Sitemap Ke Bing Webmaster

Setelah selesai, selanjutnya ke Bing Webmaster! Pastikan blog anda sudah didaftarkan ke Bing.

  • Kunjungi Bing webmaster,
  • Klik Site dan Pilih Sitemap,
  • Kemudian masukan sitemap blog anda.
  • Lalu klik submit.Submit Sitemap Ke Bing Webmaster

 

7 Submit Url Ke Bing

Setelah itu lakukan submit url dengan:

  • klik site pilih submit url,
  • kemudian masukan url postingan yang baru dipublikasikan.Submit Url Ke Bing

 

8 Fetch Bingbot 

Fetch Bingbot  memiliki fungsi yang sama dengan fetch as google, dalam hal ini kita meminta bing untuk segera mengindex postingan baru.

Caranya cukup mudah, tinggal masukan url postingan kemudian klik Fetch.Submit Url Ke Bing

 

9 Cek Posisi Pada Mesin Pencari

Setelah anda melakukan beberapa langkah di atas, pastinya postinan anda akan langsung terindex oleh mesin pencari.

Caranya cukup mudah, tuliskan judul postingan blog secara lengkap pada mesin pencari. Kemudian cari apakah pos sudah muncul atau belum.

Tapi jika postingan belum muncul di pencarian, kemungkinan besar mesin pencari mengalami masalah ketika merayapi blog anda, jadi ada yan perlu diperbaiki, misal pengaturan robot.txt, sitemap, dan lain-lain.Cek Posisi Pada Mesin Pencari

 

10 Lakukan Optimasi 

Optimasi berguna untuk meningkatkan ranking postingan pada pencarian. Ada banyak sekali cara untuk menerapkan SEO, mulai dari backlink, promosi, email marketing, share media sosial dan sebagainya. Dalam melakukan optimasi sebaiknya jangan sampai anda salah dan justru melakukan teknik black hat SEO. Dalam menerapkan SEO anda harus lebih berhati-hati supaya blog tidak dipenalti oleh Google.

Silahkan Lihat:

 

Akhir Kata Penulis

Itulah sedikit ulasan menganai Langkah Optimasi Setelah Mempublikasikan Artikel sesuai pengalaman penulis. Memang untuk bisa muncul di halaman pertama google tidaklah mudah, apalagi untuk blog yan masih baru. Jadi bagi anda yang biasanya bingung setelah mempublikasikan artikel dapat menerapkan cara ini.

(Visited 83 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *