perawatan ayam bangkok baru menetas

Begini Perawatan Ayam Bangkok yang Baru Menetas

Perawatan ayam bangkok yang baru menetas merupakan bagian paling dasar yang akan menentukan keberhasilan seorang peternak. Tidak bisa dipungkiri bila ayam bangkok harus diperhatikan sejak usia dini. Maka dari itu, kesalahan merawat ayam tentu bisa menjadi penyebab kerugian besar.

Tentu kita semua berharap anak ayam yang baru menetas bisa hidup semua hingga dewasa. Makanya perawatan ayam bangkok pada fase awal ini begitu krusial.

Setelah proses perkawinan biasanya telur ayam bangkok akan dierami selama 21 hari atau lebih sebelum menetas. Nah setelah itu masuk ke tahap selanjutnya dimana sobat harus hati-hati, pasalnya anak ayam sangat rawan mati apabila tidak dirawat dengan benar.

 

Cara Perawatan Anak Ayam Bangkok yang Baru Menetas

Bagi seorang peternak yang berpengalaman tentu ini bukanlah masalah, namun untuk sobat yang baru mencoba budidaya ayam bangkok pasti akan mengalami kesulitan. Berikut ini beberapa tips merawat anak ayam agar bisa tumbuh dan hidup:

1. Memisahkan anak ayam dari induk

Mungkin banyak yang bertanya kenapa anak ayam harus dipisahkan dari induk?., Jawabannya sangat logis, yaitu untuk meminimalkan tingkat kematian anak ayam. Terkadang banyak kasus dimana terdapat induk yang tidak bisa mengurus anak ayam.

Tips memisahkan induk ayam dari anaknya

  • Pemisahan tidak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan induk ayam bangkok menjadi stres dan tidak mau bertelur kembali.
  • Faktanya induk ayam akan bingung saat anak ayam dipisahkan dan selalu berusaha untuk mencarinya. Ini sangat wajar karena memang naluri keibuan dari sang induk.
  • Pertama pisahkan induk ketika baru menetas, ingat jangan menunggu hingga beberapa hari baru dipisahkan. Ini adalah pencegahan supaya stres pada induk tidak terlalu berlebihan.
  • Setelah itu sobat perlu memandikan induk ayam yang baru selesai mengeram telur. Tujuan utamanya untuk membersihkan induk dari kotoran, kutu dan menghilangkan stres.
  • Jauh kan anak ayam dari induk, pastikan induk tidak mendengar anak ayam berbunyi agar dia tidak berusaha mencarinya.

Ini Alasan Anak Ayam Bangkok Perlu Dipisahkan Dari Induknya

 

2. Menyiapkan kandang Bok

Kandang anak ayam tentu lebih khusus dibandingkan kandang ayam dewasa. Kita biasa menyebutnya dengan kandang bok (kotak) untuk anak ayam.

Kandang harus didesain sesuai kebutuhan dengan fungsi menjaga anak ayam supaya tidak mati. Kandang harus rapat dan nyaman, sobat bisa membuatnya dengan bambu ataupun papan. Lalu ukuran kandang dapat disesuaikan dengan jumlah anak ayam.

Perhatikan tingkat kebersihan kandang, jadi kandang anak ayam yang paling ideal ialah yang mudah dibersihkan.

Tips Membuat Kandang Ayam Bangkok yang Berkualitas

 

3. Menyiapkan lampu

Kenapa anak ayam perlu diberikan pencahayaan? Tujuannya yaitu agar anak ayam selalu merasa hangat dan nyaman. Selain itu anak ayam akan aktif untuk makan ketika malam hari, dengan begitu jadi lebih cepat besar.

Sobat bisa memasang lampu 5-10 watt, lebih baik jika menggunakan jenis lampu pijar yang berwarna kuning. Lalu pastikan jarak lampu tidak terlalu dekat dengan anak ayam karena bisa membahayakannya,

Anak ayam biasanya akan berkerumun untuk berusaha tetap hangat. Bagian yang penting ialah membiasakan anak ayam agar beradaptasi pada kandang baru.

 

4. Memberikan makanan bergizi

Kebutuhan paling utama pada masa perawatan anak ayam bangkok adalah memberikan makanan bergizi. Nutrisi yang cukup akan membuat anak ayam jadi sehat dan terhindar dari kematian. Selain itu pakan berkualitas akan membuat tubuh ayam mencapai ukuran ideal.

Makanan anak ayam harus memiliki tekstur lunak karena pada fase ini sistem pencernaan anak ayam masih rawan. Pakan yang bisa diberikan yaitu konsentrat, dedak, dan nasi. Tapi sobat harus lebih mengutamakan pakan konsentrat atau voer karena manfaatnya jauh lebih bagus.

Lalu penuhi kebutuhan air minum, jangan sampai terabaikan dan pastikan menggunakan air bersih. Apabila air minum telah kotor pastikan segera menggantinya dan mencuci tempat minum.

10 Makanan Ayam Aduan Terbaik dan Bermutu Tinggi

 

5. Memberikan vitamin dan vaksin

Tidak bisa dihindari bila manfaat vitamin dan vaksin sangat menunjang hasil ternak. Bagi seorang peternak kebutuhan ini wajib terpenuhi agar tidak menderita kerugian fatal akibat anak ayam mati atau tidak sehat.

Untuk vitamin sobat dapat memberi vitamin B komplek dengan dicampurkan pada air minum. Lalu sesekali berikan minyak ikan untuk menambah tambahan gizi bagi anak ayam.

Kemudian untuk vaksin bisa memakai jenis tetes ataupun vaksin suntik. Tapi saya sarankan untuk menggunakan jenis tetes kepada anak ayam.

 

6. Pencegahan penyakit

Ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang anak ayam, maka dari itu pengendalian perlu dilakukan. Berikut beberapa tips mengendalikan penyakit anak ayam:

Pertama sobat wajib memenuhi kebutuhan gizi anak ayam supaya kesehatannya terjaga. Paling utama perhatikan jenis makanan dan minuman yang diberikan setiap hari.

Rutin memberikan vitamin dan vaksin guna pencegahan penyakit.

Selalu menjaga kebersihan dandang, bila perlu semprotkan larutan desinfektan untuk menghambat perkembangan kuman dan bakteri.

 

Dalam hal perawatan anak ayam bangkok setelah menetas memang tidak bisa diremehkan. Sedikit kesalahan dapat berakibat fatal karena bisa menyebabkan pertumbuhannya terganggu bahkan kematian. Itulah sedikit tips dari kami. salam peternak ayam bangkok.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *