Pengunjung Blog Turun Drastis

Pengunjung Blog Turun Drastis, Kamu Perlu tahu Penyebabnya

Pengunjung Blog Turun Drastis, Kamu Perlu tahu – Sebagai seorang blogger pasti kita ingin memiliki pengunjung yang rutin dan akan selalu bertambah. Tapi pada kenyataannya kadang malah kebalikannya, pengunjung blog semakin hari semakin menurun.

Kejadian seperti ini sudah biasa terjadi dan pastinya akan membuat motivasi ngeblok menjadi menurun. Maka dari itu kamu perlu tahu apa penyebabnya sehingga bisa mengatasi masalah seperti ini untuk ke depannya.

Penurunan visitor secara drastis disebabkan oleh dua faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yaitu bagaimana cara kamu mengelolah blog dari dari dalam dan sedangkan faktor eksternal merupakan sebab yang bersumber dari luar blog, misalnya seperti algoritma, backlink, perubahan trend dan lain sebagainya.


Berikut ini Adalah Beberapa Penyebab Pengunjung Blog Turun Drastis, Kamu Perlu tahu

Visitor turun karena algoritma Google

algoritma Google

Ini adalah salah satu faktor dari luar yang paling berpengaruh terhadap sebuah blog atau website. Hampir setiap tahun Google melakukan update algoritma, namun terkadang pembaruan tersebut tidak selalu berdampak baik terhadap website. Akhirnya banyak blog yang awalnya memiliki posisi baik pada pencarian menjadi melemah dan kehilangan pengunjung.

Karena selalu mengalami perubahan berkelanjutan maka sebaiknya sebagai seorang blogger kita harus selalu belajar demi mengetahui perkembangannya. Contoh yang paling nyata dan bisa kita rasakan ialah Optimasi mesin pencari (SEO) yang dulu dianggap ampuh namun sekarang sudah ditinggalkan karena tidak sesuai dengan algoritma Google.

“Jadi untuk persoalan ini yang perlu dilakukan ialah belajar dan terus belajar memahami seluk beluk SEO terbaru”


Optimasi yang berlebihan

optimasi blog

Pada dasarnya optimasi blog sangat diperlukan supaya posisinya di mesin pencari terlihat baik. Akan tetapi optimasi SEO yang berlebihan justru bisa berdampak buruk terhadap blog dan membuatnya kehilangan traffik. Ada dua macam jenis SEO, yakni optimasi On Page yaitu optimasi yang dilakukan di dalam blog mulai dari desain blog, kecepatan loading, pembuatan konten, penempatan kata kunci, memasukkan link ke dalam konten, dan beberapa aspek penting lainnya.

Salah satu teknik SEO yang dianggap buruk oleh Google adalah teknik Black Hat SEO, dan sebaiknya jangan kamu terapkan. Teknik SEO yang satu ini bisa saja membuat situs mendapatkan penalti dari pihak google, bukan hanya pengunjung akan berkurang bahkan bisa saja situs dihapus dari index google.

“Sebaiknya hati-hati dalam melakukan optimasi blog, bila tidak paham sebaiknya lupakan SEO dan lebih baik memikirkan kualitas konten”


Baca juga  Strategi Mencapai Bounce Rate yang Bagus

Blog sepi karena adanya pesaing

Blog sepi karena adanya pesaing

Dalam upaya mencapai halaman pertama google setiap konten akan bersaing dengan konten situs lain. Kemudian tidak lepas dari itu, mempertahankan posisi merupakan bagian paling penting agar situs tidak kehilangan visitor. Jadi pergeseran posisi dari no. 1 ke no. 2 saja bisa sangat berpengaruh bagi blog.

Kalah dalam persaingan kata kunci merupakan hal yang lumrah, dan kenyataannya hanya sedikit blog yang bisa menguasai kata kunci dalam waktu lama. Apalagi bila konten yang dibuat pesaing jauh lebih baik, lebih update dan situs memiliki raiting yang baik di mata google. Sebagai contoh, kamu telah memenangkan sebuah kata kunci dan kemudian disaingi oleh situs-situs yang populer seperti Tribun dan liputan 6. Jelas seiring berjalannya waktu posisi blog kita akan kalah.

“bagi situs yang masih baru memang cukup sulit untuk mengimbangi persaingan kata kunci dengan situs ternama”


Blog terkena Penalti dari pihak Google

Penalti dari pihak Google

Penalti dari pihak Google ini bisa disebabkan akibat kesalahan pemilik blog, misal konten melanggar hak cipta, backlink yang salah, artikel copas dan masih banyak lagi. Maka dari itu hindari hal-hal yang tidak diperlukan supaya tidak terjadi pelanggaran.

Tapi penalti google bisa saja diakibatkan karena pihak lain, nah ini adalah salah satu perbuatan pesaing yang bermain curang. Contohnya dengan menyebarkan link blog kita ke situs-situs yang tidak semestinya dengan cara SPAM.

Ironisnya penalti dari Google ini sangat merugikan para blogger, situs akan kehilangan pengunjung dan bahkan dihapus dari indeks mesin pencari.


Tidak konsisten

konsisten menulis

Kemudian yang terakhir penyebab pengunjung blog hilang ialah akibat tidak konsisten. Seperti yang kita tahu bahwa aktivitas blogging merupakan kegiatan yang harus dijalankan secara rutin (continue) supaya bisa sukses. Nah lantas bagaimana jika kita tidak konsisten dalam membangun blog.

Blog yang jarang update akan perlahan kehilangan visitor dan posisinya akan menurun di pencarian., tentunya sudah banyak blogger yang memahami hukum ini, “semakin rutin update konten maka semakin baik pula posisi situs anda”.



Bagi kamu yang pengunjung blognya turun drastis sebaiknya pahami beberapa faktor yang disebutkan di atas. Bagi seorang blogger kehilangan visitor sama saja dengan kehilangan aset yang sangat berharga. Semoga tulisan ini bisa memecah kebuntuan sobat blogger sekalian., terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga  3 Tools Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *