Pola dan Teknik Bertarung Ayam Bangkok

Tips Menilai Pola dan Teknik Bertarung Ayam Bangkok

Setiap ayam pasti memiliki ciri khas yang bisa menjadi satu kelebihan. Saat memilih ayam untuk dipelihara maka kita perlu menilai pola dan teknik bertarung ayam bangkok. Jadi kualitas ayam sangat ditentukan oleh kemampuan ayam dalam pertarungan.

Ada dua cara yang umum digunakan untuk menilai kemampuan ayam bangkok. Pertama dengan mengamati ciri fisik, atau yang biasa dikenal dengan ilmu katuranggan ayam. Kemudian dengan cara mengamati secara langsung gaya dan pola bermain ayam.

Bagi pecinta ayam yang percaya dengan katuranggan tentu bisa yakin hanya dengan melihat ciri fisik ayam. Namun, berbeda dengan orang yang tidak percaya dengan mitos dan primbon, jadi perlu mengamati teknik secara real.

 

Berikut Tips Menilai Teknik Bertarung Ayam Bangkok Aduan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menilai ayam bangkok yang bagus dilihat dari pola dan teknik bertarung ayam. Hal ini sangat penting ketika sobat ingin memilih ayam untuk dipelihara.

 

1. Kelincahan Gerakan

Kelincahan menjadi poin penting dari sekian banyak karakteristik bertarung ayam yang harus menjadi pertimbangan. Ayam bangkok yang lincah pasti mendapatkan keuntungan saat berlaga, dimana dapat dengan mudah melakukan serangan maupun menghindar.

Semakin lincah ayam maka kesempatan menang jauh lebih besar. Pasalnya ayam bisa menunjukkan tingkat agresifitas yang menonjol kepada musuh. Biasanya tingkat kelincahan ini dipengaruhi oleh berat badan ayam, jadi pastikan bentuk ayam tetap di angka ideal.

 

2. Stamina Ayam Bangkok

Selain kelincahan, faktor yang harus sobat perhatikan ialah stamina yang dimiliki oleh ayam aduan. Ayam yang lincah belum cukup bagus jika tidak diimbangi dengan stamina atau nafas yang kuat.

Banyak sekali kejadian ayam kalah dimana pada awalnya sangat bagus akibat stamina yang buruk. Cara menguatkan nafas ayam bisa dilakukan dengan latihan rutin dan perawatan yang maksimal.

 

3. Mental Ayam Bangkok

Tentu saja mental ayam menjadi yang paling wajib dimiliki oleh ayam juara. Nah saat menilai kemampuan ayam maka sobat harus mengamati mental yang dimiliki. Jangan sampai kondisi mental ayam menjadi penghambat saat ayam dibawa ke arena gelanggang.

Ayam yang kalah mental atau ngedrop pasti sangat memalukan. Meskipun pada dasarnya mental adalah bawaan lahir dari ayam, tapi paling tidak sobat bisa melatihnya.

Cara Terampuh Mengatasi Ayam Aduan Lemah Mental

 

4. Bisa Menahan Serangan Lawan

Tidak bisa dipungkiri saat mengadu ayam pasti ayam akan menerima serangan dari lawan. Akan tetapi itu tergantung jumlah yang diterima. Ayam yang memiliki teknik bertarung bagus pasti bisa menahan serangan lawan, terutama serangan pada bagian vital dan berbahaya.

Intinya ayam bangkok harus mampu bertahan dan menahan pukulan musuh hingga akhir pertandingan. Maka dari itu ayam harus biasa dilatih bertanding agar meningkatkan teknik bertarung ayam.

 

5. Akurasi Pukulan

Akurasi pukulan juga harus dimiliki oleh ayam bangkok aduan. Jadi percuma saja ayam sering melakukan serangan bila pukulan tidak terarah dengan baik. Lebih baik sekali pukulan tapi sangan mematikan dan memberikan dampak bagi lawan.

Untuk mengetahui pukulan ayam tepat atau tidak sobat bisa memperhatikan suara pukulan. Apabila suara yang dihasilkan dari pukulan ayam terdengar seperti benturan maka sudah jelas itu tidak akurat. Pasalnya pukulan tersebut ditangkis dan hanya suara beradu dengan kaki lawan. Jika pukulan mengenai musuh maka suaranya mirip seperti bambu pecah.

 

6. Berebut Posisi

Pertandingan sabung ayam bukan sekedar memukul saja, ayam aduan dituntut bisa mempertahankan posisi dengan baik. Ada saatnya ayam harus berada pada posisi bertahan dan ada pula dia mendapat kesempatan untuk melakukan serangan.

Maksud dari berebut posisi yaitu dimana ayam aduan bisa membalikkan keadaan saat bertahan sampai berbalik menyerang. Inilah yang dinamakan teknik berebut posisi, ayam bisa dengan mudah melakukan serangan balik yang berbahaya kepada lawan. Bahkan sangat bagus bila ayam bisa memberikan pukulan KO saat posisi terdesak.

 

7. Bisa Mengontrol Pertandingan

Kemudian pola dan teknik bertarung ayam yang wajib dimiliki ayam bangkok berkualitas ialah bisa mengontrol pertandingan. Makanya banyak sekali pecinta ayam yang menyukai teknik full kontrol.

Ciri ayam bangkok kontrol yaitu memiliki kesabaran dan selalu berusaha menjaga posisi kepala tetap di atas musuh. Dengan begitu dia dapat mengatur tempo saat bertanding, lalu memahami ritme teknik musuh. Tetap sabar hingga akhirnya bisa memberikan pukulan yang mematikan kepada lawan.

 

8. Fungsi Taji

Taji atau jalu pada ayam adalah senjata yang dapat membunuh musuh seketika. Taji ayam harus benar-benar berfungsi khususnya bagi ayam bangkok tipe jalu. Jadi jalu bukan hanya sekedar hiasan saja, dimana harus bisa mengenai musuh.

Jalu ayam yang berfungsi dengan baik ialah dapat mengarah pada bagian vital musuh. Misal bagian mata, sambungan leher, dan kepala pasti akan membuat ayam bangkok lebih cepat menang.

Mengungkap Jalu Cantel Ayam Aduan Serta Keistimewaannya

 

Ketika sobat ingin menilai pola dan teknik bertarung ayam bangkok maka dapat menggunakan beberapa cara di atas. Mungkin sebagian dari kita bisa yakin hanya dengan melihat ciri fisik saja, namun bukankah lebih bagus bila dicoba dalam bertarung. Kita semua pasti ingin memiliki ayam aduan super teknik yang bermutu.

 

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *