Merawat dan Menggunakan Adsense Agar Tahan Banned

Tips Merawat dan Menggunakan Adsense Agar Tahan Banned

Sudah berhasil diterima Google Adsense? Selanjutnya yang wajib anda pahami adalah bagaimana cara merawat dan menggunakan adense agar tidak terkena banned. Sebagai seorang publisher sebaiknya anda harus hati-hati dan menjaga akun adsense kesayangan anda.

Sudah banyak sekali blogger dan youtuber yang melakukan kesalahan ketika menggunakan adsense sehingga pada akhirnya akun dibanned atau disable. Saya sendiri sudah tiga kali di banned oleh google, dengan berbagai alasan seperti invalid activity, bom klik dan kesalahan akibat login. Akibat ini ada beberapa domain blog saya yang akhirnya terkena banned sehingga tidak bisa dipasang iklan adsense lagi.

Rasanya di pecat Google benar-benar mengecewakan, sudah berkali-kali mengajukan banding hasilnya gagal. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana cara merawat dan menggunaan adsense agar tidak dibanned.

 

Tips Merawat dan Menggunakan Adsense Agar Tahan Banned

Memahami Kebijakan Google Adsense

Kebijakan google adsense adalah peraturan mutlak yang wajib dipatuhi bagi penayang iklan (publisher). Silahkan anda baca dan pahami aturan Kebijakan Google Adsense. Kesalahan yang dilakukan kebanyakan blogger dan youtuber diantaranya adalah larangan konten dan tidak sengaja membuat konten yang melanggar kebijakan.

 

Hindari Invalid Activity

Invalid activiti atau kegiatan tidak valid bisa saja dilakukan oleh pengunjung ataupun oleh anda sendiri selaku pemilik situs. Invalid activity yang biasa terjadi diantaranya seperti menggunakan auto visitor untuk blog, melakukan spam ke media sosial sehingga pengunjung blog berasal dari sosial media. Hal ini bisa saja berdampak buruk terhadap akun adsense anda, bukan tidak mungkin jika aktivitas tidak valid ini dapat menyebabkan akun disable.

 

Hindari Invalid click

Invalid click atau klik tidak wajar merupakan sesuatu yang wajar, dan nantinya pembayaran akan dipotong pada tanggal gajian. Akan tetapi jika klik iklan tidak wajar ini terlalu berlebihan bisa-bisa akun anda akan di suspend atau bahkan di banned.

 

Memasang Iklan Selain Adsense

Adsense tidak melarang publishernya untuk menampilkan iklan dari program perikalanan lain asalkan iklan lain tidak melanggar kebijakan seperti iklan po*no, b*kep, dll. Sudah banyak blogger yang mengkombinasikan adsense dengan iklan lain seperti AdNow, Infolink, dan masih banyak lagi. Tapi demi keamanan ketika anda menggunakan adsense, sebaiknya hindari pemasangan iklan dari layanan selain adsense.

 

Satu Adsense Untuk Satu Blog

Dulu banyak yang bilang kalau satu akun adsense akan mendapatkan banyak penghasilan jika dipasang di banyak blog. Tapi demi keamanan saya sarankan untuk menggunakan satu akun untuk satu blog. Alasan yang paling masuk akal ialah “risiko yang ditimbulkan”., dulu saya memasang satu akun adsense di tiga blog, dan akhirya satu blog terkena bom klik sehingga akun adsense dibanned. Tapi ironisnya dua blog yang ikut dipasang iklan domainnya juga terkena dampak banned sehingga blank ketika dipasangi iklan.

 

Perhatikan Aktivitas Ketika Login

Aktivitas login menjadi salah satu penilaian google adsense terhadap para publishernya. Bagi anda yang memiliki akun adsense lebih dari satu harus lebih hati-hati dalam proses login dan pergantian akun. Sebaiknya clear browser yang anda gunakan sebelum anda berganti akun. Kemudian jika anda mempunyai riwayat banned adsense anda harus rutin mengganti IP anda. Caranya rutin mengganti nomor telepon yang digunakan untuk aktivitas browsing.

 

Nah itulah beberapa tips mengani Cara Merawat dan Menggunakan Adsense Agar Tahan Banned berdasarkan pengalaman saya sendiri dan juga pengalaman blogger lain. Sangat penting bagi kita untuk menjaga akun adsense supaya tidak di PHK Google. Sayang sekali kalau blog yang pengunjungnya sudah banyak tapi domainnya di banned, dan pada akhirnya tidak bisa memperoleh penghasilan.

(Visited 170 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *