Peluang Usaha Ternak Kelinci

Peluang Usaha Ternak Kelinci Menguntungkan 2019

Peluang Usaha Ternak Kelinci Kelinci merupakan hewan pemakan tumbuhan yang dagingnya begitu lezat untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu saja, kelinci termasuk binatang yang unik, lucu serta menggemaskan sehingga banyak orang senang memeliharanya.

Tahukah kamu jika sudah banyak orang yang sukses dari usaha budidaya kelinci. Kemudian pendapatan yang didapat pun terbilang begitu fantastis hingga bisa melebihi gaji seorang pekerja kantoran. Bagi kamu yang masih bingung memikirkan ide usaha ternak maka tidak ada salahnya mencoba ternak kelinci.

Sekarang kelinci tidak hanya sekedar dimanfaatkan untuk dikonsumsi, namun akibat kemajuan zaman kelinci telah menjadi binatang peliharaan yang menggemaskan. Hal ini membuat harga jual kelinci hias menjadi sangat mahal. Maka dari itu kali ini kita akan mengulas prospek atau peluang usaha ternak kelinci.

Prospek Usaha Ternak Kelinci

Bagi anda yang sedang mencari ide usaha bisa mencoba ternak kelinci karena sangat menjanjikan dan menguntungkan. Kelebihan dari bisnis ini adalah dapat dimulai dengan modal seadanya atau hanya butuh modal kecil.

Pertama yang perlu kamu pikirkan adalah jenis kelinci yang akan dipelihara dan target pasar yang akan dibidik. Untuk budidaya kelinci pedaging sudah jelas segmentasi pasarnya para pedagang karena tujuannya untuk dikonsumsi. Sedangkan kelinci hias target pasarnya adalah para penghobi kelinci hias.

Setelah itu tentu kamu telah berfikir bagaimana arah dan tujuan kenapa memulai usaha ternak kelinci ini. Sebaiknya ketika kamu ingin memulai sebuah usaha lakukan dari yang terkecil supaya resiko kerugian tidak begitu besar.

Hal yang Harus Kamu Rencanakan

Memulai bisnis ternak harus benar-benar dipikirkan karena usaha ini merupakan usaha jangka panjang. Mulai dengan perlahan menggunakan 5-6 indukan terlebih dahulu hingga kamu paham bagaimana cara perawatan kelinci yang baik dan benar.

Kamu harus tahu, kurangnya pengetahuan dan pengalaman bisa menjadi penyebab gagalnya seseorang ketika menjalankan sebuah usaha. Sebabnya lebih baik memulai dari nol sambil belajar seluk beluk peternakan.

Kemudian kamu juga perlu melihat seberapa bagus prospek ternak kelinci di daerah mu. Kita semua tahu bahwa tidak semua wilayah bagus untuk usaha ternak. Pertama ketahui target pemasaran, siapa yang nantinya akan berpotensi menjadi konsumen.

Keuntungan Ternak Kelinci

Budidaya kelinci memiliki kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan bisnis ternak lainnya. Berikut beberapa keuntungan ternak kelinci:

  • Usaha ternak kelinci bisa dilakukan oleh siapa saja baik laki-laki ataupun wanita, jadi usaha ini tidak terbatas usia, bahkan pelajar sekalipun bisa mencobanya.
  • Biaya atau modal yang dibutuhkan untuk memulai ternak tidak begitu besar.
  • Pola perawatan kelinci sangat mudah serta pertumbuhannya juga begitu cepat.
  • Harga jual kelinci selalu seimbang.
  • Target penjualan kelinci mudah dibidik.



Setelah membaca artikel ini pasti kamu bisa mengambil kesimpulan dan menggambarkan kira-kira bagaimana prospek usaha ternak kelinci yang sangat menjanjikan ini.

Intinya jangan takut untuk memulai, jangan takut bila gagal., setiap peluang adalah kesempatan dan sudah pasi terdapat berbagai resiko.

Demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *