Pengunjung Blog Sepi Meskipun Sering Update

Pengunjung Blog Sepi Meskipun Sering Update dan Cara mengatasinya

Apakah pengunjung blog sepi? ini adalah masalah serius dan harus cepat-cepat mencari solusi . Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan awal membuat sebuah blog adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung. Akan tetapi itu tidaklah mudah dan terkadang justru tidak sesuai dengan harapan kita.

Baca Juga:

 

Kamu sudah rajin membuat postingan dan mengupdate tapi blog tetap saja sepi? Hal ini pasti disebabkan oleh beberapa faktor. Pada kesempatan kali ini penulis tertarik untuk membagikan tulisan mengenai Alasan Pengunjung Blog Sepi Meskipun Sering Update dan Cara mengatasinya. Langsung saja disimak dan semoga tulisan ini bisa membantu memecahkan masalah yang kamu alami.

 

Pengunjung Blog Sepi Meskipun Sering Update dan Cara mengatasinya

Konten Tidak Berkualitas

Para blogger master selalu menyarankan supaya membuat konten yang berkualitas jika kamu ingin menarik banyak pengunjung. Fakanya konten adalah bagian paling penting untuk membawa pengunjung masuk ke blog kita.

Pastinnya kamu sering kan browsing untuk mencari sebuah tulisan? Lalu kamu akan lebih memilih tulisan yang terpercaya dibandingkan dengan tulisan yang asal jadi. Perilaku pengguna internet sangat mudah sekali ditebak, mereka akan segera menutup tulisan yang tidak berkualitas dan kemudian beralih untuk menemukan tulisan yang memiliki nilai lebih.

Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara mengoptimalkan konten. Pertama kamu harus membangun kepercayaan para pengunjung dengan konten yang kamu berikan.

 

Jenis Tulisan Pada Blog

Alasan kenapa pengunjung blog sepi juga disebabkan karena jenis tulisan yang ada pada blog. Secara umum jenis tulisan pada blog terdiri dari long term dan short term.

Jenis tulisan short term adalah tulisan trending yang populer dalam kurun waktu tertentu yang bersifat sementara. Contohnya seperti tulisan berita, peringatan dan sebagainya, jadi kemungkinan tingkat pencarian akan menurun seiring dengan waktu.

Sedangkan jenis tulisan long term adalah tulisan yang bersifat tahan lama dan memiliki tingkat pencarian yang setabil setiap waktu. Contohnya seperti tulisan tutorial, petunjuk dan sebagainya.

Kesimpulannya jika kamu adalah blogger personal dan mengelolah blog sendirian sebaiknya kamu membuat tulisan yang lebih tahan lama (long term). Dengan demikian kamu akan mendapatkan pengunjung blog yang rutin mengunjungi blog kamu.

 

Salah Memilih Nama Domain

Domain merupakan nama alamat atau url blog, jadi pemilihan nama domain juga sangat berpengaruh terhadap pengunjung blog. Ingat! Kesalahan saat memilih nama domain dan judul blog bisa menyebabkan pengunjung blog menjadi sepi.

Kesalahan ketika memilih nama domain yang sering terajadi diantaranya:

  • Mirip dengan situs populer, akibatnya mesin pencari akan menganggap blogmu sebagai blog plagiasi. misalnya kamu meniru alamat www.twitter.com tapi kamu merubah akhirannya dari .com menjdai .net www.twitir.net.
    Kemudian nama domain terlalu panjang, entah ini mitos atau fakta, tapi memang benar jika nama domain terlalu panjang akan sulit di indeks oleh mesin pencari.
  • Mengandung kata kunci berlebihan, memang sangat disarankan untuk memasukan kata kunci (keywords) pada nama domain. Tapi jika itu dilakukan secara berlebihan justru akan membuat raiting blog menjadi menurun.

Maka dari itu, untuk menghindari hal seperti ini terjadi maka sebaiknya kamu menggunakan nama domain yang singkat, mudah diingat dan berbeda dengan situs lain.

 

Desain Tampilan Blog

Tampilan atau template blog adalah bagian yang sangat penting bagi blog. Seperti sebuah buku, template ibarat sebagai cover atau sampul yang bisa menarik pembaca. Pengunjung akan lebih suka mengunjungi blog yang memiliki template yang bagus dan indah.

Berikut adalah desain tampilan blog yang disukai pengunjung:

  • Memliki kecepatan loading yang bagus, jadi pengunjung tidak perlu lama menunggu ketika mengunjungi blog.
  • Template Responsive dan bisa dibuka pada semua perangkat baik seluler ataupun komputer.
  • Tidak terlalu banyak widged, ingat jika terlalu banyak widget akan menyebabkan penunjungg tidak nyaman dan meninggalkan blog.
  • Kemudian yang terpenting adalah naivigasi pada blog yang memudahkan pengunjung mencari apa yang ingin mereka cari.

 

Optimasi Blog yang Salah

Optimasi atau SEO yang dilakukan secara benar akan menaikan peringka blog, tapi jika kamu salah dalam hal optimasi maka yang akan terjadi adalah sebaliknya. Perlu diingat !, jika kamu ingin blog kamu menduduki peringkat atas maka sebaiknya lakukan optimasi secara natural dan jangan terlalu over optimasi.

Optimasi yang terlalu berleihan akan membuat blog dibenci oleh mesin pencari dan kemungkinan mendapat penalty. Dengan begitu akan menyebabkan blog tidak muncul dan tidak bisa ditemukan pada mesin pencarian.
Maka dari itu sebaiknya lakukan optimasi yang wajar agar blog bisa mendapatkan banyak pengunjung organik.

 

Begitulah kiranya alasan kenapa pengunjung blog sepi meskipun sering update. Agar tulisan bisa berada pada halaman pertama mesin pencari kamu tidak harus melakukan posting setiap hari, tidak masalah kamu membuat posting seminggu sekali. Tapi ingat, buatlah postingan-postingan yang berkualitas dan disukai oleh pembaca.

(Visited 74 times, 1 visits today)

One thought on “Pengunjung Blog Sepi Meskipun Sering Update dan Cara mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *