Akun google adsense dinonaktifkan

2 Penyebab Utama Kenapa Akun Adsense Dinonaktifkan

Akun google adsense dinonaktifkanAkun google adsense dinonaktifkan bisa saja karena melanggar kebijakan atau karena blog mendapakan trafik yang tidak valid. Akan tetapi kadang ada juga khasus penonaktifan akun karena alasan yang tidak jelas. Kejadian seperti ini sempat terjadi pada akhir tahun 2016 yang dikenal dengan istilah banned masal dan saya sendiri sempat terkena dampaknya.

Jika akun adsense sudah dinonaktifkan secara permanen, jelas memiliki dampak yang luar biasa. Sampai pada akhirnya anda tidak akan diterima lagi menjadi publisher adsense. Silahkan anda lihat keterangan dari Google terkait akun adsense yang dibanned di bawah ini:akun adsense dinonaktifkan

Nah, pasti anda heran,! Padahal saya sudah pernah dibanned tapi di blog ini kok masih muncul iklan. Yahh,,, ini karena saya melakukan pendaftaran ulang dengan data orang lain, yaitu data diri orang tua saya.

Bagi rekan-rekan yang belum pernah mengalami ini sebaiknya harus lebih hati-hati ketika menggunakan akun adsense. Walaupun bisa mendaftar dengan identitas yang bereda, tapi ini jangan sampai terjadi kepada anda.

Pada dasarnya ada dua penyebab utama kenapa akun adsense dinonaktifkan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskannya kepada anda. Oke, langsung saja disimak.

 

2 PENYEBAB UTAMA KENAPA AKUN ADSENSE DINONAKTIFKAN

#1 Akun Adsense Dinonaktifkan Karena Trafic Tidak Valid

Trafik tidak valid adalah pengguna internet yang mengunjungi blog/situs anda dan kemudian melakukan tindakan tidak wajar. Kemudian hal ini bisa juga disebabkan karena tindakan tidak wajar yang dilakukan oleh pemilik akun adsense. Berikut adalah sumber trafik yang termasuk kategori tidak valid:

Klik Iklan Sendiri

Tindakan yang paling dilarang oleh pihak Google Adsense adalah melakukan klik iklan sendiri. Jadi jangan sekali-sekali anda melakukan klik iklanyang tayang pada blog atau channel youtube anda. Alasannya karena hal ini dapat memicu pelanggaran kebijakan adsense yang berujung banned.

Adsense Terkena Bom Klik

Bom klik adalah aktivitas klik iklan secara berulang-ulang yang dilakukan oleh satu atau beberapa pengguna internet. Hal ini bisa saja terjadi karena iseng, atau bisa juga karena adanya orang yang tidak suka dengan blog anda. Anda bisa menghindari ini dengan memasang anti bom klik iklan., dan hindari kegiatan yang memicu terjadinya bom klik seperti membagikan link secara sembarangan.

Lihat Artikel: RKT Laman Adsense Di Atas 10% Kemungkinan Banned 90%

Trafik Otomatis atau Bot

Trafik otomatis merupakan tayangan/kunjungan yang sumbernya berasal dari robot. Dengan kata lain kunjungan yang terjadi pada blog tidaklah dilakukan oleh manusia. Untuk menghindari hal ini sebaiknya anda jangan sesekali menggunakan auto visitor pada blog yang dipasang iklan adsense. Tapi kadang auto visitor bisa juga dilakukan oleh orang lain, misalnya ada orang yang sengaja melakukan jiggling terhadap blog anda.

Menggunakan Jasa Klik Iklan

Kemudian satu ini yang sering bikin saya heran “kok ada ya jasa klik iklan”. Sebaiknya anda jangan menggunakan jasa klik iklan. Ini sangat merugikan pihak adverister karena mereka harus membayar banyaknya jumlah klik iklan sedangkan mereka tidak mendapatkan kontribusi yang nyata.

Memanipulasi Posisi Iklan

Menipu pengunjung dengan memasang iklan yang tidak terduga sehingga pengunjung tanpa sengaja mengklik iklan tersebut. Sebagai contoh, penempatan iklan di bagian IFRAME sehingga lokasi iklan tidak diketahui secara pasti.

Menyarankan Orang Untuk Mengklik Iklan

Tindakan yang satu ini menjadi sangat populer belakangan ini, atau dikenal dengan “klik cendol”, “klik ads” dan sebagainya. Misal menyuruh orang lain untuk melakukan klik iklan pada situs atau channel youtube anda. Sebaiknya jangan lakukan hal ini karena sama saja anda membohongi pihak google. Bukan tidak mungkin jika akun adsense anda dinonaktifkan karena ini.

Penempatan Iklan yang Menjebak Pengunjung

Iklan yang menjebak ini memungkinkan pengunjung melakukan klik walaupun mereka tidak menginginkannya. Anda perlu tahu bahwa pihak google sangatlah pintar dan mereka dapat dengan mudah mendekteksi kejanggalan klik iklan. Contoh iklan yang menjebak diantaranya adalah memasang iklan adsense dengan mode Pop Up, iklan yang menutupi elemen penting konten, dll.

Iklan Diletakan Pada Aplikasi

Dalam hal ini iklan bisa saja ditempatkan pada aplikasi, browser, add on dan sebagainya. Tujuannya adalah supaya kesempatan iklan diklik lebih besar. Untuk itu sebaiknya hindari hal ini karena sudah jelas melangar pedoman pengguanaan adsense.

 

#2 Akun Adsense Dinonaktifkan Karena Melanggar Kebijakan

Konten Tidak Sesuai Kebijakan

Seperti yang kita ketahui bahwa syarat diterima adsense adalah dengan menyajikan konten yang sesuai kebijakan google. Nah, apabila anda sudah mempunyai akun adsense sebaiknya jangan pernah memasangnya pada situs yang melanggar kebijakan. Jika anda tidak ingin akun adsense dinonaktifkan atau dibanned maka hindari pemasangan iklan pada blog yang melanggar kebijakan. Sebagai contoh, blog download, blog dewasa, dan situs yang menyajikan konten yang kemungkinan merugikan orang lain.

Melanggar Pedoman Webmaster

Pedoman webmaster yang wajib diikuti oleh setiap publisher adsense, pedoman tersebut diantaranya adalah desain, konten dan teknis. Webmaster memiliki peran penting terhadap perkembangan dan kemajuan situs., tapi jika situs yang tidak sesuai pedoman webmaster dipasangi iklan adsense maka kemungkinan besar akun akan adsense dinonaktifkan.

Pelanggaran Hak Cipta

Situs yang melanggar hak cipta tidak boleh dipakai untuk memasang iklan adsense dan ini merupakan aturan yang mutlak. Sebagai contoh, blog download lagu, film dan situs yang membagikan konten berhak cipta secara ilegal.

Konten Ilegal

Adsense tidak boleh dipasang pada situs yang memiliki konten ilegal seperti web yang berisi konten seksual, konten penipuan dan sebagainya. Walaupun situs tersebut memiliki kunjungan yang banyak, jika mereka menyajikan konten ilegal maka tetap saja jangan dipasang iklan adsense.

Pahami ini: Ciri Konten Blog Murahan dan Tidak Berkualitas

 

Nah itulah 2 alasan kenapa akun adsense dinonaktifkan atau dibanned. Setelah anda membaca beberapa poin penting di atas pastinya anda sudah bisa mengambil kesimpulan. Jadi sudah jelaskan mana yang harus dilakuan dan tidak harus dilakukan. Oke, sekian dulu penjelasan dari saya, semoga tulisan ini bisa berguna dan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.

(Visited 163 times, 1 visits today)

One thought on “2 Penyebab Utama Kenapa Akun Adsense Dinonaktifkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *