Melatih Nafas Ayam Bangkok

Trik Khusus Melatih Nafas Ayam Bangkok Supaya Tidak Cepat Lelah

Trik Khusus Melatih Nafas Ayam Bangkok Supaya Tidak Cepat Lelah Selain teknik bertarung dan mental yang kuat, ayam aduan dituntut memiliki stamina yang bagus agar bisa memenangkan pertarungan. Tidak jarang akibat nafas ayam yang pendek lantas membuat ayam ngos-ngosan sehingga fisiknya menjadi cepat terkuras.

Tidak bisa dipungkiri kalau nafas ayam menjadi kunci kemenangan ayam di arena. Jadi sebaik apapun kemampuan ayam bila tidak diimbangi dengan stamina yang prima maka hasilnya menjadi tidak menguntungkan. Misalnya saja ayam kita sudah berada di pucuk angin dan akhirnya tumbang cuma gara-gara cepat lelah.

Tentu setiap botoh memiliki metode tersendiri untuk melatih nafas ayam bangkok aduan agar tidak cepat lelah. Berikut ini adalah trik khusus untuk memperkuat nafas ayam aduan.


Penyebab ayam aduan memiliki nafas pendek

Sebelum kita memasuki pembahasan lebih lanjut sebaiknya kita perlu tahu alasan kenapa nafas ayam lemah. Jadi ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa kondisi nafas ayam tidak bagus, diantaranya

Keturunan

Faktor keturunan merupakan penyebab utama kenapa nafas ayam pendek. Anak ayam akan mewarisi gen dari sang induk dan pejantan, baik itu teknik bertarung, mental dan stamina. Jadi tidak bisa dibantah bila faktor keturunan ini menjadi alasan utama ayam lemah.

Pola perawatan

Selanjutnya pola perawatan juga bisa menjadi penyebab nafas ayam aduan pendek. Tidak hanya berdampak bagi stamina, kesalahan dalam perawatan bisa saja berakibat fatal.

Ayam cedera

Kemudian penyebab lemahnya stamina ayam bisa dikarenakan ayam aduan anda mengalami cedera. Nah ini sering sekali terjadi, ayam yang awalnya mempunyai nafas yang bagus kemudian menjadi lemah.


Trik Khusus Melatih Nafas Ayam Bangkok Supaya Tidak Cepat Lelah

1. Berikan makanan berkualitas

makanan ayam bangkok berkualitas

Ayam bangkok membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, maka dari itu pemberian pakan berkualitas sangat dianjurkan. Idealnya pakan ayam adalah jagung, dalam hal untuk memenuhi kebutuhan gizi ayam anda bisa memberikan makanan tambahan seperti beras merah, gabah, sayuran dan makanan bergizi lainnya.

2. Memandikan Ayam secara rutin

memandikan ayam bangkok

Supaya nafas ayam bangkok menjadi panjang dan kuat sebaiknya ayam rutin di mandikan. Dengan dimandikan pertumbuhan otot pada ayam akan lebih cepat terbentuk, apalagi ayam muda. Selain itu ayam akan jadi lebih sehat, menjadi bersih sehingga terhindar dari penyakit. Memandikan ayam aduan sebaiknya dilaksanakan saat pagi hari, lalu setelah itu ayam dijemur.

3. Menjemur ayam

menjemur ayam aduan

Kemudian setelah dimandikan jangan lupa untuk menjemur ayam supaya bulu ayam cepat kering. Ini akan sangat berguna bagi ayam, di bawah terik matahari ayam akan merasa kepanasan sehingga secara tidak langsung akan melatih nafas ayam. Maka tidak jarang bila ayam baru pertama dijemur akan terlihat kelelahan dan ngos-ngosan.

4. Memberikan jamu

jamu ayam aduan

Selain makanan yang kaya gizi, ayam bangkok juga perlu diberikan jamu agar nafasnya menjadi kuat. Dari segi penggunaan pemberian jamu pada ayam jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Jadi anda bisa memberikan jamu dua atau tiga hari sekali pada ayam sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

5. Latihan fisik

Latihan fisik Ayam Bangkok

Latihan fisik berguna untuk meningkatkan stamina ayam serta pembentukan otot ayam bangkok. Umumnya sangat jarang botoh memberikan latihan fisik pada ayam kesayangan mereka, padahal sebenarnya latihan ringan sangat berguna untuk memanjangkan nafas ayam. Ada berbagai pola yang bisa anda coba, seperti senam leher, latih lompat, push up dan latihan lainnya.

6. Latihan Kliter

latihan kliter ayam aduan

Mungkin masih banyak dari teman-teman yang masih belum tahu tentang latihan kliter ini. Jadi dalam latihan ini kita menggunakan dua ekor ayam, ayam untulan di letakkan di dalam kurungan kecil yang ditutup dengan kurungan besar sehingga tidak ada celah untuk bertarung. Kemudian ayam yang ingin dilatih di tempatkan di luar kurungan, jadi dengan begitu ayam akan berlari mengelilingi kurungan untuk mencari celah bertarung. Biasanya hanya dalam 15 menit ayam sudah terlihat kelelahan dan sebaiknya hentikan latihan kliter.

7. Latihan Renang

Latihan Renang Ayam Bangkok

Kita semua tahu bahwa ayam memiliki kemampuan untuk berenang. Latihan renang sangat baik untuk mengeraskan otot ayam serta menguatkan nafas ayam bangkok aduan. Jika di dekat rumah anda terdapat sungai atau kolam maka anda bisa mencoba pola latihan yang satu ini. Lemparkan ayam ke tengah kolam kemudian biarkan dia berenang ke tepi. Latihan renang merupakan latihan yang paling cepat untuk menjadikan ayam aduan.

8. Abar dengan bungkus paruh

bungkus paruh ayam

Kebiasaan dari kita bila melakukan latihan abar hanya membungkus jalu ayam saja., padahal dengan membungkus paruh ayam sangat berguna untuk membentuk stamina dan mental ayam. Selain itu dengan dibungkus paruh nya ayam akan kesulitan memukul, bahkan ada beberapa ayam yang tidak bisa memukul tanpa mematuk. Nah ini bagus untuk melatih gaya bertarung ayam supaya lebih variatif.

9. Abar di tengah terik matahari yang panas

Latihan Abar Ayam Bangkok

Abar di bawah matahari panas? Nah pasti dari teman-teman ada yang meyakini bahwa abar saat panas akan meningkatkan stamina ayam. Ini memang benar, cuaca panas akan dengan cepat menguras stamina ayam. Jadi semakin sering ayam bertarung di tempat panas maka ayam akan semakin terbiasa.

10. Menggunakan Doping

doping ayam aduan terbaik

Doping adalah jenis obat kimia yang berfungsi meningkatkan kualitas ayam bangkok aduan. Ada berbagai jenis doping mulai dari doping untuk perawatan hingga doping untuk ayam saat bertanding. Untuk kasus ini saya sarankan untuk menggunakan doping ayam secukupnya saja.

11. Perawatan di malam hari

Ternyata perawatan ayam bangkok saat malam hari juga sangat dianjurkan. Dengan merawat ayam saat malam akan membuat ayam jadi lebih jinak. Selain itu anda bisa mengkompres ayam dengan air hangat untuk menjadikan otot ayam agar jadi lebih keras.


Apakah ayam anda selalu ngos-ngosan ketika bertarung? Nah jika demikian maka anda bisa mencoba trik khusus melatih nafas ayam bangkok supaya tidak cepat lelah seperti yang dijelaskan di atas. Demikian artikel ini kami buat, apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tidak ada yang melarang manusia untuk berkreasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *