kompres gambar

3 Tools Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

kompres gambar
Untuk meningkatkan elemen SEO sebuah blog atau website anda bisa melakukan kompres gambar, yaitu dimana mengecilkan file ukuran gambar yang akan anda pakai. Langkah ini bisa dibilang sebagai metode optimasi gambar blog.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan cara mengkompres gambar tanpa mengurangi kualitas gambar dengan menggunakan tools online. Terdapat banyak sekali tools kompres gambar secara online yang bisa anda gunakan, tapi kali ini saya akan menjelaskan beberapa saja.

 

Kenapa Gambar Harus Dikompres?

Mungkin banyak dari teman-teman yang lupa mengkompres gambar ketika mempublikasikan postingan. Jadi tujuan utama dari kompres gambar adalah untuk menurunkan ukuran gambar menjadi lebih rendah dari sebelumnya.

Gambar yang berukuran besar akan menyebabkan proses pemuatan laman web menjadi lebih lambat dan hasilnya loading blog menjadi lama. Silahkan anda cek apakah gambar di blog anda sudah sepenuhnya dioptimasi dengan Google Pagespeed.

Gambar yang dioptimas akan mempercepat loading blog dan mendongkrak skor SEO postingan. Jangan salah, cara ini juga bisa membawa postingan berada di halaman pertama Google.

 

Tools Kompres Gambar Online yang Bisa anda Gunakan

Menurut saya tools kompres gambar online lebih bagus dibandingkan mengkompres gambar menggunakan aplikasi sejenis microsoft image atau pothoshop. Kelebihan tools online ini dapat mengkompres gambar hingga 60% tanpa menurunkan kualitasnya.

 

TinyJPG

TinyJPG/TinyPNG merupakan tool kompres gambar yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Saya sendiri paling suka menggunakan tools yang satu ini karena lebih mudah dan kita bisa mengkompress gambar sekaligus yang jumlahnya banyak.

Untuk mencobanya silahkan kunjungi TinyJPG.com atau TinyPNG.com dan upload gambar yang akan dikompres lalu download. Kemudian anda juga bisa mendownload file gambar dalam bentuk Jpg/Png atau dalam bentuk Zip.

 

Kraken.IO Image Optimer

Selain TinyJPG/TinyPNG, untuk melakukan kompresi gambar anda juga bisa menggunakan tools Kraken.IO. Sama dengan sebelumnya, dengan tools ini anda bisa mengkompress gambar secara gratis dan dalam jumlah banyak.
Kraken.Io juga memiliki fitur Zip yang memungkinkan anda mengunduh gambar hasil kompres dalam format Zip. Jadi dengan ini anda tinggal melakuan ekstrak file dan gambar sudah bisa dipakai.

 

Compress JPEG

Compress JPEG merupakan tools online terbaik yang biasa anda pakai juga untuk kompresi gambar. Tools online ini juga bisa digunakan untuk kompresi gambar dengan tipe JPG dan PNG.

Compress JPEG juga melakukan kompresi gambar tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Compress JPEG memiliki fitur yang tidak ada di tools online lain, yaitu Compress JPEG bisa juga dipakai untuk mengkompres file PDF.

Untuk mencobanya silahkan kunjungi http://compressjpeg.com atau http://compresspng.com.

 

Nah itulah 3 tools kompres gambar online terbaik yang bisa anda jadikan sebagai alat ngeblog. Sebenarnya masih banyak sekali daftar tools online untuk Compressing Image, tapi saya rasa dengan tiga tools di atas sudah lebih dari cukup.

(Visited 199 times, 1 visits today)

One thought on “3 Tools Kompres Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *