Postingan Muncul di Halaman Pertama Google Dalam 1 Hari

Postingan Halaman Pertama GoogleSetiap blogger pasti menginginkan agar postingan blog yang dibuat bisa muncul di halaman pertama Google hingga menduduki posisi paling atas. Mungkin banyak dari anda yang tidak yakin setelah membaca judul postingan ini.,, mungkin anda menganggap judul postingan ini terlalu berlebihan atau tidak masuk akal. Tapi ini benar, cara ini sudah saya praktekan sendiri dan ternyata berhasil.

Saya tidak bermaksut untuk menggurui, saya juga masih pemula dalam dunia blogging ini. Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa untuk berada di halaman pertama (page one) memang tidaklah mudah. Apalagi untuk blog yang masih berumur jagung, jadi anda harus banyak mengetahui celah kelemahan pesaing. Postingan saya yang berjudul “Membuat Custom Channel Adsense Untuk Menaikan BPK” mampu menampati halaman pertama google walaupun hanya berada di posisi 4-6. Saya bersukur karena artikel ini bisa mengundang banyak pengunjung mendatangi blog saya.Postingan Muncul di Halaman Pertama Google

Kemudian ada juga postingan yang saya buat dengan judul “Bahaya Smart Pricing Adsense dan Cara Mengatasinya”. Postingan ini mampu menempati ranking satu hanya dalam waktu 8 jam setelah dipublikasikan.Postingan Page One di Google

Nah harapan saya untuk kedepannya adalah postingan ini juga bisa nangkring di posisi paling atas google, semoga yah,, tolong di do’a kan. Oke langsung saja gak perlu pembukaan yang panjang-panjang, karena isi tulisan ini sangat panjang dan membuat mata ngantuk.

 

Berikut Adalah Cara Postingan Blog Muncul di Halaman Pertama Google Dalam 1 Hari

Pada dasarnya saya adalah seorang blogger yang simple dan tidak suka dengan hal-hal yang rumit. Agar artikel bisa tampil di halaman pertama saya cuma menerapkan teknik SEO dasar atau dikenal dengan SEO On Page. Ini sangat wajib, saya hanya melakukan teknik ini dari blog pertama saya hingga saat ini.

Kemudian ada beberapa hal lain yang perlu anda lakukan setelah postingan telah dipublikasikan. Apakah ini SEO off page? Tentu saja tidak, cara ini lebih mengarah ke optimasi google dan bing.

 

Cara Optimasi SEO On Page Agar Postingan Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Nah pasti anda sendiri sudah mengetahui pengertian dari SEO on page ini, jadi saya tidak perlu panjang lebar menjelaskan. Nantinya anda bisa bosan kalau membaca terlalu panjang karena 7 dari 10 orang indonesia suka hal simpel (termasuk saya).,, hehe. Oke, langsung saja pahami beberapa poin penting SEO on Page di bawah ini:

Riset Kata Kunci

Riset kata kunci sangat penting untuk dilakukan, tujuannya adalah untuk mengetahui volume pencarian kata kunci dan juga tingkat persaingannya. Ini adalah langkah awal sebelum anda menulis, mulailah temukan ide anda, lalu mulai melakukan riset. Jika anda tidak mau ribet anda bisa mencari kata kunci dengan bantuan google auto suggest. Ini adalah cara yang paling sering saya pakai ketika membuat postingan, karena cukup mudah mengetahui topik yang sedang banyak dicari di google. Contohnya ada pada gambar di bawah:Riset Kata Kunci Paling Mudah

Selanjutnya tinggal melakukan beberapa kombinasi dari kata kunci di atas. Jika anda ingin menyelam lebih dalam tentang riset kata kunci silahkan baca tulisan Cara Mencari Kata Kunci yang Paling Banyak Dicari.

 

Optimasi Judul Postingan

Judul adalah pintu utama yang akan membuat pengunjung tertarik mengunjungi blog anda. Buatlah judul yang menarik dan pastikan mengandung kata kunci yang sudah anda dapatkan sebelumnya.

Judul ini di ibaratkan sebagai cover sebuah buku jadi anda harus benar-benar teliti. Jangan sampai terjebak dengan penggunaan judul yang berlebihan seperti postingan ini.. hehe

Contoh Judul Postingan:

  • Postingan Blog Muncul di Halaman Pertama Google
  • Postingan Blog Muncul Di Halaman Pertama Google Paling Atas Sendiri
  • Postingan Blog Muncul Di Halaman Pertama Google Dalam 1 Hari

 

Kesimpulan:

  • Jika memakai judul pertama sudah jelas persaingannya sangat banyak karena terlalu umum.
  • Judul kedua bagus, tapi tingkat persaingan masih padat, karena setelah saya cek ada lebih dari 6 blog yang membuat postingan mirip dengan judul nomor dua.
  • Saya tertarik memilih judul ketiga karena persaingan kecil dan belum ada blog lain yang memakai judul tersebut.

Jadi intinya agar postingan bisa berada dihalaman pertama google anda harus menggunakan judul yang benar-benar unik. Lebih baik jika judul itu belum pernah ada di google, penggunaan kata kunci ekor panjang (long tail keyword) memang harus anda terapkan.

 

Buat Tulisan Berkualitas

Para blogger yang sudah berpengalaman sering menganjurkan untuk membuat konten atau tulisan yang berkualitas. Ini memang benar, percuma juga anda memenangkan SEO jika posingan yang anda buat tidak berkualitas. Meskipun awalnya tidak berada di halaman pertama google, postingan yang isinya bagus dan disukai pengunjung akan naik dengan sendirinya.

Berapa lama proses saya membuat postingan? Yah, saya hanya mampu membuat satu postingan setiap hari. Kadang saya membutuhkan waktu hingga 1-2 hari, memang terdengar lambat.

Tapi anda perlu tahu jika ingin menempati posisi pertama maka perlu adanya perjuangan. Jika tidak percaya coba lihat arsip blog ini, karena menurut saya postingan yang tidak dibuat dengan sungguh-sunggu hanya akan menjadi sampah di blog yang akhirnya kadarluarsa.

Untuk menilai kualitas tulisan anda, bisa dilakukan dengan membaca ulang tulisan yang sudah anda buat dan koreksi kata-kata yang kurang sesuai. Ingat satu konten berkualitas akan memberikan dampak luar biasa untuk blog anda, lupakan kuantitas dan kejarlah kualitas.

 

Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat yang menjelaskan isi posingan secara singkat. Gunakan sekitar 150 karakter saja untuk meta deskripsi. Ingat, karakter bukan kata, jangan sampai anda justru mengisi meta deskripsi dengan 150 kata. Jangan lupa untuk memasukan kata kunci yang anda bidik pada meta deskripsi ini. Lihat gambar di bawah untuk melihat contoh meta deskripsi yang mengandung kata kunci dan tidak terlalu panjang.

Mungkin bagi anda yang belum tahu akan pentingnya meta deskripsi sering melupakannya. Bahkan ada yang hanya mengcopy sebagian isi postingan dan kemudian dipastekan pada kotak meta deskripsi. Apakah anda termasuk yang demikian? Jika iya anda harus merubah cara anda.

 

Contoh Meta DeskripsiContoh Meta Deskripsi

Gambar di atas adalah sekilas contoh penggunaan meta deskripsi pada postingan. jika anda menggunakan WordPress Self Hosting maka akan lebih mudah untuk memasukan meta deskripsi. tapi sebenarnya baik WordPress maupun Blogger sama saja, cuma yang membedakan hanya cara memasukannya.

 

Buat Url yang Relevan

Url adalah alamat yang dapat diakses dan mengarahkan pengunjung pada halaman web. Usahakan untuk membuat url yang SEO friendly, maksudnya ialah pendek dan mudah dipahami. Nah, untuk membuat url sebenarnya mudah dan sangat sederhana, anda tinggal membuat url sesuai dengan judul postingan.

Contoh:

  • http:// nandatrio .com/agar-blog-muncul-di-halaman-pertama-google-dalam-1-hari
  • http:// nandatrio .com/postingan-muncul-di-halaman-pertama-google

Jadi

  • Untuk url yang pertama adalah url yang disarankan, memang bagus tapi itu terlalu panjang dan sangat susah untuk diingat.
  • Kemudian url kedua adalah url yang saya buat secara manual dan lebih pendek. Perlu anda ketahui jika mesin pencari lebih menyukai url yang pendek dan tidak terlalu bertele-tele.

 

Optimasi Gambar Postingan

Oke selanjutnya adalah melakukan optimasi pada gambar agar kebih SEO Friendly. Dalam hal ini yang perlu anda lakukan ialah menambahkan gambar yang bebas hak cipta, yaitu tidak copas gambar orang lain. Anda bisa mencari gambar/foto pada situs-situs penyedia gambar gratis. Seperti Flickr, Stock.XCHNG dan MorgueFile.

Kemudian anda juga bisa mencarinya lewat google, tapi ini ada trik khusus nya. Untuk lebih jelasnya jika anda ingin mendapatkan gambar gratis dari google silahkan baca tulisan Cara Mencari Gambar di Google Untuk Blog.

Setelah anda mendapatkan foto/gambar selanjutnya anda tinggal menerapkannya pada postingan yang ingin anda buat. Sebelumnya saya sudah menjelaskan cara optimasi gambar blog, silahkan kunjunggi tulisan tersebut untuk lebih jelasnya.

 

Gunakan Heading Tag H1-H6

Banyak ahli SEO yang menerangkan penggunaan Heading Tag pada artikel blog akan sangat berpengaruh terhadap ranking  blog pada mesin pencari. Untuk lebih mudahnya anda bisa mengartikan Heading Tag sebagai Judul, artinya anda perlu memasukan Heading tag H1 sampai H6. Apakah harus semuanya dipakai? Yah sebenarnya tidak juga, saya sendiri paling banyak hanya sampai H4.

Tag Heading sangat mendukung postingan untuk memenangkan banyak kata kunci, mesin pencari selalu mengindex judul-judul yang ada pada postingan. jadi gunakan tag heading/tag judul agar postingan bisa berada di halaman pertama google.

Masih Bingung??..,,

Maksudnya begini, Heading Tag adalah beberapa judul yang terdapat pada postingan yang anda buat. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar di bawah. Contoh Tag Heading Postingan Blog
ini adalah Heading Tag yang saya terapkan pada tulisan ini. silahkan anda pahami sendiri dengan menyamakan gambar dengan isi artikel ini.

 

Kepadatan Kata Kunci

Kepadatan kata kunci (keyword desinty) merupakan istilah yang sering disinggung pada SEO on Page. Kepadatan kata kunci ini lebih mengarah kepada seberapa sering kata kunci itu muncul pada tulisan posting anda. Jadi begini, Search Engine betul-betul memperhatikan kepadatan kata kunci pada setiap laman web. Mereka akan menurunkan ranking postingan yang terlalu menggunakan kata kunci yang berlebihan.

Idealnya kepadatan kata kunci (keyword densiy) pada setiap postingan atau laman web antara 2% sampai 5%, jangan sampai lebih dari itu. Cara mudah menghitungnya, misal anda membuat tulisan 100 kata dan memasukan 1 kata kunci, maka kepadatan kata kuncinya adalah 1%. Kemudian jika anda membuat tulisan 1000 kata maka ideal pengulangan kata kunci sebanyak 14-17 kali, gunakan rumus ini (pengulangan kata kunci/jumlah kata x 100%).

 

Dimana Anda harus memasukan kata kunci pada postingan?

Sampai saat ini masih banyak yang bingung ketika meletakan kata kunci pada postingan, berikut adalah bebeapa bagian postingan yang perlu anda isi dengan kata kunci:

  • Judul postingan
  • Pada Url postingan
  • Paragraf pertama
  • Paragraf kedua
  • Tag Heading (H1 sampai H6 jika perlu)
  • Sebagian isi postingan
  • Pada gambar (nama dan alt tag gambar)
  • Pada Meta Deskripsi

Itulah beberapa bagian yang perlu anda isi kata kunci jika ingin postingan blog muncul di halaman pertama google dalam 1 hari. Setelah anda menerapkan beberapa cara di atas ada beberapa hal lagi yang perlu anda lakukan.

Waah tidak terasa ternyata postingan ini cukup panjang,, sudah lebih dari 1300 kata, padahal masih banyak yang ingin dibahas. Jika capek anda bisa tidur dulu dan melanjutkan membaca besok malam lagi.,, hehe

 

Satu Malam Kemudian. . . .

Cara Optimasi Pada Webmaster Agar Postingan Blog Muncul di Halaman Pertama

Cara ini bisa anda praktekan setelah postingan yang dibuat telah dipublikasikan. Semakin cepat anda melakukan optimasi pada webmaster maka semakin besar kemungkinan anda berada pada halaman pertama mesin pencari.

Optimasi Postingan Pada Google Webmaster

Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Dunia. Jadi anggap saja bahwa Google adalah sasaran pertama anda untuk menjual tulisan.

  • Pertama masuk ke Search Console kemudian lakukan Submit Sitemap setap kali anda selesai membuat postingan baru.Submit Sitemap Search Console
  • Setelah selanjutnya lakukan Fetch As Google dan pilih Fetch.Fetch As Google Search Console
  • Terakhir masuk ke Webmaster Submit , lalu masukan url postingan terbaru anda.Submit URL Webmaster

 

Optimasi Postingan Pada Bing Webmaster

Bing adalah search engine nomer dua setelah google, saat ini Bing semakin berkembang dan Bing bisa anda jadikan sebagai sumber trafik untuk blog anda. ini berguna agar postingan yang anda buat bisa di index Bing, lebih bagus lagi jika postingan anda bisa halaman pertama pada Bing. oke langsung saja:

  • Pertama masuk ke Bing Webmaster, hampir sama dengan Google webmaster. Selanjutnya pilih My Site dan lakukan submit sitemap agar blog dan postingan anda bisa di index Bing.submit sitemap di bing webmaster
  • Masih pada menu My Site, selanjutnya Submit Url postingan terbaru anda. Anda hanya diperbolehkan melakukan Submit Url maksimal 10 kali per hari.Submit Url Di Bing Webmaster
  • Selanjutnya masuk ke Diagnostics & Tools lalu pilih Fetch As Bingbot kemudian masukan Url posting anda lalu klik Fetch.Fetch As Bingbot Webmaster

 

Melakukan Ping

Melakukan ping berguna agar postingan bisa dengan cepat terindex oleh Google. Ini sangat penting, setelah anda melakukan ping postingan anda akan muncul beberapa jam kemudian pada mesin pencari.Cara Ping Blog Ke Google

 

Oke, sampai disini semuanya sudah beres, jadi anda tinggal menunggu postingan anda terindeks. Kemudian yang harus pahami adalah untuk postingan blog muncul di halaman pertama bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jika ada sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas tapi masih saja di halaman dua dan seterusanya, maka ada yang harus anda perbaiki. Seperti kualitas postingan, kepopuleran blog anda dan perhatikan juga pesaing anda di halaman pertama. Pastikan bahwa anda memilih kata kunci dengan persaingan yang rendah untuk blog yang masih baru.

Saya akhiri postingan yang membahas posingan muncul di halaman pertama google ini ,, semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan seputar tulisan ini anda bisa memberikan pertanyaan berupa berkomentar di bawah.

(Visited 83 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

3 Comments

Add Comment