Kegagalan Mengelolah Blog yang Perlu Dihindari

15 Penyebab Kegagalan Mengelolah Blog yang Perlu Dihindari

Setiap blogger pasti pernah mengalami kegagalan mengelolah blog, mulai dari pengunjung sepi hingga memutuskan untuk pensiun dari aktivitas blogging. Yah, memang kalau dipikir-pikir kegagalan adalah momok yang sangat menakutkan. Kita semua pasti mempunyai impian yang besar saat menjalankan aktivitas ngeblog, tapi apakah kamu akan menyerah? Dan berhenti mengejar mimpi itu.

 

Ingatlah bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, sebaiknya kamu harus lebih positif saat menjalani aktivitas blogging. Kemudian jangan sesekali kamu menyimpulkan bahwa kamu telah gagal, ingat bahwa ketidakberhasilan bukan berarti kegagalan. Untuk sukses dari blog bukanlah perkara yang mudah dan tidak bisa dicapai tanpa adanya usaha. Sesungguhnya ngeblog adalah sebuah proses panjang dan melewati beberapa level hingga kamu bisa menjadi blogger profesional.

 

Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai penyebab umum kegagalan mengelolah blog yang perlu kamu ketahui. Tulisan ini bisa kamu jadikan koreksi terhadap diri sendiri supaya tidak melakukan kesalahan ketika mengelolah sebuah blog.

 

 

Penyebab Umum Kegagalan Mengelolah Blog yang Perlu Dihindari

1. Tidak Serius Menelolah Blog

Sangat banyak sekali blogger yang tidak serius dan pada akhirnya mereka memilih berhenti karena haslinya tidak sesuai. Blogging adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan keseriusan dan ketekunan. Jika kamu ingin sukses maka kamu harus melakukan banyak usaha untuk mencapainya. Cobalah untuk lebih rutin ketika mengelolah sebuah blog dan kemudian kamu harus yakin jika kamu bisa sukses.

 

2. Tujuan Hanya Demi Uang

Jika kamu ingin sukses maka lupakan tujuan ngeblog yang didasari karena uang. Memang ketika seseorang melakukan sesuatu harus memiliki motivasi agar lebih semangat. Tapi ingat !, tujuan yang semata-mata hanya karena uang akan membutakanmu dan membuatmu menjadi cepat bosan. Jadi cobalah untuk memulai aktivitas blogging karena hobi dan keinginanmu untuk berbagi kepada orang lain.

 

3. Konten Murahan

Konten adalah dasar atau nyawa dari sebuah blog, jadi jika konten kurang menarik pasti blog akan menjadi sepi. Ini fakta jika kebanyakan blogger lebih mementingkan kuantitas dibandingkan dengan kualitas yang justru membuat blog mereka menjadi kacau tak beraturan. Jika kamu tidak ingin gagal maka sebaiknya perbaiki ini dan buatlah konten yang berkualitas.

 

4. Topik Tidak Jelas

Ingat bahwa topik atau tema bahasan adalah identitas sebuah blog. Dalam istilah blogger tema ini disebut sebagai “niche blog” yang secara khusus mengarah pada karakter pembahasan yang lebih sempit. Apakah kamu seorang blogger gado-gado yang membuat tulisan bertema bebas?. Jika iya, maka kamu harus cepat beralih ke gaya tulisan niche (topik khusus). Lihat tulisan The Best Niche Blog Adsense Bayaran Tinggi dan Ramai Pengunjung

 

5. Tulisan Copy-Paste

Orang tua jaman dulu selalu menasehati anak-anaknya jika kesuksesan seseorang berasal dari diri mereka sendiri. Jadi jika kamu ingin sukses maka kamu harus membuat tulisan atau konten yang berasal dari dirimu sendiri. Copy-paste adalah hal terburuk yang dilakukan oleh seorang blogger karena itu sama dengan mencuri dan memplagiasi karya orang lain.

 

6. Blog Kurang Update

Melakukan update pada blog sangatlah perlu jika kamu ingin mendapatkan banyak pengunjung. Tapi tahukah kamu jika blog yang kurang update hanya akan menjadi barisan blog-blog yang gagal. Dengan melakukan pembaruan (update) akan meningkatkan performa blog dan meningkatkan ranking blog.

 

7. Kurangnya Manajemen Waktu

Seperti saya jelaskan sebelumnya jika ngeblog membutuhkan keseriusan. Sebagai seoarang manusia kamu pasti memiliki banyak aktivitas lain selain ngeblog. Jadi sangatlah penting bagi kamu untuk bisa memanajemen waktu kamu. Jangan sampai hanya karena ngeblog kamu justru mengorbankan kewajibanmu di dunia nyata.

 

8. Tidak Fokus Pada Satu Blog

Ini adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan blogger pemula. Mereka berharap ingin mendapatkan banyak penghasilan dengan ternak blog atau memiliki banyak blog. Tapi apa? Dan hasilnya justru semua blog yang dikelolah tidak ada yang berkembang. Jadi sebaiknya kamu lebih fokus terhadap satu blog dan mengelolahnya secara maksimal agar mendapatkan traffic yang besar.

 

9. Terlalu Buru-buru dan Ambisi

Ingat bahwa untuk sukses itu perlu rencana dan persiapan sebelum kamu membuat sebuah blog. Banyak sekali kahsus blogger yang baru belajar nekat mengeluarkan banyak uang dan kemudian malah tidak berhasil mendapatkan keuntungan. Jadi jika kamu adalah pemula sebaiknya kamu harus lebih banyak belajar dan bersabar.

 

10. Malas Belajar

Belajar adalah proses yang sebelumnya tidak bisa kemudian menjadi bisa. Semua blogger profesional pasti mengalami masa-masa seperti ini. Mulailah untuk belajar sedikit demi sedikit, dengan begitu kamu akan lebih banyak memiliki ilmu.

 

11. Kurang Promosi

Promosi adalah upaya mengenalkan produk yang dibuat kepada customer. Sebagai seorang blogger maka sudah jelas customer kita adalah para pengguna internet. Jadi sangatlah penting bagi kamu untuk mempromosikan blog supaya lebih dikenal oleh mereka dengan cara-cara dan strategi promosi yang benar.

 

12. Tidak Paham dengan Optimasi Blog

Melakukan optimasi adalah cara supaya blog disukai oleh mesin pencari. Dengan melakukan optimasi akan membuat blog bisa bersaing dan berada pada halaman pertama. Dengan begitu akan memungkinkan banyak pengunjung mendatangi blog kamu.

 

13. Melakukan Optimasi yang Salah

Optimasi ini penting, tapi jika dilakukan dengan cara yang benar. Banyak blogger yang menggunakan cara optimasi yang salah seperti (Black Hat SEO) yang justru membuat blog menjadi dibenci oleh mesin pencari. Bahakan sampai-sampai blog mendapatkan teguran dan pinalty dari google. Maka dari itu kamu harus menghindari hal-hal yang demikian.

 

14. Tidak Konsisten

Salah satu penyebab kegagalan seorang blogger disebabkan karena tidak konsisten. Dalam hal ini jika kamu ingin sukses maka kamu harus kosisten dengan mengelolah blog secara rutin. Caranya dengan rajin membuat postingan, rajin melakukan promosi, rutin mencari backlink berkualitas dan sebagainya.

 

15. Kurang Berdo’a

Semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia harus didasari dengan agama. Ingat bahwa agama adalah pondasi hidup yang paling utama dan jangan sampai dilupakan. Kesuksesan seseorang berasal dari usaha dan do’a yang setiap hari mereka lakukan.

 

Demikianlah tulisan tentang 15 Penyebab Kegagalan Mengelolah Blog yang sebaiknya kamu pahami. Kamu ingin meraih kesuksesan dari blog? Maka dari itu 15 poin di atas perlu kamu pahami dengan benar dan bisa juga dijadikan sebagai tolak ukur terhadap apa yang sudah kamu lakukan.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *