Pemberian Madu dan Telur Untuk Ayam Bangkok Aduan

Pemberian Madu dan Telur Untuk Ayam Bangkok Aduan

Ketahui bagaimana cara pemberian madu dan telur untuk ayam bangkok aduan. Bagi seorang pemilik ayam kita wajib memberikan nutrisi yang cukup. Manfaat madu dan telur memang cukup efektif untuk ayam agar lebih berkualitas. Mungkin sebagian dari sobat banyak yang belum mengetahuinya.

Cara pemberian madu dan telur untuk ayam bisa dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan membuatnya menjadi jamu ayam bangkok.

Tidak bisa dipungkiri bila berbagai cara memang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas ayam jago. Tentu kita semua berharap ayam andalan yang dipelihara bisa menjadi juara dan tidak mengecewakan ketika bertanding.

Bagi manusia madu dan telur biasa digunakan sebagai obat kuat penambah stamina. Berikut ini kami akan mengulas mengenai manfaat pemberian madu dan telur untuk ayam bangkok aduan.

 

Manfaat Luar Biasa Madu dan Telur Untuk Ayam Bangkok

Setiap botoh tentunya punya resep tersendiri dalam hal membuat jamu ayam aduan. Tujuannya ialah supaya performa ayam jauh lebih baik saat bertanding. Manfaat pemberian madu dan telur diantaranya yaitu:

Manfaat Telur bagi Ayam Bangkok

Kalau bicara soal telur memang ada banyak sekali jenisnya, tapi tidak semuanya bagus untuk ayam bangkok. Makanya sobat harus tahu jenis serta manfaatnya bagi ayam.

Secara umum telur yang bisa sobat berikan pada ayam ialah telur ayam kampung, telur bebek dan telur burung puyuh.

Kandungan protein dari ketiga telur ini begitu tinggi, kemudian efek sampingnya sangat minim sehingga baik bagi ayam laga.

Manfaat telur diantaranya yaitu menjaga daya tahan tubuh, penambah gizi, dan penguat stamina. Selain itu akan mempercepat pertumbuhan ayam.

Wajib Tahu, Ukuran dan Kelas Ayam Bangkok Aduan

 

Manfaat Madu bagi Ayam Bangkok

Khasiat madu bagi ayam bangkok aduan telah banyak dibuktikan oleh sebagian besar botoh. Madu diyakini dapat menambah kualitas tempur ayam aduan.

Madu cocok sekali untuk doping ayam, serta baik digunakan sebagai penambah gizi ketika perawatan harian.

Pemberian madu terhadap ayam sebaiknya memakai madu asli dari hasil budidaya, atau dikenal dengan madu lebah. Memang sobat bisa membeli madu di toko atau warung, tapi efek sampingnya belum diketahui karena pasti menggunakan pengawet.

Madu termasuk bahan yang ramah digunakan, artinya bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti telur dan bahan tradisional lainnya.

Madu berguna meningkatkan libido hewan ternak sehingga vitalitas ayam dapat membuatnya jadi lebih produktif dalam bertelur.

Selain itu sangat bagus untuk menyehatkan bulu ayam sehingga tidak mudah rontok dan terlihat mengkilap.

Tapi sobat perlu ingat, pemberian madu harus sesuai dosis. Madu bersifat memanaskan suhu tubuh, jadi bila berlebihan bisa berdampak buruk bagi ayam.

 

 

Cara Pemberian Madu dan Telur untuk Ayam Ayam

Setelah membahas panjang lebar mengenai manfaat dan peran madu bagi ayam, selanjutnya ialah cara pemberiannya. Tentu sebagian dari anda masih banyak yang belum tahu, berikut penjelasannya:

Pemberian terpisah

  • Berikan hanya kuning telur pada ayam, karena bagian putih telur kurang baik untuk kesehatan ayam.
  • Berikan telur khusus untuk ayam bangkok dewasa, jadi ayam muda tidak perlu.
  • Untuk madu sobat dapat memberikan dengan dosis secukupnya, pastikan jangan berlebihan dan hanya untuk ayam jago dewasa.
  • Berikan madu setengah sendok untuk dua hari sekali.

 

Pemberian sekaligus

  • Pemberian secara bersamaan dengan cara menggabungkan madu dan telur. Metode ini jauh lebih efisien dan mempersingkat waktu sobat.
  • Ambil kuning telur lalu masukkan ke dalam gelas, lalu tambahkan setengah sendok madu tawon. Kemudian aduk hingga tercampur rata lalu sudah bisa diberikan kepada ayam dengan diminumkan.
  • Atau sobat bisa juga membuat racikan jamu dengan menambah bahan lain seperti kunyit, gula merah dan jahe guna memperkaya nutrisi jamu.

10 Ciri Ayam Bangkok yang Bagus dan Bermutu Juara

 

Khasiat pemberian madu dan telur untuk ayam sangat berguna bagi kesehatan ayam bangkok aduan. Agar ayam bisa juara kita perlu memberikan perawatan pada ayam secara maksimal. Namun sebagai peternak kita pun harus lebih cerdas dalam hal menjadikan ayam unggul.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *