penyakit paling berbahaya bagi wanita

Ini Dia 8 Penyakit Paling Berbahaya Bagi Wanita SehatQ.com

Penyakit Paling Berbahaya Bagi Wanita – Semua orang tentu memiliki resiko yang sama untuk terserang penyakit, baik itu wanita maupun pria. Berbagai Ahli Kesehatan mengungkapkan, walaupun struktur tubuh wanita dan pria berbeda, tapi wanita cenderung memiliki tingkat resiko terserang penyakit yang lebih besar.

Contohnya saja, wanita memiliki payudara, serta wanita dituntut mampu melahirkan keturunan yang tentu tidak dimiliki kaum pria.

Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP (K), mengungkapkan bahwa penyakit mematikan yang paling banyak di derita wanita pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pria. Akan tetapi, kenyataannya angka penderita kanker payudara cukup signifikan.

Ancaman penyakit berbahaya memang tidak dapat dihindari, namun dengan pola hidup yang sehat maka resiko tersebut bisa dihindari. Di bawah ini adalah beberapa daftar penyakit paling berbahaya bagi wanita:

1. Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang menjadi momok bagi semua kaum ibu dan sangat menakutkan. Selain itu penyakit yang satu ini tercatat sebagai penyakit paling mematikan di Dunia karena pengobatannya cukup sulit.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin memeriksa kondisi kesehatan anda. Resiko terkena kanker payudara juga bisa dipengaruhi dengan keluarga yang mempunyai riwayat penyakit serupa.

2. Kanker Serviks

Selain kanker payudara, berbagai hasil penelitian di bidang kesehatan menyebutkan bahwa kanker serviks termasuk penyakit mematikan nomor 1 bagi wanita. Terhitung setiap harinya terdapat 40 wanita yang positif mengidap kanker serviks, dan tercatat sekitar 20 wanita meninggal setiap harinya akibat penyakit ini.

Kanker serviks memang sangat menakutkan dan kemungkinan bisa menyerang setiap wanita dewasa. Penyakit ini memiliki gejala diantaranya susah buang air kecil, rasa nyeri pada bagian kewanitaan dan bagian pinggul hingga pendarahan.

3. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi saat pasokan darah yang membawa oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak atau sumbatan pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Plak yang menyumbat peredaran darah ini disebabkan akibat penumpukan kolesterol dan substansi lainnya..

Faktanya kaum wanita mempunyai resiko sepuluh kali lipat lebih besar menderita jantung koroner bila dibandingkan pria. Untuk menghilangkan resiko terkena jantung koroner maka lakukan hidup yang sehat setiap hari. Rutin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, tidak ketergantungan rokok dan alkohol.

4. Diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan kadar gula di dalam tubuh manusia. Akibat penumpukan glukosa pada darah dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada tubuh.

Selain itu diabetes membuat daya tahan tubuh manusia menjadi lemah. Jadi tidak heran bila orang yang mengidap diabetes akan mengalami berbagai komplikasi penyakit dan lebih mudah terserang penyakit lainnya.

Dikutip dari website SehatQ.com Diabetes dapat menyerang siapapun tanpa mengenal umur, baik pria, maupun wanita. jadi tidak heran bila diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling berbahaya di seluruh dunia. Setiap tahunnya penderita diabetes selalu mengalami peningkatan tajam hingga 50% dari tahun sebelumnya dan sebagian besar adalah wanita.

5. Alzheimer

Alzheimer merupakan sebuah penyakit yang menghambat daya ingat atau sistem kerja otak. Umumnya orang yang menderita penyakit ini akan memiliki daya ingat yang lemah, gangguan penalaran dan sulit berkomunikasi.

Ternyata wanita lebih rawan terkena penyakit alzheimer dibanding pria !!!

Para ahli kesehatan beranggapan karena para wanita lebih cenderung menggunakan perasaan dibandingkan logika.

Karena hal yang demikian bisa membangun perasaan yang lebih tajam dan membuat wanita jauh lebih sensitif. Jadi tidak heran bila tingkat stress wanita akan jauh lebih besar dan rawan terkena gangguan mental.

6. Infeksi Saluran Kemih

Perbedaan bentuk fisik antara tubuh wanita dengan pria menjadi sebuah alasan kenapa terdapat beberapa penyakit lebih cenderung menyerang wanita. Infeksi saluran kemih menjadi sebuah penyakit yang berbahaya yang sering diderita para kaum wanita.

Seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi bernama Leslie Gonzalez, MD berpendapat, menurutnya saluran kencing pada wanita begitu dekat dengan vagina. Karena pada bagian itu terdapat banyak sekali bakteri sehingga wanita lebih rawan terkena infeksi saluran kemih.

Untuk mencegah timbulnya penyakit ini sebaiknya rutin mengkonsumsi cairan seperti air putih. Kemudian selalu menjaga gaya hidup yang sehat.

7. Osteoporosis

Osteoporosis atau yang biasa dikenal dengan tulah keropos adalah kondisi dimana menurunnya kualitas tulang pada manusia.

Ternyata resiko osteoporosis tidak hanya untuk para lanjut usia, tapi ada pula beberapa kasus osteoporosis yang terjadi kepada anak muda.

Kemudian wanita empat kali lebih rawan terkena tulang keropos dibanding pria. Bagian terburuk dari osteoporosis akan berdampak pada perubahan postur tubuh manusia menjadi bunguk.

8. Depresi

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tingkat stress lebih tinggi di derita wanita. Jadi resiko depresi akan lebih sering dialami oleh wanita.

Depresi adalah penyakit akibat gangguan perasaan yang tidak nyaman sehingga mental seseorang menjadi terganggu. Akibatnya seseorang yang depresi akan kesulitan untuk berfikir rasional dan tidak mampu mengontrol diri.

Apabila seseorang mengalami depresi dalam kurun waktu yang lama, bukan tidak mungkin dia akan gila. Bahkan tingkat depresi yang terlalu tinggi bisa menyebabkan seseorang bunuh diri.

Baca juga 7 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Paling Mudah

 

Nah itulah beberapa penyakit paling berbahaya bagi wanita yang paut diwaspadai. Sebagai manusia kita hanya bisa berharap agar tidak terserang penyakit, tentu dengan pola hidup yang sehat kita bisa menghindari berbagai resiko tersebut. Kemudian selalu konsultasi dengan mencari booking dokter terpercaya secara rutin demi kesehatan anda.

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *