Pur Tulang Untuk Ayam Bangkok Serta Pola Pemberiannya

Demi membentuk ukuran ayam bangkok supaya mencapai ukuran ideal dibutuhkan pemberian pakan yang berkualitas. Salah satu makanan yang kaya nutrisi bagi ayam aduan adalah voer atau yang biasa dikenal dengan konsentrat (pakan buatan).

Ada banyak sekali jenis pur yang bisa diberikan pada ayam, diantaranya adalah pur tulang. Sebagian peternak ayam aduan tidak mengenali nama pur tulang padahal pakan ayam yang satu ini adalah yang paling sering mereka gunakan. Pur tulang yang bisa dijadikan untuk pakan ayam bangkok yaitu merk 591, 592, 593, 594 dan jenis pur babi.

Pemberian voor pada ayam bangkok aduan merupakan langkah supaya pertumbuhan anak ayam jadi lebih cepat. Selain itu konsentrat ini berguna bagi pertumbuhan tulang ayam jadi lebih kuat. Meskipun demikian, pemberian pakan pur tidak boleh sembarangan dan ada aturannya.

 

Pola pemberian pur tulang untuk ayam

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa setiap merk pur mempunyai kode tersendiri, seperti 592, 593 dan seterusnya. Kode ini menunjukan kandungan yang terdapat di dalam pur, jadi pemberiannya harus disesuaikan dengan umur ayam. Berikut adalah aturan yang bisa anda jadikan pedoman penggunaan pakan pur:

  • Voer 591: sangat baik dan cocok diberikan untuk ayam yang baru menetas, yaitu ketika usia 0-2 bulan.
  • Voer 592: memiliki ukuran lebih besar dari 591 sehingga baik untuk anak ayam usia 2-4 bulan.
  • Voer 593: diberikan pada ayam yang berusia 4-6 bulan.
  • Voer 594: khusus untuk ayam yang sudah dewasa lebih dari 6 bulan.

Daftar voer ayam di atas adalah makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan pokok ayam bangkok sehari-hari. Selain itu ada beberapa jenis voer yang memiliki fungsi berbeda, diantaranya adalah 512, 551 dan voer babi yang berguna mempercepat waktu pertumbuhan anak ayam.pur untuk ayam bangkok

Baca juga  Manfaat Tomat untuk Ayam Aduan Juara

Kemudian untuk aturan pakainya saya rasa rekan-rekan sekalian pasti sudah paham. Intinya konsentrat yang diberikan pada ayam bangkok harus disesuaikan dengan umur ayam, waktu pemberian dan kombinasi pakan dari voer ini.

Pemberian pur tulang dapat dilakukan secara langsung yaitu dengan tambahan air. Kemudian jika pemberiannya tidak dicampur air maka anda harus teliti memeriksa ketersediaan air minum di kandang ayam.

Pola pemberian pur merupakan langkah awal untuk membentuk kualitas ayam bangkok aduan. Selain itu dengan diberikan pur pertumbuhan ayam akan jadi lebih cepat besar, jadi peternak lebih diuntungkan. Nah itulah sedikit ulasan dari kami terkait pur tulang untuk ayam bangkok, semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna untuk kita semua.

Artikel terkait

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *