Pengertian Google Adsense dan Cara Kerjanya

google adsenseGoogle Adsense adalah salah satu produk populer yang dibuat oleh pihak Google!,, Tapi tidak semua orang tahu dan paham apa itu google adsense. Awalnya saya sendiri benar-benar tidak tahu akan ini, dan saat pertama kali mendengar kata adsense saya pun tidak langsung paham.

Nah bagi anda yang sedang membaca tulisan ini, saya yakin bahwa anda baru pertama kali mendengar istilah Google Adsense dan kemudian ingin mencari informasi. Maka dari itu pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan pengertian google adsense dan cara kerjanya.

Artikel Lain:

Apakah anda seorang Blogger?? Apa anda seorang Youtuber?? .,, atau anda adalah sebagian orang yang berniat belajar menjadi adverister/publisher adsense?., jika benar, maka anda perlu membaca penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Google Adsense dan Cara Kerjanya

Pengertian Google Adsense

Adsense merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh pihak google sebagai wadah/tempat yang menyediakan fasilitas periklanan. Dalam hal ini terdapat 3 pihak yang mempunyai peran penting di dalamnya, yaitu:

  • Google Adsense: adalah pihak yang menyediakan fasilitas periklanan secara online.
  • Adverister: adalah pihak yang memasang iklan atau mereka yang beriklan.
  • Publisher: adalah pihak yang menayangkan iklan secara online, baik lewat situs (blog) atau lewat youtube.

 

Sejarah Singkat Google Adsense

Layanan Google Adsense mulai berdiri semenjak pihak Google melakukan akuisisi terhadap beberapa perusahaan. Kemudian pada tahun 2003 Chairman Google mengumumkan bahwa Adsense disebut sebahai jaringan iklan konten bertarget.

Kemudian pada November 2012 Google secara resmi memperbarui aplikasi untuk para publisher yang ingin bergabung. Dengan adanya aplikasi tersebut pihak Google membedakan jenis layanan akun adsense menjadi dua macam, yaitu hosted dan non hosted.

Baca ulasan: Perbedaan Adsense Hosted dan Non Hosted Serta Kelebihannya

Nah, kemudian hingga saat ini Adsense masih tetap berjaya dan eksis menjadi penyedia layanan jaringan iklan terbaik di dunia. Disamping itu, kepercayaan para adverister dan publisher semakin kuat.

 

Cara Kerja Google Adsense

Jika dilihat dari cara kerja adsense, pihak google bisa dibilang sebagai pemilik layanan. Jadi dengan begitu google memiliki peran untuk melayani para adverister dan publisher.

Berikut adalah bentuk praktek nyata Adsense:

  • Pertama, pihak adverister (pengiklan) menghubungi google untuk memasang iklan atas produk mereka supaya segera di promosikan. Kemudian pihak adverister akan dikenakan bayaran atas iklan yang mereka buat.
  • Kedua, pihak google menampung ilkan dari para adverister dan kemudian disalurkan kepada pihak publisher (penayang iklan). Dalam hal ini pihak publisher bisa saja seorang pemilik situs web (blogger), atau bisa jugga seorang youtuber.
  • Ketiga, setelah iklan ditampilkan dan apabila iklan mendapatkan klik maka pihak google akan membayar pihak publisher sesuai dengan kesepakatan. Adsense adalah program periklanan dengan sistem PPC (Pay Per Click), jadi pembayarannya dihitung berdasarkan jumlah klik yang diperoleh.

Baca Tulisan: Perjalanan Diterima Adsense [Motivasi Untuk Tidak Menyerah]

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian adsense dan cara kerjanya. Apakah anda tertarik untuk bekerja sama dengan pihak google? Jika iya, maka anda bisa mencobanya. Layanan ini sangat aman dan sudah memiliki kepercayaan, jadi anda tidak perlu khawatir bila ingin menjadi adverister ataupun publisher.

Artikel Terkait

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *