merawat Ayam Aduan

Tips Sederhana Merawat Ayam Aduan Kesayangan

Nandatrio.com Pada dasarnya merawat ayam aduan sangat sederhana, apalagi bagi mereka yang sudah berpengalaman. Perawatan ayam bangkok aduan bertujuan untuk membentuk kualitas ayam agar menjadi ayam juara.

Perkembangan sabung ayam di negara kita hingga saat ini tetap saja eksis dan banyak peminatnya. Apalagi di tambah sekarang terdapat berbagai jenis ayam aduan yang populer, seperti ayam saigon, birma, pakhoy dan trah ayam laga lainnya.

Perawatan ayam aduan merupakan bagian paling penting dalam budidaya ayam laga. Selain itu ayam yang bermutu pasti memiliki nilai jual yang mengagumkan. Pasti setiap peternak mempunyai cara yang beragam dalam hal merawat dan melatih ayam kesayangan mereka.

Bagi mereka yang baru pertama memelihara ayam aduan tentu sedikit bingung terhadap perawatan seperti apa yang seharusnya dilakukan. Memang ayam aduan sangat jauh berbeda dengan ayam lainnya, jadi pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat ayam aduan yang semestinya dilakukan.


Cara Sederhana Merawat Ayam Aduan Supaya Berkualitas

Kesalahan dalam perawatan bisa berakibat fatal terhadap kualitas ayam bangkok aduan. Pada dasarnya merawat ayam aduan tidak sesulit kelihatannya. Berikut adalah tips sederhana yang bisa sobat terapkan setiap hari:

1. Makanan Ayam Aduan

Kebutuhan paling dasar ketika mengembangkan usaha ternak ialah pakan. Jadi kualitas ayam akan sangat dipengaruhi oleh seberapa bagus makanan yang diberikan pada ayam.

Seorang peternak wajib tahu kebutuhan gizi ayam, jadi dengan demikian peternak bisa menentukan pakan jenis apa yang cocok untuk ayam aduan.

Secara umum makanan untuk ayam bangkok adalah jagung, tapi ayam aduan juga membutuhkan tambahan pakan lain supaya mutunya lebih bagus. Beberapa jenis pakan harian yang bisa anda berikan diantaranya adalah jagung, beras merah, gabah, dedak, nasi putih dan lain-lain.

Kemudian supaya lebih optimal ketika memberikan pakan anda sebaiknya membuat racikan pakan ayam aduan sendiri. Ini sangat berguna untuk mengehemat biaya pakan, apalagi jika anda memelihara ayam dalam jumlah yang banyak.

2. Vaksin dan Vitamin

Pemberian vaksin dan vitamin merupakan langkah paling tepat guna memenuhi kebutuhan gizi pada ayam.

Selain itu vaksin dan vitamin akan membuat ayam lebih sehat serta terhindar dari serangan penyakit dan virus. Ini penting, apalagi untuk ayam yang masih muda karena pada masa ini kekebalan dan daya tahan tubuh anak ayam masih lemah.

Nah jika kesehatan ayam selalu terjaga maka pertumbuhannya pun tidak akan terhambat sehingga ayam bisa tumbuh sampai ukuran yang diharapkan.

Beberapa vaksin dan vitamin yang diberikan pada ayam diantaranya adalah vaksin tetes, vaksin minum, vitamin B complex, obat tetra chlor dan lain-lain. Kemudian untuk penggunaannya sebaiknya dosis dan takaran disesuaikan kebutuhan.

3. Memandikan Ayam Aduan

Berbeda dengan perawatan ayam pada umumnya, ayam bangkok harus dimandikan setiap hari. Jadi ketika ayam aduan sudah dewasa dan memasuki masa rawatan, maka ayam harus dimandikan secara rutin.

Memandikan ayam berguna untuk membentuk otot ayam, stamina, dan membuat ayam jadi sehat. Anda bisa melihat perbedaannya setelah anda rutin memandikan ayam kesayangan anda.

Ada berbagai pendapat dari para botoh mengenai memandikan ayam aduan ini, ada yang bilang sebaiknya dilakukan pagi hari dan sebagian lagi beranggapan ayam sebaiknya dimandikan ketika sore hari.

Nah kalau saya pribadi lebih suka memandikan ayam saat pagi hari, yaitu pada pukul 08.00 sampai pukul 10.00. Alasannya sederhana, karena bila dimandikan pagi hari ayam bisa langsung dijemur, jadi kita tidak kuatir bila bulu ayam tidak kering.

4. Menjemur Ayam Aduan

Khasiat dari menjemur ayam adalah supaya nafas ayam aduan menjadi kuat dan tahan lama saat bertanding.

Ingat, menjemur berbeda dengan mengumbar, jadi sebaiknya gunakan kurungan bila menjemur ayam aduan.

Waktu terbaik untuk menjemur ayam yaitu setelah ayam dimandikan, antara pukul 09.00 hingga pukul 11.00. Sebenarnya ayam hanya butuh 2-3 jam saja di bawah sinar matahari, jadi pastikan jangan sampai berlebihan ketika menjemur ayam kesayangan anda.

5. Latihan Fisik

Ayam aduan bisa diibaratkan seperti petinju, jadi harus diberikan latihan yang sesuai supaya jadi ayam juara.

Latihan untuk ayam aduan sangat beragam, mulai dari latihan fisik untuk membentuk otot, latihan untuk menguatkan nafas serta latihan untuk menguatkan mental ayam.

Nah bagi anda yang masih bingung berikut adalah jenis latihan yang cocok untuk ayam bangkok aduan:

  • Senam leher
  • Latihan lompatan
  • Renang
  • Latihan kliter
  • Abar bungkus patok
  • Sparing
  • Dan latihan lainnya.

Baca Juga:


Kesimpulan

Dalam rangka membentuk mutu ayam aduan ketelatenan sangat dibutuhkan setiap peternak karena hasil bisa terlihat setelah sembilan bulan.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang tips sederhana merawat ayam aduan yang bisa kami sampaikan. Apabila terdapat kekurangan mohon dikoreksi, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *