primbon ayam bertuah

Primbon Ayam Bertuah Serta Ciri dan Kelebihannya

Kita semua tentu tahu bahwa sabung ayam di negeri ini tidak terlepas dari hal-hal mistis, misalnya seperti primbon ayam aduan bertuah yang menjadi legenda. Ayam bangkok aduan menjadi salah satu jenis ayam petarung yang tangguh dan disegani oleh pecinta ayam laga.

Ciri ayam bertuah memang kerap menjadi perbincangan yang menarik. Sudah sejak dulu banyak sekali yang percaya bahwa ayam bertuah mempunyai kelebihan tertentu. Orang terdahulu mengungkapkan ayam yang satu ini punya wibawa ketika di bawa ke arena gelanggang. Bahkan tidak sedikit penggemar sabung ayam yang telah membuktikan kehebatan dari ayam aduan bertuah.

 

Karakteristik Ayam Bertuah

Ayam bertuah merupakan ayam yang mendapatkan julukan karena dipercaya memiliki kelebihan. Seekor ayam biasanya bisa dikatakan sebagai bertuah karena beberapa hal, misalnya seperti pernah hampir mati dan kemudian sembuh, cara berbunyi yang unik atau ayam memiliki cara tidur yang tidak wajar.

Selain itu berdasarkan primbon ayam bertuah memiliki ciri khas yang umum diantaranya terdapat sebuah bulu di dalam tenggorokan ayam. Kemudian ada pula yang memiliki satu bulu terbalik dengan warna yang aneh. Tidak hanya itu saja, ayam ini terkadang memiliki ciri khas yang bahkan membuat orang berfikir sangat tidak mungkin.

Contohnya saja ada seorang pemilik ayam yang menganggap ayam yang dia miliki adalah bertuah. Kemudian dia menyembelihnya tapi ketika disembelih ayam tidak juga mati dan tetap berjalan santai hingga pagi hari baru benar-benar mati.

Terkait karakteristik ayam ini memang sudah menjadi mitos yang melegenda bagi para pecinta ayam. Jelas saja bila terdapat ayam bertuah pasti harganya pun sangat fantastis.

Baca: Ini Dia 8 Warna Bulu Ayam Bangkok Aduan Paling Disegani

 

Primbon Kelebihan Ayam Bertuah

Ayam yang satu ini tentu saja memiliki banyak kelebihan, pasalnya sangat langka sekali untuk ditemukan pada masa sekarang. Berikut beberapa kelebihan dari ayam bertuah:

  • Ayam ini mempunyai keunikan dan ciri yang tidak biasa bila dibandingkan dengan ayam pada umumnya.
  • Konon ayam bertuah bisa mendatangkan keberuntungan bagi sang pemilik.
  • Selain itu dipercaya bahwa ayam ini bisa mencegah penyakit pada ayam.
  • Sesuai dengan namanya, ayam ini dinobatkan sebagai penjaga kandang.
  • Sebagai kelas ayam aduan, tentu saja ayam ini punya wibawa dan mental yang tahan mati.
  • Kemudian memiliki aura mistis yang kental dengan hal yang berbau gaib.
  • Ciri sisik ayam bertuah sangat unik dan halus.

Biasanya ayam bertuah ini ciri-cirinya hanya dapat diketahui oleh orang tua zaman dulu. Sesuai dengan sejarah sabung ayam, konon ayam ini adalah titisan dari ayam jago zaman dulu, seperti pada kisah Ciung Wanara dan Cindelaras.

 

Terlepas dari itu, perkembangan sabung ayam pada masa sekarang telah mengalami berbagai perubahan. Tidak heran kalau orang dulu cenderung menggunakan mitos dan primbon yang erat dengan hal mistis. Nah untuk botoh masa kini rasanya lebih fokus pada hal-hal yang lebih nyata atau real.

Namun meski demikian bila kita bicara primbon ayam aduan bertuah tentu masih saja menjadi misteri yang belum terpecahkan. Ini kembali lagi kepada kepercayaan para botoh itu sendiri, jadi boleh percaya ataupun tidak. Nah itulah sedikit pembahasan dari kami, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *