Tips Memulai Bisnis Online di Tahun 2018

memulai bisnis onlineMemulai bisnis online di tahun 2018 ini bisa dibilang memang memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Saat ini semakin banyak saja orang yang tergiur untuk bisa mendapatkan penghasilan secara online.

Sebagai contoh, “bahkan sekarang kebutuhan pokok (seperti sayuran) sudah banyak yang memasarkannya secara online”.

 

Nah, bukankah ini adalah bukti yang nyata jika prospek bisnis online akan semakin maju di masa yang akan datang.

Yah, memang bisnis online bisa dibilang gampang-gambang susah, tapi jika anda memiliki niat sepenuh hati..,,

..,,Bukan tidak mungkin anda bisa menjadi milyarder !!

 

Tapi pelu anda tahu bahwa tidak mudah untuk memulai bisnis online dan bisa sukses.

Kali ini kami akan sedikit membahas mengenai rahasia memulai bisnis online di tahun 2018. Fakta mencengangkan bahwa setiap tahun bisnis online selalu mengalami kemajuan..,

Jadi, sangat perlu bagi pelaku bisnis online untuk mengatur siasat tempur dan mengenal lawan..,

 

Kenapa Orang Memulai Bisnis Online

Setiap orang memilki motivasi tersendiri kenapa mereka memutuskan untuk memulai bisnis online. Jika anda bertanya kepada mereka yang sudah sukses menekuni usaha online, pasti mereka akan memberikan jawaban yang berbeda.

Berikut ini adalah alasan kenapa banyak orang memulai bisnis online:

#1 Akibat Kemajuan teknologi

Semenjak memasuki tahun 2000 ke atas perkembangan internet di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat. Sampai saat ini jumlah pengguna internet semakin hari semakin meningkat.

Akibat hal ini banyak perusahaan-perusahaan besar mendadak meluncurkan brand online. Alasanya karena semakin banyak pemakai internet yang bisa dijadikan calon pelanggan potensial.

 

#2 Karena jangkauan bisnis lebih mendunia

Dengan memulai bisnis online sama saja dengan anda memperkenalkan bisnis anda ke seluruh dunia. Jika bisnis konvensional hanya mampu menjangkau pelanggan di sekitar anda., maka dengan bisnis online anda bisa menjangkau banyak orang di seluruh dunia.

 

#3 Akibat persaingan pasar

Kemudian alasan kenapa orang memulai bisnis online salah satu penyebabnya adalah karena persaingan pasar. Jika anda memiliki sebuah bisnis yang memiliki persaingan ketat, bukan tidak mungkin jika anda akan kalah bersaing.

Kehadiran bisnis online bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang ditindas dengan persaingan bisnis. Apalagi jika anda masih pemula, pasti sudah jelas anda akan kalah dengan mereka yang sudah lama berkecimpung pada bisnis itu.

 

#4 Motivasi dari orang lain

Tidak jarang orang membuka bisnis online karena ajakan orang lain. ini adalah cara paling efektif untuk memulai bisnis online. Alasanya karena dengan ajakan orang yang sudah memiliki pengalaman akan membuat anda cepat memahami seluk beluk bisnis online.

 

#5 Iming-iming yang menggiurkan

Ini biasanya sering muncul di iklan, baik di televisi, koran dan internet. Ada beberapa pihak yang menjanjikan “keuntungan yang waw” dari bisnis online, akibat hal ini banyak orang yang memutuskan mencoba menjalani bisnis online.

Selain itu keinginan memulai bisnis ini bisa didapat dari motivasi orang yang sudah sukses. Masal, anda melihat acara di televisi yang menampilkan “berapa penghasilan online seseorang”., nah, ini adalah sebuah tontonan yang bisa dijadikan sebuah contoh yang layak diikuti.

 

Penjelasan Apa Itu Bisnis Online

Bagi anda yang ingin mencoba bisnis online setidaknya anda harus tahu akan dasar-dasarnya. Kenali dulu bagaimana dan seperti apa cara kerja bisnis online yang sesungguhnya.

Apa itu Bisnis Online?

Jika secara bahasa bisnis online sering diartikan dengan istilah Internet Marketing dan E-Commerce. Yaitu sebuah kegiatan bisnis yang dilaksanakan dengan bantuan internet.

 

Prospek Bisnis Online

Jika anda ingin melihat prospek usaha online, anda bisa langsung mengamati perkembangannya di sekitar anda. Sesuai dengan pengamatan penulis pertumbuhan bisnis online mengalami kemajuan pesat sejak 3 tahun terakhir.

Untuk saat ini saya pikir “sudah masuk era serba online”, bahkan semua kebutuhan bisa dipenuhi secara online. Kemudian jika dilihat eksistensi pasar online semakin nyata dan dapat dirasakan bagi semua orang.

 

Apa Untunnya Bisnis Online?

  • Lebih hemat dari segi produsen karena tidak perlu menyediakan tempat untuk berjualan.
  • Penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung.
  • Target penjualan lebih global.
  • Promosi bisnis online lebih mudah.
  • Biaya operasional usaha lebih terasa ringan.
  • Sangat banyak media pemasaran online yang bisa anda gunakan, seperti facebook, website, bbm dll.
  • Kemudian hingga saat ini pemerintah belum secara tegas mengatur pajak untuk usaha online. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan pajak, tapi ingat, anda wajib sedekah biar rejeki tambah berkah.

 

Tips Memulai Bisnis Online di Tahun 2018 yang Perlu Anda Tahu

#1 Temukan Ide Bisnis yang Sesuai Dengan Anda

Sebelum anda benar-benar menyelam lebih dalam, langkah awal sebelum memulai bisnis online ialah, “Harus Punya Ide Bisnis”.
Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang bisa anda coba kembangkan, seperti bidang penjualan, bidang jasa dll. tapi ini yang harus diperhatikan “Apakah Bisnis Tersebut Sesuai Dengan Passion Anda?”.

Ini penting, !!

Pastinya anda tidak ingin kan jika anda harus berhenti di tengah jalan karena bisnis yang anda kerjakan tidak seuai.

 

#2 Lihat Peluang atau Prospek Bisnis

Pastinya anda mengharapkan bisnis yang ingin anda mulai memiliki peluang jangka panjang yang menjanjikan. Kemajuan bidang usaha sebenarnya bisa diprediksi, “ apakah memiliki prospek yang bagus atau tidak”.

Sebagai contoh, beberapa tahun lalu bisnis batu aki sempat meroket, ..

Tapi apa? Sekarang justru hilang tanpa kabar.

Nah sebelum memulai bisnis online anda harus lebih selektif dalam memutuskan ide bisnis yang akan anda kembangkan.

 

#3 Menyediakan Barang atau Jasa Untuk Dijual

Ini menyangkut kesanggupan anda “apakah anda benar-benar mampu menyediakan barang dan jasa untuk dijual secara online?”.

Salah satu elemen yang wajib dipenuhi oleh produsen adalah produk. Nah, ketika anda menjalankan sebuah bisnis sudah pasti anda harus memiliki sebuah produk.

Sebagai contoh, saya akan memulai bisnis online penjualan pakaian anak-anak. Maka saya harus bisa mempersiapkan apa saja yang harus disiapkan.

 

#4 Mulailah Dengan Modal Kecil

Keberhasilan tidak selalu diawali dengan mengeluarkan modal yang banyak. Sangat banyak sekali orang-orang yang bisa sukses hanya dengan menggunakan sedikit modal.

Banyak khasus pembisnis yang justru gagal padahal mereka sudah mengeluarkan modal yang banyak. Jadi tidak masalah untung sedikit, tapi yang terpenting usaha tetap berjalan lancar.

Kemudian memulai bisnis dengan modal yang kecil sangat cocok bagi mereka yang masih belajar bisnis online.

 

#5 Lewati Dulu Bisnis Konvensional

Bisnis konvensional adalah kebalikan dari bisnis online, jadi anda melakukan pemasaran secara langsung “door to door atau face to face”.

Kenapa ini perlu?

Yah., ibarat pepatah “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian”. Dengan melakukan pemasaran secara konvensional akan membuat anda lebih memahami bidang bisnis yang ingin anda tekuni.

 

#6 Berani Mencoba

Bagi mereka yang pertama memulai bisnis ini pasti memiliki rasa kekawatiran. Ini wajar, setiap manusia pasti selalu pesimis dan terus-terusan memikirkan risiko.

Tapi anda harus melupakan ketakutan anda jika anda serius ingin mencobanya. Itulah kenapa saya menyarankan agar anda memulai bisnis online dengan modal kecil, tujuannya adalah supaya tidak takut gagal.

 

Jenis Bisnis Online yang Bisa Anda Kembangkan

Terdapat berbagai macam jenis bisnis online yang memiliki prospek dan menggiurkan. Tapi secara umum bisnis online dibagi menjadi tiga jenis.

Pertama, Menjual Produk Sendiri

Produk yang bisa dijual yaitu berupa barang atau jasa., pilihan terbaik untuk memulai bisnis adalah dengan menjual produk milik sendiri.

Misal, menjual produk fisik seperti:

  • Alat-alat kecantikan,
  • Pakaian,
  • Barang antik, dll

 

Kemudian produk non fisik seperti:

 

Produk jasa seperti:

  • Jasa desain website,
  • Jasa pembuatan akun iklan,
  • Jasa promosi, dll.

 

Kedua, Menjual Produk Orang Lain

Menjual produk orang lain merupakan solusi bagi anda yang tidak memiliki produk untuk dijual. Dalam hal ini anda bisa poduk membeli dan kemudian menjualnya lagi kempada orang lain., atau bisa juga dengan bekerja sama dengan pihak yang membuat produk.

Sebagai contoh, “saya ingin memulai bisnis menjual pakaian”

Tapi masalahnya saya tidak bisa membuat pakaian sendiri, jadi saya membeli pakaian dari orang lain dan kemudiannya menjualnya kembali.

 

Ketiga, Mempromosikan Produk Orang Lain

Jenis bisnis online yang ketiga ini lebih mengarah pada penjualan jasa. Bisnis ini adalah yang paling populer saat ini dan dikenal dengan nama “affiliate marketing”.

Banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan besar dengan menggunakan sistem ini. Caranya anda hanya perlu memperomosikan atau membuat iklan untuk produk orang lain.

Sebagai contoh, anda bisa melihat pada website ini. Saya berusaha membuat konten/tulisan yang bisa menarik banyak pembaca. Lalu saya memasang banner iklan supaya orang bisa mengklik iklan tersebut.

Saya hanya akan mendapatkan bayaran ketika ada pengunjung yang melakukan klik iklan.

 

Media Pemasaran Bisnis Online yang Bisa Anda Gunakan

Ada banyak sekali media online yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda. Dalam tulisan ini saya akan membaginya kedalam dua bagian, yaitu:

#1 Media Pemasaran Online Gratis

Bagi anda yang masih tahap belajar menjalankan bisnis online, saya sarankan untuk menggunakan media pemasaran online gratis. selain hemat biaya cara ini sangat efektif, karena anda bisa menjaring pembeli di sekeliling anda.

Berikut adalah media pemasaran yang tidak perlu mengeluarkan biaya:

Media Sosial:

  • Facebook,
  • Twitter,
  • Instagram,
  • Google plus,
  • Forum online, dll.

Aplikasi Komunikasi:

  • BBM,
  • WhatsApps,
  • Line, dll.

Blog Gratis, seperti:

  • Blogger.com
  • WordPress.com
  • Tumbl.com, dll.

Pastinya anda sudah tahu bagaimana cara mempromosikan produk anda dengan beberapa media gratis di atas. Agar lebih mudah anda bisa memulainya dari yang terkecil, yaitu menjual produk lewat sosial media dan aplikasi chatting.

 

#2 Media Pemasaran Online Berbayar

Dalam hal ini pemasaran produk yang anda lakukan membutuhkan bantuan pihak ketiga. Jadi anda harus mengeluarkan dana tambahan, baik itu untuk menyewa sabuah jasa atau membeli layanan.

Berikut adalah beberapa media pemasaran online berbayar yang populer saat ini:

Memasang Facebook Ads

Anda hanya perlu membayar pihak facebook untuk mempromosikan produk anda. Kemudan anda wajib mempunyai halaman facebook (fanspage) yang nantinya akan menjadi wadah konsumen anda.

Memasang Iklan di Adwords

Adwords merupakan produk populer dari Google yang bisa dimanfaatkan Adverister (Pengiklan) untuk mempromosikan brand produk mereka.

Bekerja Sama Dengan Blogger

Saat ini banyak sekali blogger yang menyediakan layanan slot iklan. Nah, anda bisa membeli atau menyewa slot iklan pada blog yang memiliki banyak pengunjung. Dengan begitu pengunjug yang datang bisa langsung melihat iklan yang anda pasang, dan berpotensi membeli produk anda.

Mendirikan Toko Online

Untuk membuat toko online anda harus memiliki ilmu tentang website. Tapi saat ini hal itu tidak begitu penting, banyak kok yang tidak paham website tapi mereka bisa menjalankan toko online. Anda hanya perlu memakai jasa pembuat website, lalu anda tinggal mempelajari beberapa hal yang sederhana seperti membuat postingan.

 

Mempelajari Ilmu Internet Marketing

Ilmu internet marketing atau pemasaran wajib dimiliki oleh pembisnis online. Ini sangat penting, karena bisnis online memiliki tingkat kesulitannya sendiri, seperti promosi, kompetisi dan kepopileran.

Sebagai contoh,.

Anda baru memulai bisnis online dan kemudian anda dihadapkan dengan promosi dan tingkat persaingan yang ketat!.,

Maka anda hanya punya dua pilihan,,

.. Terpaksa mempelajari internet marketing atau bisnis anda tidak berjalan.

Jadi anda wajib mempelajari ini, paling tidak pahami bagian-bagian terpentingnya.

 

Lalu kenapa Internet Marketing ini begitu penting?

Seperti yang bisa kita rasakan sendiri bahwa kemajuan pemasaran internet saat ini berkembang dengan sangat pesat. Sesuai dengan yang disampaikan meteri komunikasi bahwa sejak tahun 2016 pengguna internet meningkat hingga 95%. Atau jika dihitung dalam sekala makro pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 63 juta pengguna.

Kemudian ini yang menjadi alasan kenapa bisnis online akan terus mengalami perkembangan dan anda perlu belajar internet marketing.

 

Akhir Kata Penulis

Memang untuk memulai bisnis online tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Tapi jika anda serius dan mau belajar pasti anda akan dengan cepat menguasai seluk-beluk bisnis online.

Garis bawahi ini “bahwa apa saja yang anda lakukan pasti memiliki risiko”. Jadi intinya jangan takut mencoba dan tidak perlu kuatir akan kegagalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *