smart pricing adsense

Bahaya Smart Pricing Adsense dan Cara Mengatasinya

smart pricing adsenseHarga pintar atau smart pricing Adsense harus benar-benar dipahami oleh para publisher iklan adsense. Kemudian smart pricing memiliki pengaruh yang besar terhadap besar-kecilnya penghasilan yang diperoleh. Jika anda adalah seorang publisher adsense, maka anda wajib memahami apa itu smart pricing (harga pintar) Adsense, dampak dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara detail mengenai smart pricing google adsense dan cara mengatasinya. Ini sangat penting untuk dipahami, terutama bagi anda yang mengalami biaya per Klik (BPK) Adsense yang sangat kecil. Perlu anda ketahui jika harga pintar yang diberikan google adsense ini secara tidak langsung adalah sebuah peringatan. Jadi anda harus benar-benar membaca ini dan memahami agar akun anda terhindar dari banned.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense Hingga 300%

 

Apa itu Smart Pricing Adsense?

Sebelum membahas lebih dalam anda harus tahu pengertian dari smart pricing itu sendiri. Secara bahasa bisa diartikan bahwa Smart (pintar) dan Pricing (harga), jadi secara bahasa bisa diartikan sebagai harga pintar. Dalam hal ini smart pricing adalah upaya yang dilakukan oleh pihak Google Adsense guna melindungi pengiklan (adverister) dari kerugian.

 

Contoh Kerugian Pengiklan (Adverister)

Contohnya anda memasang unit iklan pada situs anda dan kemudian iklan tersebut mendapatkan jumlah klik yang lumayan banyak. Akan tetapi sebagian pengeklik iklan tersebut tidak memberikan kontribusi terhadap pihak adverister, misal seperti menawar atau bergabung pada situs adverister.

Ini merupakan salah satu bentuk kerugian dari pengiklan, akibatnya pihak pengiklan akan kehilangan calon pelanggan. Maka dari itu untuk menghindari hal ini terjadi maka pihak google adsense selalu berusaha melindungi pihak pengiklan dengan adanya smart pricing.

 

Lalu Apa Dampak Smart Pricing Adsense?

Bagi para pengiklan (adverister) sudah jelas ini merupakan keuntungan bagi mereka, tapi tidak bagi para publisher. Berikut ini adalah dampak yang paling terlihat apabila blog terkena akumulasi smart pricing (harga pintar adsense):

  • Akibatnya biaya per kliki iklan (BPK) menjadi sangat kecil, bahkan jika di rupiahkan bisa di bawah Rp.100. Bukankah ini sangat memperihatinkan?
  • Kemudian hal ini sangat berhubungan dengan kecilnya pendapatan adsense dan kecilnya nilai CPM yang diterima publisher.
  • Rasio klik tayangan (RKT) adsense sangat kecil. Artinya blog mendapatkan banyak pengunjung tapi mereka tidak melakukan klik iklan. Normalnya RKT Laman yang masuk kategori produktif adalah andara 5%-6%.
  • Jika ini dibiarkan, kemungkinan besar akun adsense milik anda akan mendapatkan peringgatan dari pihak Google. Hal ini dikarenakan pihak Adsense akan memvonis bahwa situs anda tidak berkualitas.

Baca Artikel: Membuat Custom Channel Adsense Untuk Menaikan BPK

 

Cara Mencegah Akun Adsense Terkena Smart Pricing

Bagi anda yang belum mengalami atau akun adsense anda tidak terdapat tanda-tanda smart pricing anda sebaiknya melakukan pencagahan. ini perlu anda lakukan jika anda ingin penghasilan anda tidak menurun, berikut adalah beberapa cara mencegah akun adsense terkena smart pricing.

 

#1 Buat Konten Berharga

Salah satu yang memberikan nilai pada sebuah blog adalah konten. Jadi buatlah konten yang berharga, dalam hal ini konten berkualitas belum tentu memiliki harga yang baik. Cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk membuat konten berharga adalah dengan melakukan riset kata kunci sebelum membuat tulisan. Kemudian gunkan Hight Paying Keywords (HPK) atau kata kunci dengan bayaran CPC yang tinggi.

 

#2 Terkait Relevansi Iklan

Seperti yang sering dijelaskan oleh pihak google bahwa relevansi iklan sangat berdampak terhadap pendapatan. Ini termasuk soal dimana iklan ditempatkan dan pada blog seperti apa. Maka anda harus benar-benar teliti ketika memilih tata letak iklan dan jenis blog yang ingin diberikan unit iklan. Pasalnya blog yang memiliki kualitas buruk akan menyebabkan BPK adsense menjadi merosot yang berdampak terhadap blog yang lainnya. Jadi agar lebih aman sebaiknya copot pemasangan iklan pada blog yang kurang berkualitas.

Baca Tulisan: Cara Mendapatkan dan Memasang Matched Content Adsense

 

#3 Tingkatkan Pengunjung yang Memiliki Loyalitas Tinggi

Pengunjung loyal adalah mereka yang mengunjungi blog anda dan kemudian mereka melakukan klik iklan. Memang ini tidak mudah, tapi anda bisa mencobanya dengan membuat blog dengan topik yang lebih khusus. Misal anda membuat satu blog yang hanya fokus membahas masalah kesehatan, maka dengan begitu iklan yang muncul pada blog akan lebih tertarget. Nah,dengan iklan yang tertarget akan membuat pengunjung lebih loyal untuk melakukan klik iklan.

 

Cara Mengatasi Smart Pricing Adsense

Pada dasarnya smart pricing disebabkan oleh blog yang tidak berrkualitas atau memiliki kata kunci dengan nilai CPC rendah. Akibatnya akan berdampak pada akun adsense anda dan kemungkinan akun anda akan dicap oleh pihak google adsense. Saya sendiri pernah mengalami hal demikian saat baru pertama menjadi publisher adsense. Berikut ini adalah bagaimana cara mengatasi harga pintar yang sudah melekat pada akun adsense:

 

#1 Memindahkan Unit Iklan ke Blog Lain

Cara ini sudah pernah saya coba dan hasilnya biaya per klik adsense kembali membaik. Pertama lepaskan unit iklan pada blog yang dirasa kurang berkualitas kemudian pindahkan unit iklan adsense ke blog yang memiliki kualitas lebih baik. Setelah anda melakukan migrasi iklan ini, maka robot google akan dengan sendirinya merayapi blog anda. Memang tidak bekerja secara instan, tapi dalam beberapa minggu bayaran per klik adsense akan naik.

 

#2 Copot Iklan dan Perbaiki Konten Blog

Ini adalah solusi bagi anda yang hanya memiliki satu blog saja. Anda bisa memperbaiki masalah smart pricing adsense dengan mencopot unit iklan adsense pada blog anda secara sementara. Kemudian perbaiki konten blog anda dan usahakan buat konten yang berharga dan bermanfaat bagi pengunjung. Selanjunya anda perlu memperhatikan niche blog, jika blog anda niche gado-gado sebaiknya anda beralih untuk membahas niche khusus.

 

#3 Buat Konten yang Memiliki HPK Tinggi

HPK adalah kependekan dari Hight Paying Keyword atau kata kunci bernilai tinggi. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jika anda ingin mengatasi masalah smart pricing adsense maka buatkah konten yang berharga.

 

#4 Membuat Blog Baru

Ini adalah solusi terakhir jika ketiga cara di atas tidak berhasil. Anda bisa mengatasi smart picing dengan cara membuat blog baru. Memang cara ini terdengar begitu mengecewakan, tapi ini perlu anda lakukan. Buatlah blog dengan niche yang lebih sempit yang memiliki peluang bayaran iklan tinggi seperti niche teknologi, kesehatan, tranding forex dan lain-lain.

 

Perlu anda ketahui jika smart pricing (harga pintar) adsense ini perlahan akan mengancam akun adsense anda. Kemungkinan besar jika hal ini tidak segera diatasi bisa-bisa akun anda akan dinonaktifkan. Smart pricing ini adalah peringatan agar publisher untuk lebih rajin menyajikan konten yang berharga.

(Visited 380 times, 1 visits today)

One thought on “Bahaya Smart Pricing Adsense dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *