Sisik Kaki Ayam Bangkok Paling Disukai

WAW, 7 Jenis Sisik Kaki Ayam Bangkok Paling Disukai

Ada berbagai jenis katuranggan pada kaki ayam bangkok dan tentu saja memiliki keistimewaan. Sebagian besar pecinta ayam aduan mengukur kemampuan bertarung ayam dengan melihat ciri fisik atau yang secara umum dikenal dengan primbon katuranggan.

Pada kaki ayam bangkok terdapat sebuah ciri khusus baik itu bentuk, warna, ukuran hingga sisik kaki. Walau hal ini terkesan tabu, namun banyak yang mempercayai mitos kelebihan katuranggan ini. Jadi ayam dengan ciri khusus tersebut dipercaya memiliki kekuatan dibandingkan ayam biasa.

Tidak bisa dipungkiri bila sejarah kebudayaan sabung ayam tidak terlepas dari hal-hal yang berbau mistis. Pasalnya sabung ayam telah ada sejak zaman nenek moyang, bahkan sebelum negara kita diberi nama Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai jenis katuranggan pada kaki ayam bangkok yang populer dan paling disukai.

 

Katuranggan Sisik Kaki Ayam Bangkok yang Disegani

Dari sisi sebagai pecinta ayam laga, katuranggan kaki memiliki tingkat kepopuleran atau kasta tersendiri. Dimana dia menjadi yang paling disukai hingga yang biasa saja. Di bawah ini adalah beberapa daftar sisik kaki ayam yang disukai oleh para botoh:

1. Sisik Naga Temurun

sisik naga temurunDari sekian banyak katuranggan sisik kaki pada ayam, nama naga temurun menjadi salah satu yang paling disegani. Bahkan menjadi yang paling di buru oleh pecinta ayam.

Ayam bangkok dengan bentuk kaki naga temurun mempunyai ciri sisik yang menghadap ke atas. Maka dari itu di ibaratkan dengan sisik pada hewan legendaris yaitu naga.

Ayam bangkok naga temurun diyakini mempunyai teknik bertarung yang bagus sehingga dapat mengalahkan musuhnya dengan cepat.

 

2. Sisik Ubed Naga Mangsa

sisik ubed pada ayam bangkokKemudian kaki ayam yang tak kalah populer selanjutnya ialah sisik kaki ubed atau biasa dikenal dengan sebutan ayam bangkok naga mangsa. Memang kalau dilihat dari namanya, ayam ini mempunyai wibawa yang luar biasa.

Ciri ayam dengan kaki ubed yaitu terdapat sisik berbentuk cincin pada kaki ayam. Diyakini ayam dengan ciri ini mempunyai serangan yang brutal dan agresif sehingga tak kenal ampun.

Selain itu ayam bangkok ubed memiliki keistimewaan diantaranya nafas atau stamina yang kuat. Jadi dia bisa bertanding dalam durasi yang lama.

 

3. Sisik Batu Lapak

Sisik Batu Lapak Bicara soal katuranggan yang satu ini, Kaki batu lapak memang memiliki ciri khas yang unik sehingga tidak mudah ditemukan. Kelebihan serta keunggulannya di gelanggang telah banyak dibuktikan oleh penggiat sabung ayam.

Karakteristik ayam ini yaitu terdapat sisik yang berada tepat di telapak kaki, maka tak heran bila disebut dengan katuranggan batu lapak.

Konon katanya, ayam bangkok batu lapak adalah ayam yang akan menjadi jago bertuah, memiliki sisi mistis yang kuat. Bahkan katanya hanya orang-orang yang beruntung saja yang bisa memperoleh katuranggan sisik yang satu ini.

 

4. Sisik Batu Rantai

sisik kaki batu rantai
sisik kaki batu rantai

Batu rantai tidak jauh berbeda dengan sisik batu lapak, namun posisi sisik tidak berada pada telapak kaki ayam, yakni melainkan tepat berada di bawah jari kaki.

Keunggulan katuranggan batu rantai diantaranya tergolong ayam bangkok aduan yang kuat dan bermental baja. Dia sangat tahan pukul dan begitu sulit untuk digulingkan oleh musuh.

Maka tidaklah heran bila sisik batu rantai pada ayam bangkok menjadi salah satu yang disegani dan banyak dicari oleh penggemar sabung ayam.

 

5. Sisik Batu Karang

sisik batu karang asliCiri khas ayam bangkok batu karang ialah terdapat sisik pecah pada jari kaki ayam. Secara umum ayam yang mempunyai ciri demikian memiliki pukulan yang pedas sehingga dapat meremukkan tulang musuh.

Katuranggan ini paling mudah kita temukan, biasanya ciri ini digunakan untuk mengamati kemampuan ayam laga. Sesuai dengan julukan, batu karang mempunyai daya serangan yang ganas dan agresif.

 

6. Sisik Buaya

sisik kaki buaya pada ayam aduanBerbagai pandangan dari para botoh bahwa ayam dengan julukan sisik kaki buaya memiliki kualitas yang bagus. Ciri khas katuranggan ini yaitu ayam dengan bentuk kaki halus, bahkan tidak terlihat garis batas yang memisahkan sisik kaki ayam.

Kebanyakan ayam yang disebut memiliki sisik buaya ini memiliki bentuk kaki yang bulat dengan jari kaki yang panjang. Umumnya memiliki warna putih dan hijau.

 

7. Sisik kaki Ayam Suro

ayam aduan suro watuBagi pecinta ayam bangkok tentu istilah ayam suro bukanlah hal yang baru. Kepopuleran ayam aduan suro tidak bisa kita anggap remeh.

Dari sisi ayam suro terbagi kedalam banyak sebutan, misal suro watu, kinantan, bledek dan masih banyak lagi.

Meskipun katuranggan suro ini tidak dominan terletak pada sisik kaki, namun penulis sengaja memasukkannya karena memang ciri ini sangat populer.

Baca juga: Ini Dia 8 Warna Bulu Ayam Bangkok Aduan Paling Disegani

 

Tidak bisa dipungkiri bila katuranggan sisik kaki pada ayam bangkok menjadi dasar yang paling utama untuk mengetahui kekuatan ayam aduan. Bagi seorang botoh yang sudah pengalaman tentu dapat dengan mudah mengenali ciri ayam yang berkualitas. Nah bagi sobat yang masih baru di dunia sabung ayam, penjelasan di atas dapat sobat jadikan referensi.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *